20100220 7

Review Adobe Illustrator CS4

in , ,

Walaupun sudah diluncurkan sekian lama, baru kali ini DesainStudio punya kesempatan buat review Adobe Illustrator CS4. Review ini dimaksudkan untuk mengetahui, apa saja keunggulan baru yang ditawarkan di seri Illustrator kali ini.

Upgrade yang dilakukan oleh Adobe untuk Illustrator CS4 kali ini menurut saya luar biasa. Kenapa? Karena Illustrator CS4 menjawab segala kesulitan yang dihadapi pengguna pada seri-seri sebelumnya. Dan Sepertinya Illustrator mulai Memudahkan penggunanya dengan meningkatkan kenyamanan pada tampilan interface untuk pengguna.




Berikut adalah beberapa upgrade yang ditawarkan oleh Adobe untuk Illustrator CS4 :

MULTIPLE TAB

Pada Adobe Illustrator CS4, kita akan menemukan tab baru untuk setiap dokumen kerja. Kemudahan yang ditawarkan pun mulai terasa. Berpindah dari satu halaman kerja ke halaman kerja lain begitu mudah. Tidak seperti CS4, dimana kita harus lari ke Menu Window di Menu Bar atau menelusuri halaman perhalaman dengan Ctrl + Tab, untuk dapat berpindah ke halaman lain.


MULTIPLE ARTWORK


Tidak cuma tab, pada seri CS4, Artwork atau area kerja juga bisa dibikin dalam jumlah yang banyak (bisa sampai 100). Berfungsi sangat baik untuk mengelompokkan pekerjaan di satu dokumen tanpa harus membuat dokumen baru.

GRADIENT TRANSPARENCY

Kalau dulunya (di CS3) ; 'gradient ya gradient..transparancy ya transparancy..', Namun lain halnya dengan apa yang kita dapatkan di CS4. Transparancy (transparan) sekarang bisa kita terapkan untuk warna gradasi. Misal, gradasi dari warna kuning ke hijau: kita bisa mengatur nilai opacity warna kuning dan hijau untuk menerapkan transparancy pada salah satu atau kedua warna tersebut.

APPEARANCE PANEL LEBIH BAIK

Khusus untuk Appearance panel, akan terdapat ikon mata kecil yang bisa difungsikan untuk menampilkan atau menyembunyikan effect atau style yang kita terapkan pada objek, Lebih asyik bukan? Selain itu, warna untuk style (yang mengandung unsur warna) bisa langsung diedit di Appaerance panel tanpa harus lari bolak balik ke Color Palette.

CLIPPING MASK MAKIN OKE


Jika pada Illustrator CS3, pada saat melakukan clipping mask, maka kita masih bisa menyeleksi bagian tidak terlihat didalam clipping mask object. Namun pada Illustrator CS4, clipping mask benar benar melakukan fungsi masking dengan baik dimana objek seolah terpotong oleh objek masknya dan tidak bisa terseleksi untuk bagian yang tidak terlihat.

Yap! itulah perubahan signifikan yang saya rasakan pada saat menggunakan Illustrator CS4. Perubahan yang tidak banyak, namun begitu terasa manfaatnya, khususnya bagi saya pribadi. Jika ada tambahan, jangan ragu untuk dishare dikolom komentar! :)

Share On:

7 Responses to “ Review Adobe Illustrator CS4 ”

  1. masih pake CS3 nih :) klo photoshop CS4 kira2 gimana ya? pengen upgrade tapi takut berat dan tidak senyaman versi cs3

  2. ajir says:

    kalo untuk upgrade photoshop CS4, kurang lebih sama kayak illustrator. Untuk masalah kenyamanan, menurut saya malah lebih nyaman CS4. mantap deh pokoknya mas Richard!

  3. kompie dan laptop sayah ndak kuat mas kalo pake yang CS4...jadi terpaksa harus berpuas diri dengan CS3 dulu...

  4. Sebetulnya produk-produk Adobe sudah terlalu canggih sekarang ini, banyak fiturnya yang tidak begitu dibutuhkan. yang paling terasa kenyamanannya.

  5. pada saat mengradient warna cs4 lebih asik.. tinggal klik langsung pilih warna yang sesuai..

  6. hehehe..

    *maaf,aku nda tau ini :oops:

  7. Anonim says:

    Spek minimum buat CS4 apa aja ya?

Leave a Reply