20101025 21

Jadi, Apa itu Kreatifitas?

in , , ,

Desain grafis adalah salah satu bidang yang tercakup kedalam industri kreatif. Disebut "kreatif" karena desainer grafis dituntut untuk mencari solusi dan menemukan ide-ide yang tepat untuk memecahkan masalah. Lalu, apa itu "kreatifitas"!? Bagaimana yang disebut dengan orang-orang kreatif!? Pada Artikel ini, kita akan menguraikan lebih jauh tentang apa itu kreatifitas, ciri-cirinya, dan bagaimana proses untuk menciptakan ide-ide yang kreatif.



Jadi, Apa itu Kreatifitas?

Kreatifitas adalah kemampuan untuk membayangkan atau menciptakan sesuatu yang baru dan lain dari pada yang lain. "baru" disini bukan berarti sama sekali baru, tapi mungkin ide-ide yang telah ada sebelumnya diolah, digabungkan, diubah, dan dikembangkan kedalam suatu gaya baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Saya jadi kembali teringat kepada kutipan menarik dari Albert Einsten :


"Rahasia dari kreatifitas adalah mengetahui bagaimana menyembunyikan sumber yang kamu dapatkan"

Kutipan tersebut secara tidak langsung mengatakan bahwa tidak ada yang baru yang bisa ditemukan oleh manusia, hanya Tuhan yang bisa melakukan itu. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk peniru dan selalu terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Begitu juga halnya dengan kreatifitas, yang tidak lain hanyalah penggabungan dan pengembangan segala sesuatu yang telah ada sebelumnya.

Jadi, Apa itu Kreatifitas

Percaya atau tidak, setiap orang dilahirkan dengan kemampuan untuk berkreasi dan menjadi kreatif. Namun beberapa faktor seperti lingkungan, aturan, dan kebiasaan cenderung mengubah prilaku kita untuk hidup terlalu serius dan berada di dalam tekanan. Sedangkan kreatifitas adalah sesuatu yang membutuhkan ruang dan waktu yang cukup untuk bisa diwujudkan.


Ciri dari Kreatifitas

Orang-orang kreatif terbuka untuk perubahan dalam hidup. Mereka biasanya sangat penasaran dan menghabiskan banyak waktu untuk mencoba berbagai ide dan kemungkinan. Orang yang kreatif percaya bahwa "dunia ini baru setengah jadi", dan sisanya adalah tugas mereka untuk menemukan dan mengembangkannya, dan kegagalan hanyalah sebuah proses yang harus dilalui untuk mencapai tujuan.

Jadi, Apa itu Kreatifitas


Kreatifitas adalah Proses dan Kerja Keras

Apakah kamu adalah salah satu tipe orang yang mencari inspirasi dan ide kreatif dengan nongkrong lama di toilet!? Kalau begitu kita sama! :D Tidak salah memang, situasi tertentu kadang bekerja cukup ampuh dalam mentransfer ide kreatif ke dalam imajinasi kita. Tapi kreatifitas adalah sesuatu yang membutuhkan proses. Orang kreatif terus menerus berusaha menigkatkan imajinasi melalui rangkaian eksperimen yang terkadang tersandung oleh banyak liku-liku yang biasa dikenal dengan kegagalan.

Kreatifitas juga membutuhkan waktu untuk diwujudkan. Pernahkan kamu mendengar kalimat "Ide muncul tiba-tiba"? Sebenarnya itu bukanlah ide yang selintas muncul tanpa sebab dan alasan. Ide tersebut berasal dari pengalaman tentang apapun yang kita lihat, dengar, rasakan dan dimunculkan kembali dalam rentang waktu yang tidak terduga. Sehingga, seolah-olah ide tersebut muncul dan hinggap di pikiran dengan tiba-tiba.


Jadi, Apa itu Kreatifitas?

silahkan share dengan yang lain melalui kolom komentar! :)

Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain terbaru dengan mengikuti Facebook dan Twitter Desain Studio!

