20140428 204

Wawancara dengan Andy Aw Masry (Type Designer)

in , ,

 

Hampir semua orang pernah menggunakan font dan mengetahui apa itu font. Namun sayangnya, tidak banyak yang tertarik untuk menggeluti bidang perancangan huruf dan pembuatan font. Alasannya mungkin sederhana, karena ketidaktahuan tentang bagaimana memulai dan bagaimana prospek yang ditawarkan dari segi material.

Kali ini, Desain Studio beruntung bisa berbincang-bincang dengan salah type designer paling sukses dari Indonesia yaitu Bapak Andy Aw Masry. Beliau bergelut dan concern di bidang perancangan huruf dan saat ini tergabung sebagai salah satu type designer di Linotype, salah satu type foundry paling berpengaruh di dunia, Dalam wawancara ini, Pak Masry akan berbagi wawasan tentang dunia huruf dan font, termasuk ilmu dan proses tentang bagaimana membuat font yang berkualitas.

Selamat membaca!


Coomeec Pro


Halo Pak Masry, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk diwawancara di Desain Studio. Bisa tolong perkenalkan diri ke pembaca?, siapa dan apa yang Bapak kerjakan.

Saya berasal dari Pinrang, sebuah kota kecil, sekitar 400 km dari kota Makassar Sulawesi Selatan. Saya menempuh pendidikan dasar dan menengah di kota ini dan kemudian pendidikan tinggi di kota Makassar. Saat ini saya memimpin sebuah perusahaan swasta, PT. Archipelago Nine Tech, yang bergerak di bidang manajemen, photography, graphic design dan printing.


Bagaimana ceritanya sehingga bisa terjun menekuni bidang tipografi dan perancangan huruf?

Prosesnya mengalir cukup panjang hingga akhirnya “kecebur” mendalami dunia type design (perancangan huruf) saat ini. Secara alami Saya mengenal typography sejak masih usia belia.

Di Sekolah Dasar, kami belajar “tulisan indah”, sebuah pelajaran tulisan bersambung di atas kertas bergaris. Ini salah satu pelajaran yang paling saya gemari selain menggambar dan matematika. Tulisan saya selalu mendapat nilai tertinggi mungkin karena tampak lebih rapi dibanding teman-teman saya yang “cakar ayam” :-)

Selain itu, kerap kali saya menemani Ayah dan ikut belajar membuat huruf dari guntingan kertas. Ayah saya yang sangat piawai membuat huruf dari kertas hingga relief di atas beton. Di sini saya belajar bahwa setiap huruf memiliki komposisi ukuran tertentu sehingga enak dibaca. Misalnya huruf “A” memiliki perbandingan lebar dan tinggi 3:7 (huruf tampak lebih kurus) atau 3:5 (huruf tampak lebih lebar) dan sebagainya. Di kemudian hari, ketika memasuki dunia Perancangan Huruf (type design) saya menyadari bahwa proses pembelajaran dari Ayah adalah sebuah pelajaran dasar yang sangat berharga. Perkembangan dunia type design modern saat ini ternyata tidak jauh berbeda dengan metode Beliau. Setidaknya jika kita merujuk pada buku Prof. Karen Cheng, Designing Type, yang berbicara banyak tentang antologi design glyph serif dan sans serif pada berbagai karya typeface terkenal dari masa ke masa.

Di jaman SMA dan kuliah, sebetulnya hobby saya menggambar, namun entah bagaimana selalu kebagian tugas membuat spanduk dan baliho selama aktif di organisasi intra sekolah atau kampus. Dalam rentang waktu ini pula aktifitas dan kegemaran menjadi lebih luas seperti photography, jurnalistik dan belajar dasar-dasar kaligrafi arab bahkan sempat mengikuti lomba calligraphy di sebuah perguruan tinggi setempat dan menang. Waktu itu komputer masih jaman “DOS”, belum secanggih sekarang.

Aktifitas jurnalistik kampus kemudian membawa saya pada desain grafis dan layout koran kampus. Sayangnya, tidak ada gurunya jadi harus belajar sendiri dari refensi terbatas. Saat itu,  saya mengelola koran di Senat Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Tamalanrea Pos), dan juga aktif menulis di koran Mahasiswa Fakultas Teknik (Channel-9). (Tulisan Channel-9 ini menjadi cikal bakal huruf Creator Campotype).



