20101016 7

Wawancara dengan Olexs Cartoonist

in ,

Jika kamu cukup familiar dengan karakter unik berjambul di gambar thumbnail postingan ini, pastinya kamu kenal betul dengan si pembuatnya, Olexs Cartoonist. Olexs adalah salah seorang kartunis berbakat dari Aceh yang saat ini menjabat sebagai ketua PAKARTI ACEH (persatuan kartunis Indonesia - Aceh). Ditengah kesibukannya sebagai kartunis di salah satu media terkemuka di Aceh, Olex menyempatkan diri untuk berbagi pengalaman dan pengetahuannya melalui wawancara dengan Desain Studio. Check it out!






Halo Olex, Pertama-tama bisa perkenalkan diri ke pembaca? Apa saja aktifitas yang sedang dijalani saat ini?

Halo, saya anak laki-laki tentunya,..hehehe biasanya nya di panggil olexs kalo aktifitas masih seperti biasa, desain mendesain, gambar menggambar, dan masih tetap bergelut sebagai kartunis di salah satu media di Aceh. Serta memimpin sebuah lembaga kartun nasional chapter Aceh atau biasa disebut PAKARTI ACEH (persatuan kartunis Indonesia - Aceh).

Wawancara dengan Olexs Cartoonist

Sejak kapan mulai fokus berkarir sebagai kartunis? Bisa ceritakan sedikit latar belakang hingga bisa terjun ke bidang ini?

Hmnnn, Sejak di ajak bergabung ke media. disitu saya tertarik menjadi kartunis karena kartunis juga ikut memberitakan suatu hal, tetapi lewat kartun. Awal nya saya tidak tau apa itu kartunis yang sebenarnya, bagaimana menjadi kartunis media, bagaimana karakternya. Karena karakter gambar saya manga, membuat saya harus merubah karakter gambar menjadi karakter gambar media.

Dari mana kamu biasa mendapatkan inspirasi? Apa saja kegiatan yang bagi kamu bisa memberikan inspirasi?

Biasa nya saya sering buka kartun-kartun senior Saya yang lebih dulu bekerja di media. Mempelajari bagaimana cara memberitakan sebuah berita lewat gambar,serta harus sering2 baca Koran serta tanggap terhadap satu isu yang berkembang di masyarakat.

Wawancara dengan Olexs Cartoonist

Bisa ceritakan sedikit mengenai proses pembuatan sebuah karikatur yang kamu kerjakan? mulai dari sketsa, sampai dengan finishing di komputer.

Pembuatan karikatur biasa nya di awali dengan isu yang berkembang dalam masyarakat,setelah tau isu, kemudian harus memikirkan ide dan bagaimana bentuk nya. Setelah dapat ide maka di buat sketsa kasar pada kertas dengan menggunakan pensil. Sketsa kasar kemudian dibuat outlinenya dengan pensil drawing pen, baru kemudian discan dan diperbaiki di computer melalui proses finishing.

Wawancara dengan Olexs Cartoonist

Apa projek yang paling menarik yang pernah dikerjakan? Bisa ceritakan sedikit mengenai projek tersebut?

Hmnnn apa ya??? Banyak sih,..hehehehehehe :D Tapi yang paling menarik adalah mengerjakan sebuah project buku pemilu yang saya kerjakan sendirian tanpa bantuan orang lain, mulai dari proses sketsa sampai finishing selama 3 bulan. Setelah selesai, saya terkapar tak berdaya di rumah! hwahahahahahaha.. :D

Apakah saat ini sedang mengerjakan suatu projek? Bisa ceritakan sedikit ke pembaca mengenai projek tersebut?

Saat ini masih terfokus pada media,…kalaupun ada project, hanya membuat karikatur wajah, poster maupun baliho.

Wawancara dengan Olexs Cartoonist

Bagaimana menurut kamu mengenai peran bakat menggambar? Apakah untuk menjadi kartunis yang baik harus didukung dengan bakat menggambar yang ada sejak lahir?

