20110624 12

Kenapa Logo Harus Sederhana?

in , , ,

Less is More! Mungkin ungkapan ini sudah tidak asing ditelinga para desainer grafis. Suatu ungkapan yang mengacu kepada pentingnya kesederhanaan dalam mengkomunikasikan pesan visual. Dalam desain logo, hal ini merupakan aturan standar, dipakai oleh desainer logo diseluruh dunia dan diturunkan dari generasi ke generasi. Hingga kadang, kita sendiri melupakan esensi utama untuk mencari tahu kenapa aturan kesederhanaan ini digunakan.


Mari kembali ke pertanyaan sederhana ini : "Kenapa logo harus sederhana?"

Berikut beberapa pemikiran pribadi berbuah alasan kenapa kesederhanaan dalam logo itu penting :

1) Mudah Diingat


Ditengah kepungan lautan merek yang setiap hari tertangkap mata, maka mengingat salah satunya akan menjadi hal yang sangat sulit. Pada dasarnya, otak manusia menangkap suatu elemen visual dalam bentuk-bentuk dasar seperti lingkaran, segitiga, segi empat, dsb. Kemudian berlanjut kepada menangkap tampilan-tampilan yang lebih detail dan rumit. Oleh karena itu, semakin sederhana bentuknya, maka akan semakin berpeluang sebuah logo membekas di benak audiens.

2) Timeless



Sebuah logo yang sederhana tidak akan mudah termakan waktu dan perkembangan trend. Sederhana tidak berarti membuat jenuh. Malah sebaliknya, kesederhanaan akan memperkuat karakter dari sebuah merek. Kesederhanaan bersifat pasti, jelas, dan tanpa embel-embel yang membingungkan.

3) Konsisten


Sebuah logo bisa saja dikatakan baik dengan melihat visualnya saja. Tapi untuk melihatnya berhasil dan bekerja efektif, perlu adanya penerapan secara konsisten dalam setiap media promosi yang digunakan. Hal ini akan sulit dilakukan jika logo terlalu rumit. Kesederhanaan bentuk akan membuat konsistensi logo terjaga, bahkan ketika diukir di atas aspal sekalipun.

4) Efisien


Basa-basi (dalam bentuk apapun) selalu saja berhasil membuang-buang waktu, termasuk dalam desain logo. Berikan apa yang dibutuhkan audiens secara langsung, jangan buat mereka berfikir dan menerka-nerka. Logo yang sederhana akan sangat efisien menciptakan komunikasi langsung, jelas, dan tidak membuang-buang waktu.

Yup! Ini pendapat saya. Bagaimana dengan kamu?

tentang penulis

Ajir
Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian.
email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio
view all post by Ajir


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

12 Responses to “ Kenapa Logo Harus Sederhana? ”

  1. Betul Mas...LOGO memang harus sederhana, mudah diingat dan pesan yg ingin disampaikan juga dapet.

  2. bay says:

    sederhana dengan sejuta makna

  3. mayakikyn says:

    betul sekali mas..logo simpel libih kreativ daripada logo yang begitu padat dengan unsur bumbu yang rapat.

  4. Andre Pratama says:

    Siiip... sederhana yang penting keren...
    :D

  5. tapi sederhana bisa juga dianggap "anak kecil pun bisa membuatnya?"

  6. ajir says:

    @Jaka : Secara teknis mungkin iya, tapi tidak secara konsep.. Saya pikir ini yang membedakan logo yang baik dengan yang tidak. Logo bisa saja sama-sama sederhana, tapi muatan dan kedalamannya bisa jauh berbeda.

  7. like this, jempol deh buat nih postingan.

  8. Setuju banget om..
    Sederhana dan mudah diingat, tapi tetap memiliki arti yang kuat.. paling suka sama logo nike dan filosofinya.. :)

  9. kalo logo ane nih termasuk sederhana gak Agan-agan??? >> http://i1173.photobucket.com/albums/r593/KhairulUmamAlB/TEB_Icon_Ori_72ppi.png

    Kunjungi blog Ane nih http://khairulumamalbanjari.blogspot.com/

  10. Saya setuju banget tuh. Alasan yang paling setuju yaitu mudah diingat. Banyak loh logo2 yang simpel banget tapi keren. Sip deh...

    O iya jangan lupa ya blogwalking ke http://st-times.blogspot.com/
    Thank's a lot :)

Leave a Reply