Semua mata rantai pengalaman itu kemudian menjadi energi positif ketika beberapa tahun kemudian saya mendalami dunia graphic design dan type design. Type design bagi saya adalah passion, seperti melakoni hobby lain yang sangat menyenangkan. Seperti orang yang kecanduan main game. Jalani saja, tidak peduli hasilnya, yang penting senang. :-)


Geegantic

Geegantic

Bagaimana peluang berkarir sebagai type designer menurut Bapak?

Bagi orang awam, aktifitas perancangan huruf mungkin tampak sia-sia. Ini bukan karir, buang-buang waktu saja. Bagaikan ngecat es, nggak ada gunanya. Bukankah huruf sudah banyak sekali? Lagipula siapa yang butuh huruf sebanyak itu? Bagi akademisi, mungkin sudah cukup dengan Arial, times New Roman, Verdana, Tahoma dan sekarang Calibri (huruf bawaan windows).

Sekilas memang tampak seperti itu. Namun beberapa hal berikut mungkin bisa mengubah pandangan stereotip itu. Pertama, huruf atau biasa dikenal dengan font, adalah sebuah software berukuran sangat kecil yang bisa berdiri sendiri sebagai software font dan bisa ditanamkan ke dalam operating system (windows, Mac, Linux, dll), serta bisa juga ditanam ke dalam printer postscript atau pada hardware masa kini seperti perangkat elektronik di mobil, pesawat terbang, alat-alat kedokteran, dan berbagai macam mesin moderen. Kedua, sebagai software, font adalah sebuah produk knowledge sebagaimana software umum lainnya yang penggunaannya oleh pihak lain membutuhkan lisensi terbatas. Terkait dengan hal pertama di atas, maka oleh beberapa vendor besar, jenis lisensi sedikitnya dibagi menjadi lima yaitu lisensi desktop (dikaitkan dengan jumlah pengguna), lisensi web (untuk web font, nilainya sama dengan desktop), lisensi app (font yang ditanamkan ke dalam aplikasi, nilainya 10 kali desktop), lisensi e-book (font yang digunakan untuk pembuatan e-book, nilainya 2 kali desktop), dan lisensi server (font yang ditanamkan ke dalam server dan hadrware lainnya, nilainya 10 kali desktop). Ketiga, setiap penjualan lisensi font pada satu pengguna, tidak mengurangi nilai penjualan lisensi berikutnya pada pengguna lainnya. Dengan kata lain lisensi dijual berkali-kali tanpa batas kepada pengguna berbeda. Artinya, penjualan lisensi ibarat mata air yang pernah kering. Keempat, sebagaimana software pada umumnya penggunaan fonts tanpa lisensi resmi, adalah bajakan. Font, apalagi dengan ukuran software kecil, tentu saja sangat rawan dibajak. Pengguna di Eropa dan Amerika umumnya sangat menghargai Intellectual Property Right, Hak Kekayaan Intelektual, dengan membayar lisensi sebelum menggunakan software termasuk font. Bagaimana dengan di Indonesia? Analisisnya begini, pada satu sisi sangat banyak orang di Indonesia mempunyai atau memiliki uang untuk membeli handphone dengan harga di atas US$ 100. Pada sisi lain harga font umumnya di bawah US$ 100 atau US$50. Artinya Orang Indonesia memiliki kemampuan bayar secara merata. Jika kemampuan bayar orang Indonesia dikonversi menjadi mental kemauan bayar, maka tidak diragukan lagi pasar font di Indonesia saja bisa membuat profesi type designer sangat menjanjikan.

Sebagai ilustrasi, semua font gratis saya di internet telah di-download lebih satu juga pengguna. Jika itu dihargai US$1 saja. Maka saya akan menjadi salah satu milioner di tanah air dengan masa depan paling cerah J. Masalahnya apakah pengguna di tanah air benar-benar mencintai produk dalam negeri?

Dari semua itu dapat dikatakan peluang berkarir sebagai type designer terbuka sangat luas. Apalagi itu dapat dianggap kerja sambilan. Investasi termahal bagi type designer justru adalah waktu. Rancangan awal font hingga bisa digunakan bisa selesai dalam beberapa hari, namun Sebuah font yang baik bisa saja diselesaikan berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan tahun.


