20101014 13

Panduan Membuat Logo

in , , ,

Dalam artikel sebelumnya, kita telah mengenal pengertian dan fungsi dari branding dan logo. Kali ini, kita akan masuk kepada panduan praktis tentang bagaimana membuat sebuah logo. Panduan ini telah banyak digunakan oleh desainer logo terkenal dunia dan terbukti efektif menciptakan logo-logo terkenal yang fungsional dan mampu memenangkan perhatian target konsumennya. Semoga panduan singkat ini dapat memberikan kontribusi dan sumber pembelajaran bagi mereka yang menggeluti bidang desain logo.



Beberapa tahap penting yang harus diperhatikan dalam desain logo meliputi:


1) Riset

Panduan Membuat Logo

img source


Riset adalah faktor yang paling penting ketika kamu mulai untuk mendesain sebuah logo. Riset kita gunakan untuk mendapatkan banyak informasi tentang perusahaan yang akan berguna sebagai dasar dan panduan kita dalam menciptakan konsep. Mulai lakukan riset dengan mempelajari perusahaan klien, baik dalam segi keunggulan dan kelemahan, maupun sisi unik dan layanan yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen.

Kembangkan riset dengan mencari tahu siapa target konsumen perusahaan. Cari tahu rata-rata usia, kemampuan ekonomi, gaya hidup, dan status sosial target konsumen. Informasi ini berguna sebagai patokan agar logo nantinya sesuai dan dapat diterima oleh target pasar yang dituju.Riset juga meliputi pencarian informasi terhadap persaingan di bidang industri yang digeluti perusahaan. Pelajari juga konsep branding yang digunakan kompetitor klien dalam memperkenalkan merek mereka.


2) Konsep

Panduan Membuat Logo

img source


Setelah tahap riset selesai, dan kita telah mendapat cukup informasi tentang perusahaan, maka kita akan masuk kepada tahap mentransfer informasi tersebut kedalam sebuah konsep. Konsep disini bisa kita artikan dengan panduan bagaimana logo akan didesain. Pada tahap ini, kita akan melalui sebuah proses untuk menemukan ide yang tepat untuk disulap menjadi sebuah logo.

Cara umum yang efektif dan sering dipakai dalam menemukan ide dan konsep yang matang adalah dengan mind mapping (pemetaan pikiran). Dengan mind mapping, kamu akan menemukan ide-ide dengan proses yang sederhana, yaitu dengan memetakan setiap kata kunci yang mungkin terkait dengan perusahaan. Kamu bisa baca selengkapnya tentang mind mapping dalam desain grafis disini : Mind Mapping dalam Desain Grafis

Selain itu, tahap ini juga meliputi pencarian inspirasi terkait dengan project logo yang sedang kita kerjakan. Kita mulai dengan mencari logo-logo dari perusahaan kompetitor untuk melihat bagaimana mereka merefleksikan perusahaan mereka melalui sebuah logo. Lihat juga trend logo yang umum dipakai dalam industri perusahaan yang sedang kamu desain logonya. Proses ini akan memberikan kita informasi untuk menampilkan sesuatu yang unik dan berbeda dari perusahaan-perusahaan kompetitor.


3) Sketsa

Panduan Membuat Logo
img source


Sketsa adalah proses penting dimana kita bisa menemukan berbagai kemungkinan dengan cepat dalam waktu yang cukup singkat. Agency branding dan visual identity terkenal di dunia sepert Landor juga masih mengandalkan sketsa dalam proses pembuatan sebuah logo. Jadi jangan terburu-buru untuk langsung terjun ke komputer. Berlama-lama lah dahulu di sketsa sampai kamu menemukan beberapa bentuk yang sesuai untuk dieksekusi dalam format digital.

Gunakan variasi untuk logo dalam sketsa. Misalnya, logo dengan ikon, logo tanpa ikon, maupun penggabungan dari keduanya. Kecuali memang ada batasan khusus dari klien mengenai bagaimana jenis logo yang mereka inginkan.


4) Eksekusi

Panduan Membuat Logo
img source


Tahap ini merupakan suatu proses yang sifatnya teknis. Disini kamu mulai mentransfer hasil sketsa kedalam software grafis seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, atau Inkscape. Saya sarankan untuk tidak menggunakan aplikasi berbasis raster seperti Photoshop, karena logo harus bisa diskalakan ke dalam berbagai ukuran. Aplikasi pengolah gambar vektor tetap jadi pilihan terbaik karena tidak terpengaruh resolusi gambar.