Share On:

21 Responses to “ Jadi, Apa itu Kreatifitas? ”

  1. KREATIVITAS itu: pandai memanfaatkan material/source yang ada di sekitar kita untuk diolah menjadi sesuatu yang lebih bermakna.
    Setuju dng statement yg terakhir bhw kreatifitas itu butuh waktu..cz kalo saya:kreatifitas itu baru muncul setelah berkali-kali mencoba....padahal ide itu udah bertebaran dimana-mana dan tinggal menjumputnya,,,
    Intinya semakin banyak berlatih,,,semakin kreatif...!
    [Be Creative,,,Be Generous!] ^-^v

  2. ajir says:

    @ arditasari: Iya, ide-ide kreatif mmg jarang muncul hanya dengan sekali gerak, biasanya butuh usaha dan eksperimen berulang-ulang. Pada akhirnya, tanpa sadar kita telah berkembang setahap lebih kreatif. Thanks for share Ardita..

  3. dhi says:

    yupz...kreatif itu tidak hanya diam...ia bergerak...selalu mencoba meski dihantamkan dengan berbagai resiko. tapi biasanya orang yang benar2 kreatif itu kebal dengan resiko...mereka akan terus mencoba tanpa patah arang...kalo gwe sendiri mungkin belum mencapai tingkat kreatif yang tinggi...gwe suka mencoba tapi ketika gwe dihadapkan dengan kegagalan atau kejemuan dari diri gwe sendiri. gwe akan mundur...walau suatu ketika gwe akan maju lagi..dan memulainya kembali dari titik "nol" haishhh...banyak sekali diri gwe ini berkomentar....semoga bahasa gwe di koment ne bisa dimengerti....^^
    senang dengan kreatifitas namun ingatlah hidup ini ada aturan dan hukumnya....dunia kita masih sangat luas sehingga tidak perlu lagi melewati batas aturan dan hukum.... ^^

  4. ajir says:

    @dhi: setuju! ada aturan-aturan tertentu yg tidak boleh dilanggar dalam berkreatifitas, hal ini tidaklah membatasi krn kita telah terlahir dgn ruang imajinasi yang luas yg tdk akan habis untuk ditelusuri. Jadi jgn salah dalam mendefinisikan kebebasan dalam berkreatifitas. :)

  5. Kreativitas itu buat saya mitos. Yang saya lakukan hingga saat ini cuma meniru yang sudah ada lalu memodifikasinya.

    Kalau berharap kreatif, mungkin ga akan pernah punya hasil karya.

  6. ajir says:

    @Jeprie: Hehe, benar jg bg! kreatif itu cuma meniru tanpa ketahuan. Kalo bikin yg benar-benar baru, itu kuasanya Tuhan. :D

  7. kreatif itu kere aktif.. hehehe becanda2..
    tapi ada bener nya juga ya ??

    kreativitas identik dengan membuat sesuatu yang baru,
    sesuatu yang baru ini dibuat salah satunya karena ketidak berdayaan atau ketidak mampuan, sehingga dicari cara untuk mengatasinya yang kemudian membuat orang menjadi kreatif menggunakan apa yang ada.. hehe
    saya jadi ngaco begini..

    tapi saya setuju bahwa proses krativitas itu panjang dan terkadang melelahkan, karena menuntut otak berpikir keras, iya gak sih..

    saya pribadi mengaku sulit untuk menjadi kreatif, saya hanya meniru dan meniru..
    semoga kedepan saya bisa menemukan "kreativitas" saya
    hehe

    salam kenal
    maaf sudah nyampah

  8. ajir says:

    @Jenderal: Haha, tidak nyampah kok..malah kita seneng ad yg mw berbagi pendapat! :D

    saya liat di blog nya Mas cukup kreatif komiknya, lucu-lucu.. :D salam kenal kembali!

  9. kreatif = meniru ??

    gak juga sih, meniru berarti mengikuti yang sudah pernah dibuat dan di modifikasi?? berarti yang di tiru tiru siapa donk??

    misalkan pertama x yang membuat kapal, dia tiru siapa??.. atau yang menemukan permainan bola kaki, dia tiru siapa??