Bisa ceritakan sedikit tentang proses perancangan huruf? Bagaimana memulai dan apa-apa saja yang dibutuhkan baik secara pemahaman, skill, maupun teknis?

Proses perancangan huruf. Passion saya adalah Calligraphy, artinya rancangan pada semua jenis style (Serif, sans serif dan script) dilakukan dengan pendekatan calligraphy. Namun secara garis besar untuk menyelesaikan satu set huruf melalui beberapa tahap. Pertama, perancangan outline, berupa gambar-gambar glyph dari A-Z, a-z, diacrytic, simbol-simbol, jika memungkinkan ornamen-ornamen dan sebagainya. Untuk pengguna di Indonesia hanya butuh standar codepage yang memuat 256 karakter. Codepage adalah sebuah set karakter dalam bentuk template dengan jumlah glyph tertentu yang dirancang sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan bahasa sebuah atau beberapa negara.


Perancangan gambar outline dilakukan langsung di dalam Outline editing software seperti fontlab, fontographer, DTL font master, Glyph dan lain-lain. Namun bisa juga pada software vector seperti Corel Draw dan Adobe Illustrator. Namun bisa juga digambar di kertas kemudian di-scanning dan tracing. Paling baik tracing di Adobe Illustrator sebelum dikonversi ke dalam fontlab dan lain-lain.

design glyphs

Kedua, proses kerning, yaitu pengaturan jarak optis antar glyph hingga mencapai komposisi yang seimbang ketika huruf disusun di dalam serangkaian text. Contoh, jarak antar huruf pada pasangan huruf AMAHIN bisa saja sama dengan AVAWATALYA, namun secara optis tampak berbeda sehingga butuh proses kerning, seperti AVA dibuat lebih rapat dibanding AMA dan sebagainya.

kerning

Ketiga, proses hinting. Secara harfiah hinting berarti isyarat. Dalam hal ini kita memberi isyarat pada outline berupa tanda hinting yang nantinya sangat bermanfaat membuat font tampil lebih halus dan rapi di layar komputer. Hinting dikenal dua macam, yaitu TT-hinting untuk font berjenis True Type (microsoft) dan T1-hinting atau postscript hinting untuk font berjenis Type-1 (Mac) dan Opentype (Mac dan Microsoft). Keduanya sangat berbeda pada penerapan dan hasilnya. Proses hinting dapat dilakukan di dalam fontlab atau menggunakan software gratis dari Adobe, AFDKO (Adobe Font Development Kit for Opentype). AFDKO sendiri adalah software berbasis command prompt. Tidak untuk mengedit outline namun sangat baik dalam hinting dan merender master design font menjadi software. Hinting membutuhkan ketelitian, waktu dan tentu saja kesabaran. Namun ada solusi lain di fontlab yaitu autohinting meski hasilnya tidak seakurat yang diinginkan.

hinting

Pada gambar menunjukkan proses hinting postscript. Sistem ini akan mempertahankan node seperti aslinya ketika glyph dibuka oleh software aplikasi vector.


Keempat, scripting, yaitu penulisan script kode program menggunakan bahasa python. Bermanfaat untuk memberi perilaku terutama pada font bergenre opentype sehingga bisa mengatur sistem angka, stylistic, ligature, smallcapital, contextual alternate dan sebagainya.

script code

Kelima, font header. Ini adalah treatment khusus untuk menentuan header font sehingga nantinya bisa dikenali oleh semua medium dimana font akan di tanamkan. Font header, di fontlab bisa ditemukan di Menu – Font Info, kemudian isi data dan informasi secara hati-hati terkait font anda mulai dari penamaan font sampai semua data teknis yang ada. Terkait dengan Font header ini, lakukan juga pengaturan pada Tools – Option dan sesuaikan dengan jenis font apa yang sedang anda buat. Kesalahan pada sesi ini bisa berakibat proses rendering gagal menghasilkan font sebagaimana mestinya.

font info


Dari mana sumber inspirasi Bapak dalam merancang huruf?

Sumber inspirasi bisa datang dari mana saja. Bahkan pada saat inspirasi sulit datang, bisa distimulus dengan menuliskan sesuatu di kertas, dengan cara ini saya seringkali mendapatkan ide-ide yang menakjubkan dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya.