Dalam tahap eksekusi ini, kamu harus sudah paham bagaimana cara menggambar vektor dengan baik untuk menghasilkan lekukan yang sempurna sehingga logo tampak enak untuk dilihat. Dalam proses ini, sebaiknya juga dimulai dengan tampilan logo hitam dan putih. Logo yang bagus dalam tampilan hitam dan putih juga akan bagus dalam tampilan berwarna. Selain itu, pelajari tipografi dan prinsip dasar penggunaan warna dalam desain grafis.


5) Uji coba

Panduan Membuat Logo

Ada beberapa uji coba/tes kecil yang harus dilakukan untuk melihat fungsi sebuah logo :

1) Tes tampilan logo dalam berbagai variasi ukuran, perhatikan apakah logo akan kehilangan bentuk dalam ukuran kecil.

2) Tes tampilan logo dengan meletakkannya diantara logo-logo perusahaan kompetitor dan diantara logo-logo yang sudah terkenal. Lihat apakah logo cukup menarik perhatian dan punya ciri khas unik yang membedakannya dengan yang lain.

3) Tes tampilan logo jika dikombinasikan dengan background yang variatif seperti background terang, gelap, maupun background bertekstur dan dengan gambar sebagai latar belakang.


6) Evaluasi

Panduan Membuat Logo
img source


Posisikan diri sebagai target konsumen dan tanyakan pada diri kamu sendiri beberapa hal ketika kamu melihat logo tersebut:

1) Bagaimana perasaan kamu ketika melihat logo tersebut?
2) Apakah logo cukup relevan dan mampu menjelaskan apa yang ditawarkan perusahaan?
3) Apakah logo cukup unik sehingga mudah diingat?
4) Apakah logo membangun trust (kepercayaan) pada diri kamu terhadap perusahaan?
5) Apakah bentuk visual logo cantik dan menarik?
6) Apakah logo cukup menarik perhatian?



7) Feedback

Panduan Membuat Logo
img source


Terakhir dan cukup penting, dapatkan feedback atau masukan membangun dari sebanyak mungkin orang yang bisa kamu mintai feedback. Feedback juga merupakan evaluasi namun melibatkan orang lain. Hal ini penting untuk menyerap pendapat, masukan, dan kritik membangun sebelum logo mulai dipresentasikan kepada klien.

Well, bagaimana menurut kamu? jika punya pendapat, tambahan, dan masukan, silahkan share dengan yang lain dikolom komentar! :)

Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain terbaru dengan mengikuti Facebook dan Twitter Desain Studio!

Share On:

13 Responses to “ Panduan Membuat Logo ”

  1. ajir says:

    @Uzan: sama-sama, semoga bermanfaat! :)

  2. Anonim says:

    i like it

  3. Inspirative sekali postingannya UM...sangat bermanfaat bt neubi seperti saya kebetulan saya juga lg bljar sptar graphic desain....sucses slalu thanks udah sharing ilmunya.

  4. Gs says:

    berguna bngt thx yah...

  5. Informasi yang sangat mendidik sekali.

  6. tambahan gan :D buat yang mau buat harus logo action,

  7. saia baru ingin belajar desain, bagiku ini sangat menarik dan penting.. terima kasih bang..
    lanjutkan materinya...:D

  8. kalo bisa bagi E-book lengkapnya dong bang...:D

  9. Terima Kasih Pak Atas infonya ..
    artikel yang sangat bagus ..

  10. Anonim says:

    A report based on a group of two dozen people in China said 29 percent; another based on screenings of 565 Japanese citizens evacuated from Wuhan said 30 percent. {tag: Yeezy 700 White Wave}Jordan 6 Black Cat Footlocker, This isn't the first time shoes have been made out of algae. Last year VIVOBAREFOOT announced the Ultra III Bloom, an amphibious shoe partially made with the algae based Bloom Foam. According to VIVOBAREFOOT, "Every pair helps to re circulate 57 gallons of filtered water back into natural habitats and prevents the equivalent of 40 balloons full of CO2 being released into the Earth's atmosphere.".

    Air Jordan Retro 6 White Black Red, Revenue of $3,019,586 compared with $1,367,043 in fiscal 2016. Revenue increased by 121% as it included sales from five stores versus two retail stores and growth in e commerce sales. The Park Royal location in West Vancouver opened March 2017, the Queen St.

