20100225 6

Ruth Kedar, Proses dibalik Pembuatan Logo Google

in , , , ,

Ruth Kedar (kedardesign.com) adalah perancang dari logo Google yang telah dikenal diseluruh dunia. Desain dari Kedar merupakan desain kedua logo Google, dimana desain pertama coba dibuat oleh salah satu pendiri Google yaitu Sergey Brin. Desain logo Google ternyata dilalui dalam proses panjang dan memakan waktu yang cukup lama. Berikut Penuturan Ruth Kedar dibalik proses penciptaan logo Google :


"Saya sedang mengajar desain di Universitas Stanford (1999) ketika saya diperkenalkan kepada Larry Page dan Sergey Brin oleh seorang teman di Stanford. Ternyata mereka sedang mencari desainer untuk mendesain logo dan situs mereka. Saya diminta untuk menyajikan beberapa ide desain awal kepada mereka. Mereka menyukai pendekatan dan gaya desain saya kemudian mengandalkan saya untuk mendesain logo kedua Google."

"Google ingin membuat sebuah logo yang unik yang akan membedakan mereka dari situs pencari lain pada saat itu (Yahoo, Excite, Hotbot,Looksmart dan Lycos). Google, dalam logonya ingin menyampaikan bahwa Google merupakan Search Engine yang paling utama dan terdepan. Selain itu, Google juga ingin menanamkan image cepat, inovatif, komprehensif dan berada di urutan terdepan dari semua situs pencarian lainnya."

"Pedoman diatas mengarahkan kami (Ruth dan Google) kepada beberapa kali pengulangan desain dan pertemuan. Namun di setiap pertemuan, kami berhasil mengarah kepada konsep eksplorasi yang lebih baik sehingga sampai kepada desain akhir dari logo Google."



"Pada Akhirnya, logo dipilih karena kriteria berikut : Desain fresh dan sederhana, halus dan hampir terlihat seperti tidak dirancang sama sekali. Pembacaan mudah, dan warna membangkitkan kenangan masa kecil. Warna juga menggambarkan dengan Jelas kemampuan dari mesin pencari Google yang merayap menelusuri setiap halaman pencarian."

Hmm..ternyata itu logo Google gak cuma asal ketik doang pake font Times new roman ya!? :D

Share On:

6 Responses to “ Ruth Kedar, Proses dibalik Pembuatan Logo Google ”

  1. Saya pernah baca artikel cuma lupa lagi dimana. Sebetulnya memang awalnya logo google dibuat dengan ketik biasa secara sederhana oleh Sergey. Logo itu baru dibawa ke desainer ini dan dimodifikasi.

  2. ajir says:

    yup, bener bg Jeprie!
    awalnya Sergey nyoba buat pake GIMP tapi gagal.. :D

  3. Anonim says:

    sekedar namabahkan:http://www.creativepro.com/article/design-successful-logos
    btw info2 d blognya bgs bgt jir.keep it up!:D

  4. asimple is the best..
    dan kedar make it beuatifull wat lo9o paman 9oo9lin9 ;)

    aku sukaaa yan9 simple ^^"

  5. ardy thenu says:

    saya baru masuk didunia desain jd disini saya senang bisa menmbah ilmu dari anda,saya sangat berterimakasih kpada anda,,saya harap anda bisa memberikan pengetahuan yng bru l9 buat saya,,,terimakasih

  6. vey says:

    makasih infonya..ternyata dibalik logo yg sederhana itu..prosesnya juga panjang ya..

Leave a Reply