Adakah tokoh-tokoh yang menjadi influence bagi Bapak sebagai seorang type designer?

Sebelumnya saya tidak pernah peduli dengan siapa dibalik sebuah desain huruf. Namun ketika mengenal dunia type design saya melihat beberapa karya klasik Calligraphy latin yang konsisten seperti typeface family Zapfino, karya Prof. Hermann Zapf dan typeface Slimbach, karya Robert Slimbach. Untuk huruf latin modern pengaruh Adrian Frutiger, Akira Kobayashi dan Carl Cosgrove tidak bisa saya kesampingkan. Mereka adalah orang-orang yang berhasil mengawinkan bentuk-bentuk klasik ke dalam bentuk modern yang terbaca dengan sangat baik dan tentu saja nyaman di mata.


Adakah proyek yang ingin dikerjakan kedepannya? Bisa ceritakan sedikit tentang proyek tersebut?

Ada cukup banyak, namun saat ini saya berkonsentrasi menyelesaikan sebuah genre script yang umumnya kita kenal sebagai huruf bersambung. Ini sangat menantang karena penggunaan teknik kerning sangat minim bahkan cenderung tidak ada. Jarak antar huruf benar-benar mengandalkan akurasi matematis sehingga bisa besambung secara normal.

Untuk proyek seperti ini biasanya seorang desainer mempermudah koneksi antara huruf dengan menentukan kait pada satu tempat saja, misalnya pada huruf “a” kaitnya dari bawah untuk selanjutnya bersambung dengan huruf berikutnya. Namun pada proyek ini saya mensimulasi tulisan dengan membiarkan proses tulisan mengalir apa adanya sebagaimana orang menulis dengan cepat. Dengan cara ini kait-kait antar huruf bisa di atas dan bisa juga di bawah. Dalam kebiasaan saya misalnya mengaitkan huruf “b”, “o” dari atas dan huruf lainnya dari bawah. Lalu bagaimana dengan huruf yang kait atas ketemu dengan kait bawah? Inilah tantangannya. Dalam rancangan apapun memang tidak mungkin memasukkan unsur gestur tulisan tangan pada setiap rancangan. Namun itu bisa disederhanakan dengan membatasinya pada pola tertentu seperti huruf “b” dan “o” tadi.

Pada proyek tulisan bersambung ini diputuskan menggunakan sangat banyak ligature dan feature kontekstual. Konsepnya adalah bagaimana style sebuah glyph tertentu jika berpasangan dengan glyph tertentu lainnya. Misalnya --- dalam konteks bahasa, --- kita dengan bahasa Indonesia sangat banyak memiliki kosakata yang menggunakan konsonan bahkan double konsonan yang memiliki ascender dan descender seperti “ll” pada kata Allah, “gj” pada kata Jogjakarta, “kh” pada kata kharisma. Pada rancangan huruf script, ini bisa menjadi peluang membentuk keindahan baru dalam sebuah rangkaian kata, atau malah bisa sebaliknya menjadi “malapetaka” visual jika tidak ditangani dengan baik.

AyshahPro


Adakah saran yang ingin dibagi kepada pembaca yang ingin menekuni bidang tipografi?

Saran buat type designer: Pertama, tingkatkan kualitas desain dengan memahami aspek-aspek paling penting dalam perancangan huruf utamanya readibility (terj bebas: mudah dibaca) dan legibility (terj. bebas mudah dikenali). Selain itu penggunaan tanda diacritic serta penguasaan struktur dan ukuran huruf tidak kalah pentingnya.

readability

Desain huruf “n” (kiri) muncul akibat logika ketebalan huruf sama di seluruh rangkaian stroke, sedangkan “n” (kanan), readibility ditingkatan dengan memberi aspek kaligrafi dimana ketebalan stroke tidak harus sama. Sebagai panduan umum, biasanya stroke horizontal dibuat lebih tipis dibanding stroke vertikal. Sedangkan stroke diagonal ke arah kanan atas lebih tipis dibanding stroke ke arah kanan bawah. Ini jika diasumsikan dengan kecenderungan orang menulis ke arah kanan.

legibility


Pada kasus legibility, huruf F di dalam typeface Brush Script, sangat sulit mngidentifikasi huruf F ini ketika berdiri sendiri (atas). Huruf F hanya bisa dikenali di dalam konteks kata atau kalimat (bawah)