Untuk bisa menjadi kartunis menurut ku bukan dari bakat saja, tapi lebih kepada kemauan yang besar untuk menjadi kartunis dan Kemauan yang besar untuk bisa menggambar. Toh kita semua saat masih kecil tak bisa apa-apa, hingga sekarang kita tau ini dan itu, itulah yang di namakan proses belajar. Kemauan yang kuat untuk tau dan mengerjakannya. coba dan coba hingga kamu tau bahwa kamu bisa.

Wawancara dengan Olexs Cartoonist

Adakah tips-tips yang ingin dibagikan ke pembaca untuk meningkatkan kemampuan dalam menggambar?

Tips nya gampang kok. Cobalah untuk mulai menggambar serta sering melihat gambar-gambar orang lain dan terus berusaha untuk bisa. "Bakat tanpa kemauan nihil,tapi kemauan besar walau tanpa bakat masih ada harapan untuk bisa"

Wawancara dengan Olexs Cartoonist

Adakah tokoh-tokoh yang menjadi influence untuk karya-karya kamu?

Banyak tokoh yang menjadi inspirasiku. Seperti Beni & Mice, LAT, ujang serta kartunis-kartunis senior saya di media.

Wawancara dengan Olexs Cartoonist

Apa pendapat kamu mengenai perkembangan dunia kartun/karikatur di Indonesia?

Alhamdulillah,…perkembangan dunia kartun/karikatur di Indonesia mulai ada pergerakan yang lumayan. Seperti terbentuk nya sebuah assosiasi level nasional seperti PAKARTI yang menjadi pelopor persatuan kartunis di Indonesia. Assosiasi ini telah mengadakan beberapa acara, seperti pembuatan kartun pepeng yang di kerjakan oleh ratusan kartunis Indonesia yang diliput di acara "Kick Andy", juga terdapat penganugerahan dari MURI (Museum Rekor Indonesia). Selain itu, masih banyak juga event-event lain yang telah diselenggarakan oleh assosiasi ini.

Apa target yang kamu ingin capai kedepan?

Target kedepan, mungkin dengan adanya wadah chapter/cabang PAKARTI ACEH bisa membuat kartunis-kartunis di Aceh bisa bersatu dan bisa membuat event-event kartun bersama.

Ada pesan terakhir yang ingin disampaikan kepada pembaca DesainStudio.com?

Jika ingin untuk bisa, maka mulailah! Jangan pernah takut dan jangan pernah berkata TIDAK BISA"! Ayo semangat! Ambil pensil dan pulpen mu, dan mulailah menggambar.

Wawancara dengan Olexs Cartoonist

Terima kasih Olex, sudah mau berbagi dengan pembaca DesainStudio.com! :)

Okey,….salam kartun!


Ingin lihat karya-karya kartun menarik lainnya dari Olexs? Kunjungi link berikut :
Olexs on Facebook

Bagaimana menurut kamu? Ayo berbagi pendapat mengenai karya Olexs di kolom komentar!

Tetap update informasi, tips, dan tutorial terbaru dengan mengikuti Facebook dan Twitter Desain Studio!

Share On:

7 Responses to “ Wawancara dengan Olexs Cartoonist ”

  1. Semangat para kartunis Indonesia! Terus berkarya!
    Aku suka Quotation di atas:
    "Bakat tanpa kemauan = nihil,tapi kemauan besar walau tanpa bakat masih ada harapan untuk bisa"...
    ...

    PS: Titip salam wat Bang olexs:
    karya2mu telah memanjakan mataku...^-^...
    SANGAR pokoknya! :)

  2. Salah satu manusia muda berbakat dari tanah rencong, ya mantap.. desainstudio. nice job!!

  3. Anonim says:

    Dulu sering nongkrong sama bang olexs di hip burger, sekarang sudah tak pernah lagi, dengar kabar dia pun tak pernah, haha

  4. ajir says:

    @Arditasari: Setuju..SANGAR!
    ntar kalo jumpa salamnya disampaikan! :D

    @IkazNarsis: Yup, very talented artist!

    @Anonim: haha..mudah2an bg Olexs baca dan ngajak nongkrong bareng lagi.. :D

  5. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

Leave a Reply