    Saya rasa kreatif bisa saja meniru namun juga bisa terpikirkan sendiri mungkin di beri Petunjuk oleh yang Kuasa.Karena Tuhan memberikan kita pikiran untuk mencoba mencari cara menyelesaikan masalah..

    Bersyukurlah kalau di kasih pikiran yang kreatif.

  10. hmmm...
    : pada dasarnya semua yanga ada di bumi adalah hasil pencintraan dah gak ada yang natural buatan manusia...semua ada hasil dari pancaindra...jadi bisa disebut juga niru..tapi meniru disini jauh ma yang dikatakan plagiat,,,,

    inovasi adalah proses meniru untuk menjadikannya hal yang baru...

    lam kenal all.sorry...

  11. Anonim says:

    kreatifitas ?
    kl menurutku kreatifitas pertama muncul dari ide (sesuatu pemikiran yang masih ada di otak), kemudian di tuangkan di media melalui mata, tangan, dan perasaan (kreatif), hasil dari pemikiran yang di tuangkan di media itulah menurutku yang dinamakan kreatifitas...
    salam kenal bang...:D

  12. wahyu septian harry saputro says:

    menurut analisa gue....

    adanya kreatifitas, pasti berawal dari sebuah ide,
    karena, adanya ide, belum tentu kita ada kreatifitas....
    like "thinking" without "doing".

    so, apa itu kreatifitas....?

    menurut analisa gue lagi,

    kreatifitas adalah suatu bentuk upaya atau proses untuk mengeksekusi buah pemikiran atau ide.....
    dan outputnya adalah sebuah karya.....
    hehehehehe...... :-D

    (kaLo gue saLah, jangan disaLahin yah.....
    but, pLease, di benerin yah.....)

  13. wahyu septian harry saputro says:

    buat semuanya yang udah sharing2 pengetahuannya......

    terimakasih.....

    semoga ente semua dilimpahkan banyak rezeki gan.....

    amin.....

  14. kreatifitas itu...create...mencipta...menghasilkan sesuatu yang berbeda..
    kreatifitas itu menggunakan sesuatu dengan cara yang tidak biasa atau dengan menggunakan sudut pandang lain..
    kreatifitas itu menghubungkan sesuatu yang kelihatannya tidak berhubungan menjadi berhubungan..
    kreatifitas itu...tidak biasa/abnormal/diluar jalur yang biasa/rutinitas...he..3x, padahal aku bukan orang yg kreatif...soalnya masih suka nyontek ide orang..

  15. kreatifitas positif sangat berguna bagi masa depan
    kreatifitas negatif akan mengubur masa depan

    kreatifitas tidak harus menggambar, bikin logo, pintar komputer atau apapun namanya.
    kreatifitas adalah kekuatan yang akan merubah diri anda sendiri... bacalah kreatifitasmu dari sisi manapun :):)

    btw.. nice artikel gan :)

  16. Anonim says:

    kreatifitas:
    hm.. gejolak dari dalam diri untuk melakukan sesuatu yang unik dan baru berharap berguna, disukai, dan di trima baik diri-sendiri ataupun orang lain yg melihat dan merasa kan karya/perbuatan yang kita tampilkan..

    seperti kutipan 1 iklan
    "keterbatasan memacu kretifitas"

    dr dulu orang belajar dr keterbatasannya untuk menciptakan sesuatu yg baru

    kratifitas diri ditentukan dr kesadaran pribadi, usaha, pengalaman, dan lingkungan sekitar untuk mau berkreasi..
    hahahai..
    smoga kt smua tetap berkreasi scara positif..
    ("|(--,)
    nice forum

  17. destroy92 says:

    Kreativitas : sebuah proses penciptaan sesuatu yg baru oleh suatu orang atau kelompok dengan memanfaatkan semua objek yg seadanya diberikan sentuhan modifikasi dengan maksud memberikan nilai ketertarikan terhadap objek itu. yeaaahhh!!!

  18. Anonim says:

    kreatif itu....
    K.R.E.A.T.I.F

  19. Kreatif adalah tradahan atw trekelan(mmbuat sesuatu yg ga ga..)tp dngan tujuan positif tentunya..

Leave a Reply