Kedua, penguasaan software. Penguasaan software sangat mutlak untuk merealisasikan tuntutan inovasi desain moderen yang kadang rumit. Sebagaimana kita ketahui, kita mengenal setidaknya tiga format font terkenal yaitu TT( Truetype-microsoft yang dulunya dimiliki Mac), Type-1 atau T-1 (platform Mac) dan Opentype (bisa disemua platform). Ada cukup banyak software dipasaran yang bisa memproduksi huruf tersebut mulai dari produk open source (gratis) hingga yang harganya setara harga handphone. Artinya jika kita mampu membeli handphone, maka tidak ada alasan untuk menggunakan produk bajakan bukan? J Sejauh ini, untuk font outline editing, Fontlab masih yang terbaik, namun kinerja DTL Font master juga sangat bagus. Untuk proses hinting, meski bisa juga di Fontlab, namun saya menggunakan AFDKO (Adobe Font Development Kit for Opentype) ini software gratis dari Adobe namun pengoperasiannya menggunakan dos command. Software ini bahkan bisa me-render outline design di FL menjadi sebuah font opentype.

Fitur OpenType sebetulnya berangkat dari cara berpikir sederhana yaitu: mengganti satu atau beberapa pasangan glyph tertentu menjadi satu glyph alternatif. Bagi yang masih awam dengan fitur OpenType, sekilas script code python berikut ini bisa membantu :

 feature liga { # Standard Ligatures  
  script latn; # Latin  
  language dflt;  
 lookup liga_fi {  
   sub f f i by f_f_i; # substitusi huruf f f i menjadi f_f_i  
   sub f i by f_i;  
 } liga_fi;  
 } liga;  


Semoga ini bisa menjadi pelecut semangat untuk meningkatkan kemampuan desainer typeface di tanah air. Harapan saya tentu saja ingin melihat dunia type desain di Indonesia semakin tumbuh dan maju. Tolok ukurnya adalah semakin banyaknya desainer yang berminat menekuni bidang ini, sistem perlindungan Hak Kekayaan Intelektual semakin mudah dan transparan, serta --- dari sisi pragmatis --- tentu saja terjadinya pergeseran status di tanah air bahwa industri type design bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.



Timesquare
Column Sans



Lihat karya Andi Aw Masry di link-link berikut :

Share On:

204 Responses to “ Wawancara dengan Andy Aw Masry (Type Designer) ”

«Terlama   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 204   Lebih baru›   Terbaru»
  1. Karya anak bangsa yang keren dan bersahaja :salut

  2. Anonim says:

    top bgt

  3. Toni says:

    salut sama beliau, tekun dengan pekerjaan ini akhirnya bisa membuahkan hasil yang manis

  4. Hope to see his Arabic font with Indonesian flavor.
    http://bagaimanalagi.com/?cat=14
    http://maryamsoft.com/QalamBartar/

  5. ternyata sangat rumit sekali ya membuat desain sebuah huruf. good job!!!

  6. Anonim says:

    ternyata bangsaku Indonesia ini banyak orang pintar

  7. berbagi informasi dan memberikan manfaat pada semua orang adalah kebaikan yang sangat berharga ;)
    thks gan untuk tipsnya !

    http://myapotekacemaxs.com/obat-herbal-lipoma-kulit-manggis/

  8. keren keren hasil karya fontya mantap ternyata rumit juga proses pembuatannya ada scriptnya juga

  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
  10. terimakasih banyak nih informasinya...

  11. Really your information is educational and i'm able to increase knowledge.

    raster to vector service
    vector conversion service
    bitmap to vector

  12. Guru besar type designer Indonesia

  13. HARGA PROMO TERMURA TERBESAR SE INDONESIA PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237 website:http://ardhanionlineshop.blogspot.com/ Produk dijamin asli Ready Stock ! Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.900.000.
    Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.700.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.600.000,
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.700.000

  14. Maxman Capsule MMC Adalah Sebutir Capsule Obat Pembesar Penis dan Sekaligus Obat Kuat Yang Berasal Dari USA

  15. Thank you for sharing in this article
    I can learn a lot and could also be a reference

  16. makasih gan infonya.
    di tunggu artikel selanjutnya gan.

