20101003 5

Tips: Keseimbangan dalam Desain

in , ,

Keseimbangan adalah salah satu poin penting dalam keberhasilan sebuah karya desain. Desain yang seimbang akan cenderung menarik perhatian lebih mudah dan membangun trust lebih baik kepada pembaca visual. Jika sebelumnya di Desain Studio kita telah mengenal jenis-jenis keseimbangan dalam desain, kali ini kita akan masuk lebih jauh untuk menerapkan keseimbangan melalui komposisi elemen-elemen grafis seperti bentuk, warna, tekstur dsb. Check it out!



1) Keseimbangan berdasarkan Warna —balance by color

Keseimbangan dengan warna dapat terjadi ketika area yang kecil dengan warna yang cerah dikombinasikan dengan area yang luas dengan warna yang gelap. Selain itu, tentu saja pemahaman terhadap penggunaan warna harus dikuasai terlebih dahulu. Untuk belajar mengenai prinsip penerapan warna dalam desain, lihat artikel ini: 5 hal penting terkait warna pada desain grafis.


link gambar


Desain poster diatas adalah contoh yang bagus untuk melihat bagaimana kombinasi keseimbangan diciptakan dengan warna. Area-area kecil berwarna cerah (hijau dan kuning emas) dikombinasikan tampil seimbang dengan latar berwarna coklat gelap dengan area yang luas.


2) Keseimbangan berdasarkan Bentuk —balance by shape

Keseimbangan dalam bentuk dapat diciptakan melalui komposisi bidang yang rumit dengan bidang yang rata (polos). Bidang/bentuk yang rumit dan lebih detail akan tampil seimbang dengan bidang/bentuk yang polos disisi yang berlawanan.


link gambar


Dalam contoh poster diatas, bentuk-bentuk yang rumit meskipun diposisikan disudut area desain, tapi tampak seimbang karena sisi satunya berupa bidang datar/rata dengan bentuk yang polos.


3) Keseimbangan berdasarkan Posisi —balance by position

Cara lain untuk membuat desain tampil seimbang adalah dengan cara memainkan posisi item dalam desain. Keseimbangan melalui posisi adalah contoh lain dari jenis keseimbangan Assimetris, dimana objek yang besar di satu sisi diseimbangkan dengan meletakkan objek yang lebih kecil disisi lain.


link gambar


Desain website Zu coffee di atas menggunakan permainan posisi untuk menciptakan keseimbangan tampilan website. Logo Zu di kiri atas diseimbangkan dengan tampilan kemasan Zu coffee yang lebih kecil dibagian kanan bawah.


4) Keseimbangan berdasarkan Nilai Warna —balance by value

Nilai warna atau Value juga bisa menjadi titik kunci dalam keseimbangan sebuah desain. Area yang sempit dengan nilai value yang tinggi akan menciptakan keseimbangan apabila dikombinasikan dengan area yang luas dengan nilai value yang rendah.


link gambar


Karya fotografi hitam putih diatas mengkombinasikan objek utama berupa seorang lelaki dan seekor anjing yang memiliki nilai value yang tinggi (hitam pekat) dengan area luas yang memiliki value lebih rendah (abu-abu).


5) Keseimbangan berdasarkan Tekstur —balance by texture

Tekstur juga berpengaruh terhadap keseimbangan sebuah desain. Sama seperti prinsip keseimbangan sebelumnya, dimana area yang lebih kompleks, detail dan menarik perhatian akan terlihat bagus jika dikombinasikan dengan area luas yang datar. Area yang sempit dengan tekstur yang menarik tampak seimbang jika dikombinasikan dengan area yang luas dan datar (tanpa tekstur).


link gambar


Dalam artwork diatas, bagian sempit berupa riakan air memiliki tekstur air yang menarik fokus tampil seimbang dengan area yang lebih luas namun tidak bertekstur.


6) Keseimbangan berdasarkan Arah Pandangan Mata —balance by eye direction

Keseimbangan juga dapat terjadi ketika kita menuntun mata pembaca kepada konten utama. Objek-objek yang dijadikan "alat" untuk menuntun mata pembaca dikomposisikan dengan area yang lebih luas, sedangkan konten utama ditampilkan dalam area yang lebih kecil.


link gambar


Poster diatas selain menggunakan keseimbangan berdasarkan warna, juga menciptakan keseimbangan yang bagus dalam menuntun mata pembaca menuju konten utama.

link gambar thumbnail


Well, itulah sedikit tips mengenai penerapan prinsip keseimbangan (balance) dalam desain. Bagaimana menurut kamu? Jika ada tambahan, silahkan berbagi melalui kolom komentar! :)


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain terbaru dengan mengikuti facebook dan twitter Desain Studio!

Share On:

5 Responses to “ Tips: Keseimbangan dalam Desain ”

  1. Wah, bagus ni. Menginspirasi.

  2. ajir says:

    @Ahmad : Terima kasih, semoga bermanfaat! :)

  3. Di sini gambarnya terpotong, cuma keluar 1/5 atau 1/6 kenapa ya? Apa di sini saja?

  4. ajir says:

    @Jeprie: wah, ga tw jg bg, dsini aman2 aja..

  5. ngeri bang marco. mantap2x

Leave a Reply