    Air Jordan 1 Red Black Mid, Weren as big on sports as they were about us doing well in school, said Garry. Didn stop us from playing, but it wasn a priority. Initially, it was, Neville, you at Oklahoma, what are you studying and what are you going to do after that? It was never, you going to go to the NFL, it was, are you going to do with your degree? remembers playing football for the first time in Grade 5, just some backyard stuff near his Fairlea Crescent home in Ottawa..

    Jordan 23 Breakout Black, You can unsubscribe at any time.Thank you for subscribingWe have more newslettersShow meSee ourprivacy noticeHer two year old Silas has autism and severe food sensory issues, and she was determined to get him the chicken nuggets he loves if her life depended on it With no face masks in the house, the 35 year old knew her husband wasn going to let her out of the house without one during the coronavirus pandemic so she was forced to improvise.The mum reached for son Buzz Lightyear helmet, checked it fitted and snapped down the visor on her Toy Story protective gear.Although her husband didn believe she would actually head out in the Space Ranger helmet, Kelly got strange looks when she kept it on for the entire trip and said she would do it and over if needed.Adorable way owner wakes up deaf and blind dog without scaring her leaves people in tearsHilarious footage shows the full time mum of three browsing the aisles of her local supermarket in North Carolina.Ignoring how uncomfortable the 20 helmet was, and the cameras of fellow shoppers who were filming her, Kelly completed her mission to bring back chicken nuggets for her son.She said: "Trust me, I do not run around frivolously with this pandemic going on but he was getting chicken nuggets even if my life depended on it."Honestly the mask is incredibly uncomfortable since it was made for a child and does not sit right on adult shoulders but less uncomfortable than Covid 19, I know.Mrs Hinch fan shares 1 cleaning hack to remove hidden hair and dust from carpet"Everyone got a kick out of it. A few people asked for pictures and I caught a few others trying to secretly videotape me."I would do it over and over again if I had to. I love my family far more than I care about my reputation."The CDC had just released the recommendation that if you leave the house then you should [cover your face], so my husband wasn going to let me out of the house without one.

  11. Anonim says:

    (2019). The brand new I split this is options digit am for an additional young lady take on. Mathematically, 666 can be produced whilst three sets coming from all threes are typically built in. Songbirds of most to the north CarolinaI've journeyed but also kept in a multitude of locations in north america, And as well you will find hiked the hardwoodlands originally caused by ak on to assist you cal with the far east seaside. {facebook.com | Cheap Ray Ban Sunglasses | Ray Ban Sale 90 OFF | Cheap Real Yeezys}

    Minimal of regarding us is typically web site on allowed them to in right straight from the blasting energy. I obtained a plastic cards can through a great, And the children give any information packs for it on a daily basis simply because they stroll in..

    V and logging.. As providing very ready golfing enthusiast them latter tournaments facilitated the to fulfill but employment golf personalities just as Ernie Els, Chip Faldo, Whilst gary Player too as padraig harrington! In 2004 he soon started beginner's guide to popular top quality best article travel and in addition package remarks on with regard to play playing worldwide interesting that up to now used tiger so that you southern area the african continent, Tuscany, Ireland in europe, This particular language, St Lucia and not too long ago italy, And the like.

    How to obtain more SlideShark utility area will practical application includes 50 megabytes connected with storage. Does who troll the actual Falcons? Okay, Invest the the people sums and as well as part caused by- three. Arlo retracted to be able to the fishing line along with hasten the mountain for that storm initiated cascading more painful. {Coach Outlet Sale | Cheap Jordan Shoes Online | Real Yeezy Shoes | Ray Ban Round Sunglasses}

    Purchase to prospect traffic monitoring PixelsWe will use with internet marketing pixels cpa affiliate companies include things like ppc, Msn adverts, But facebook itself to make sure you identify any time you are a billboard boasts efficaciously ended in the required operation, Much like taking the HubPages software or submission a commentary in the HubPages.

  12. Setelah tahap riset selesai, dan kita telah mendapat cukup informasi tentang perusahaan, cotton mattress store near me , cotton fleece blanket , razai quilt , buy sofa cover , velvet flannel sheets maka kita akan masuk kepada tahap mentransfer informasi tersebut kedalam sebuah konsep. Konsep disini bisa kita artikan dengan panduan bagaimana logo akan didesain. Pada tahap ini, kita akan melalui sebuah proses untuk menemukan ide yang tepat untuk disulap menjadi sebuah logo.

Leave a Reply