  17. salam semangat makasih informasinya

  18. salam semangat makasih beritanya

  19. salam sehat dan semangat makasih beritanya

  20. Berbicara tentang vitalitas erat kaitannya dengan pria, baik itu dari hubungan yang kurang greget dalam urusan ranjang dan meranjangkan Istri di kasur Anda. Maka sebagai alternatifnya para pria suka mencari tambahan supplement guna untuk hasil / explore dalam hubungan intim. Seperti Penis-nya kurang besar dan atau pun tidak kuat alias udah ejakulasi dini.
    vitalitas pria
    harga viagra
    viagra asli
    cialis jakarta
    TOKO VIMAX
    VIMAX


    Regards : www.obatviagra.net & viagraoriginal.xyz

  21. Topografi menakjubkan ..

  22. Anonim says:

    terima kasih bermanfaat sekali, ayo update terus artikel inspiratif seperti ini (y)

  23. Meaningful graphics design studio..... great work!!!!!
    clipping path service

  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  26. http://klgherbalpills.com/
    http://klgherbalpills.com/agen-jual-obat-klg-herbal-pills-asli-usa/
    http://klgherbalpills.com/cara-pemesanan-obat-klg-pills-herbal-asli/
    http://klgherbalpills.com/cara-aturan-minum-obat-klg-herbal-pills/
    http://klgherbalpills.com/manfaat-obat-klg-herbal-pills-asli-usa/
    http://klgherbalpills.com/bahan-kandungan-obat-klg-pills-herbal/
    http://klgherbalpills.com/category/artikel-klg-herbal-pills/
    http://klgherbalpills.com/tag/klg-pills-asli/
    http://klgherbalpills.com/tag/klg-pills/
    http://klgherbalpills.com/tag/obat-klg-pills/

    Klg Asli
    Obat Klg
    Pembesar Penis
    Obat Pembesar Penis

  27. suatu kebahagiaan tersendiri bicara dengan desainer, dapat wawasan baru

  28. Wawancara dengan Andy Aw Masry (Type Designer) very good your post

  29. Jutaan perempuan di seluruh dunia untuk mengakhiri kehamilan muda sampai usia 1.2.3.4.5 bulan mereka dengan cytotec sejak mifepristone-atau RU 486-pertama kali diperkenalkan pada akhir 1980-an

  30. Dengan Obat Kuat Hammer Of Thors ini maka akan terciptannya hubungan yang harmonis di dalam keluarga Anda.

  31. This is an excellent post you have shared here . Like it .

  32. artikel yang menarik. terus ngeblog gan

  33. agent vimax,vimax price of the original permanent penis enlargement herbal medicine,efficacy bored guaranteed more info visit :
    MINYAK PEMBESAR PENIS
    AGEN VIMAX
    KHASIAT VIMAX KAPSUL
    OBAT PEMBESAR PENIS
    AGEN VIMAX KAPSUL ASLI
    VIMAX CANADA ASLI
    VIMAX CANADA ORIGINAL
    JUAL VIMAX ASLI

  34. I think it is very useful content for every person. Again thanks for sharing with us.
    clipping path service
    clipping path service

  35. It is a awesome article. I have read it several time & have collected some informative matter.

    clipping path service

    clipping path service



  36. Visit Goa Escorts Agency, the luxurious agency where you can find the most beautiful Call Girls in Goa.

  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  38. http://klikhammerofthzorasli.xyz/

  39. More informative for me, This update was needed before for me. but after getting now it is really makes me to do my work easily. Thanks for your information !!

  40. No way without choosing the informative article. Really an great practical information. Thanks for sharing it.

  41. Truly an important outsource. I came to know lot of necessary information from your article. Thanks for sharing it dear for us.

  42. An awesome post. Got lot of informative matters seeing the article. Hope to see more post.

  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  44. #abg says:

    marr iijaannnn top gandos

  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  46. The enemy turns EVERYTHING to their advantage, why can't we try to turn this to our advantage? I wish no ill to the victims, but the regime has been remarkably callous to white rape victims across western Europe, for heaven's sake! Do these rape atrocities ever give the regime pause and make them reconsider their policies and forsake their ends? You're insane if you think it does!

