20100707 7

Mind Mapping dalam Desain Grafis

in , , ,

Mind Mapping (pemetaan pikiran) adalah sebuah proses pemecahan masalah dengan menggunakan kata-kata, nama, gambar, maupun warna yang kesemuanya mengacu kepada sebuah ide sentral atau kata dalam bentuk diagram. Mind Mapping berfungsi untuk membebaskan kreatifitas dan mendapatkan ide-ide brilian untuk memecahkan sebuah masalah. Banyak desainer hebat memulai proses desain mereka dengan melakukan pemetaan pikiran.


Ide, pemikiran dan sebuah konsep adalah hal yang tidak terlihat. Mereka berada di awang-awang dan hanya bisa dibayangkan. Proses mendapatkan ide dengan membayangkan sangatlah sulit, pikiran kita sangat terbatas untuk hal ini. Dengan Mind Mapping, kita bisa membuat sebuah rancangan terstruktur untuk membuat ide satu persatu muncul. Saya melihatnya sebagai suatu proses pemindahan tentang apa yang kita sedang atau akan pikirkan kedalam lembaran kertas secara terorganisir melalui rangkaian kata, gambar dan warna kedalam sebuah diagram.




Salah seorang ahli dalam pemetaan pikiran, Paul Foreman telah mendedikasikan sejumlah besar waktu untuk studi tentang Mind Mapping, dalam e-bukunya berjudul "Ide Penciptaan", dia berbagi filosofi tentang bagaimana membuka pikiran untuk menghasilkan ide-ide melalui Mind Mapping :

○ Semuanya berasal dari pikiran
○ Setiap pikiran adalah kata
○ Setiap ide adalah pikiran
○ Setiap kata adalah ide yang potensial
○ Setiap gambar adalah ide yang potensial
○ Setiap pikiran adalah ide yang potensial
○ pikiran yang baik datang saat pikiran buruk berhenti
○ ide bagus datang ketika ide-ide buruk pergi
○ Pikiran Anda akan kembali 'on' ketika Anda berhenti berpikir keras
○ Kesabaran memungkinkan ide-ide untuk berkembang
○ praduga hanya menghasilkan ide-ide yang telah terbentuk sebelumnya
○ Mencari jawaban akan menjadikan Anda stres
○ Jadikan pikiran Anda mudah dan sederhana
○ Mengatakan: "Saya tidak bisa memikirkan apapun" Sungguh berarti: "Saya rasa saya tidak bisa memikirkan apa pun"
○ Ide tidak kering - tapi pikiran iya


Manfaat Mind Mapping :

1. Membebaskan pikiran
2. Memunculkan ide-ide brilian
3. Membantu mengorganisir perencanaan strategis
4 Mengembangkan Imajinasi
5. Mengurai masalah
6. Mengembangkan keterampilan berfikir
7. Meningkatkan motivasi


Contoh Mind Mapping dalam Desain Grafis

Berikut adalah contoh dari pemetaan pikiran oleh desainer grafis. Salah seorang freelance graphic designer bernama Damien Horan, yang sukses untuk project-project merek internasional seperti Mambo, Volcom, dan Insight. Damien Horan memperlihatkan sebuah proses menarik yang dia lakukan dalam pembuatan logo restoran/bar bernama Little Avalon. Dalam proses tersebut, Damien memperlihatkan sebuah pemetaan pikiran yang telah dia kerjakan untuk mendapatkan ide yang bagus untuk menyelesaikan projectnya.














Mind Mapping Tool :

Sederhananya, pemetaan pikiran biasa dilakukan diatas selembar kertas dan sebuah pinsil/balpoint. Namun perkembangan teknologi menjadikan segalanya jauh lebih mudah saat ini. Ada banyak sekali tool-tool gratis di Internet yang bisa kita gunakan untuk melakukan pemetaan pikiran (mind mapping). Karena sudah ada campur tangan teknologi, penggunaan tool-tool tersebut juga akan semakin menyenangkan dengan banyak variasi pilihan yang bisa dilakukan dibanding diatas selembar kertas. Ini dia beberapa tool untuk memetakan pikiran yang bisa Anda manfaatkan :

bubbl.us
Concept Draw Mind Map
Edraw Mind Mapping
MindGenius.com
MindVisualizer.com





Semoga bermanfaat! :)

Share On:

7 Responses to “ Mind Mapping dalam Desain Grafis ”

  1. mind mapping juga sering digunakan para pebisnis dan sangat berguna untuk memperoleh kesuksesan, sehingga lebih terarah/teroganisir secara rapi..

  2. Wah hebat, boleh di coba tuch....!

  3. Salam jumpa kembali bos, udah lama ga berkunjung kemari.

  4. T.O.P ...Belajar dngan menggunakan metode mindmapping lebih memudahkan otak untuk menyerap apa yang kita pelajari...secara saya termasuk tipe orang "VISUAL"...
    I Like this!!!

  5. mind mapping ya
    belum pernah jaka tes..
    :)

    coba ah dari sesuatu yang simple dulu...

  6. Mas posting ulang gbr contoh mind mapping dalam design grafisnya lagi donk. ane belum paham.. :)

Leave a Reply