  47. arul says:

    Bisa tidak kehamilan diluar kandungan digugurkan dengan Obat Aborsi dan bagaimana bisa tahu kalau hamil diluar kandungan ?


  48. Excellent Post !!! I have got some new information from this websites.

  49. Terima Kasih Infonya Gan, Sangat Bermanfaat Artikelnya !!!

  50. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

  51. It’s a good resource for learning. I see the post again and again

  52. This blog is really so much informative.Thanks for giving us this wonderful article.I have learned something new today.

  53. This blog is a great source of information which is very useful for me.

    jual obat aborsi

    jual obat aborsi palembang

    jual obat aborsi malang

    jual obat aborsi makassar

    jual obat aborsi bekasi

    jual obat aborsi pekanbaru

    jual obat aborsi bandung


    -Can be very slow but shows all backlinks along with their PR, Anchor and if it's a Nofollow

  54. I was really enjoying to read your post.Thanks a lot for this excellent share.Really so informative

  55. It's an another useful post.Thanks for your lovely post.just love this

  56. lengkap dan detail sekali artikelnya, terbukti dengan banyaknya orang yang komentar, terima kasih utk artikelnya

  57. I like the efforts you have put in this, appreciate it for all the great articles.

  58. Mumbai Escorts Service, Independent Female Escort in Mumbai Call Girls.Hello there Guys! Mumbai Escorts. Invites you! Our Basic criteria for having an Escort Service in Mumbai from best Mumbai Escort is that you should be over eighteen and ought to be certified customer and extremely fascinating to take VIP escort administrations. You are not expected to here to squander our opportunity. http://www.escortservicesmumbai.com/ http://www.escortgirlinmumbai.com/ On the off chance that you satisfy every one of these necessities then you can have wonderful experience here. That will takes you in a different universe.

  59. <a href="http://www.indojavatravel.com/2018/07/semeru-trekking-tour-package-4-day-3.html>Semeru Trekking Tour Package 4 Day 3 Night</a>

  60. i like this post,
    thanks for shearing,
    clipping path service

  61. DAPATKAN KEMENANGAN BESAR HANYA DI http://www.starbet99.cc
    SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA

    Fastbet99group.org >>> PROMO MENARIK DENGAN KEUNTUNGAN BESAR UNTUK ANDA

    DAFTAR SEKARANG DI SINI : https://bit.ly/2o8wOJu

    INFO LEBIH LANJUT :
    Nomor Indo : +62858 - 3385 - 4616

    Nomor Thailand :+66 875 - 57- 7610

    live chating : http://goo.gl/ATk7jA

    BBM : 2C05-FA64 /CS1_SB99

    BBM : 2BFA-FB44 /CS2_SB99

    BBM : 2C096C3F /CS3_SB99

    ID LINE : STARBET99

    WHATSAPP : +66875577610

    ID WECHAT : STARBET99

    TELEGRAM : STARBET99

    KUMPULAN PANDUAN JUDI UNTUK KEMENANGAN BESAR ANDA YANG BISA ANDA KUNJUNGI DI : http://bukujudi99.com/

  62. DAPATKAN KEMENANGAN BESAR HANYA DI http://www.Hokijudi99.id SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA


    Fastbet99group.org >>> PROMO MENARIK DENGAN KEUNTUNGAN BESAR UNTUK ANDA

    DAFTAR SEKARANG DI SINI : https://bit.ly/2BIUZI7


    INFO LEBIH LANJUT :
    Nomor Indo : +62856 - 6450 - 8995
    Nomor Thailand : +66846 - 340 - 117
    Live Chatting : http://goo.gl/lk6hBc
    BB : 2BB90FCC
    LINE : CS_HOKIJUDI99
    WHATSAPP : +66846340117
    ID WECHAT : HOKIJUDI99
    TELEGRAM : HOKIJUDI99
    TWITTER : @HOKI_JUDI99

    KUMPULAN PANDUAN JUDI UNTUK KEMENANGAN BESAR ANDA YANG BISA ANDA KUNJUNGI DI : http://bukujudi99.com/

  63. What an excellent post. Keep the best quality content. Learned a lot thank you so much.

  64. Jasa Freelancer Terbesar di Indonesia
    www.fastwork.id
    www.fastwork.id/blog

  65. Anonim says:

    Jasa Freelancer terbesar di dunia:
    www.fastwork.id

  66. Wow it is really wonderful and awesome thus it is very much useful for me to understand many concepts and helped me a lot. it is really explainable very well and i got more information from your blog. Thank you so much for sharing this.

  67. Thanks for sharing about that i am also a SEO agree with that statement. Keep Writing
    Support from Klinik Andrologi

    Regards
    JasaIndo & Jakwebs

  68. Saya ingin mengucapkan terimakasi atas upaya yang telah Anda lakukan dalam menulis artikel ini. Saya berharap pekerjaan terbaik yang sama dari Anda di masa depan juga.


  69. Very effective ways . I have read this blog . Like and admire your post , thanks .


    # clipping path
    #image restoration
    #masking service
    #neckjoint service
    #background removing service
    #shadow service
    #retouching service
    #Color correction service

    https://www.clippingpathexclusive.com/

  70. Just amazing post you have published . I appreciate your blog . Well-done for shared .

    # clipping path
    #image restoration
    #masking service
    #neckjoint service
    #background removing service
    #shadow service
    #retouching service
    #Color correction service




    https://www.clippingpathexclusive.com/

  71. oh ternyata beliau yang membuat font itu keren.

    please visit my web --> Tinta Asia.ink <--

  72. Ahhh I'm so glad I stumbled upon this site. I was very lucky literally in the first two hours I earned in more than one working day, you also want? hold on useful play slots for fun You can not thank

  73. liputan wawancara dengan andy aw masry nya keren banget pak, banyak hal bisa diambil di artikel ini, salam blogging

  74. Bermain slot online dengan promo bonus new member hingga 120% hanya bersama Agen Slot Online MPO007. Dengan perlayanan 24 jam beserta berbagai kemudahan dalam melakukan deposit ke dalam akun bermain Anda. Bergabung dan daftarkan diri Anda sekarang juga bersama Daftar Situs Slot Online Terpercaya

  75. Excellent post.Its very useful for all.Thanks for sharing.Clipping Path Experts

  76. À QUOI RESSEMBLENT LES BUGS DE LIT?
    Ils sont petits, les adultes mesurent environ 3/16 ″ de long, environ la taille d'une graine de pomme.شركة مكافحة حشرات
    شركة مكافحة النمل الابيض بالرياض
    شركة مكافحة الصراصير بالرياض

  77. Hey Andy, this is excellent interview. This article is very informative. There is so many things to learn for a designer.Thanks for sharing. Clipping Path Experts

  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  79. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  80. That is really nice to hear. thank you for the update and good luck.
    Clipping Partner India

  81. mantaab..terima jasa logo brand untuk perusahaan


  82. This is the best blog! This article is very comfortable. It is an amazing post you have published here. I have seen your post carefully and liked it. Hope that you will share such an effective post regularly, thanks.
    clipping path service provider


  83. Wow, pretty cool tips. I really appreciate your post. I definitely visit this blog again
    Photo Background Removal Service
    Image Masking Service


  84. Wow, pretty cool tips. I really appreciate your post. I definitely visit this blog again
    Background Removal Service
    Clipping path Service

  85. keren bro,, teruskan artikelnya

  86. OBAT ABORSI AMAN DAN TERBAIK.cara menggugurkan kandungan dengan obat penggugur kandungan sesuai dosis usia kandungan (TERLEKAP & TER PERCAYA)
    HUB: (SIM) 082133482133 >


    WhatsApp : 082133482133

    KUNJUNGI WEB RESMI TERLENGKAP KAMI.

    http://www.apotekmanjur.com/


    Pesanan di Jamin Kerahasiaannya
    - pemesanan produk di luar kota, luar jawa dan luar negeri, kami kirim via paket.
    pesanan langsung kami kirim melalui jasa pengiriman: tiki, jne, pos, sesuai dengan kesepakatan.
    KEPUASAN ANDA ADALAH KEBAHAGIAN KAMI

  87. Traditional French Property has the beautiful interior of a traditional French house. Find out what to expect when visiting a typical French home. Home to some of the continent's most prestigious beaches and luxury real estate, it's no surprise that Portugal has become a popular relocation destination for many immigrants. Here are some reasons to buy Portugal Real Estate for Sale

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 204   Lebih baru› Terbaru»

Leave a Reply