20110205 4

Logo Baru NBCUniversal

in , , , ,

Semakin ketat persaingan dalam sebuah pasar bisnis, maka semakin besar kesadaran akan pentingnya brand tumbuh di kalangan para pelakunya. Tidak hanya perusahaan-perusahaan kecil, perusahaan yang (terlihat) sudah mapan pun ikut goyah dan sesegera mungkin mengambil tindakan untuk meningkatkan kualitas merek mereka. Redesain logo GAP ditahun 2010 mungkin yang paling fatal karena begitu banyak mendapat kritikan dari berbagai pihak. Sedangkan redesain logo Sturbucks Coffee terasa lebih netral dan dapat diterima walau juga mendapat kritik. Dan baru-baru ini, NBC Universal, salah satu jaringan televisi terbesar di dunia mengambil langkah yang tidak kalah kontroversial, lambang merak yang iconic didepak dan diganti dengan logo bergaya tipografi.



Logo Baru NBCUniversal

NBCUniversal adalah jaringan televisi Amerika Serikat, berpusat di Gedung GE, Rockefeller Center, New York City. Perusahaan ini merupakan gabungan antara dua perusahaan, yakni NBC dan Vivendi Universal Entertainment. NBCUniversal mengoperasikan lebih dari 20.000 saluran TV, baik di Amerika maupun Internasional.

Logo Baru NBCUniversal

Logo baru NBCUniversal menggunakan jenis huruf serif (berkaki) yang runcing seperti tembaga, terkesan berani dan lugas. Logo ini dirancang oleh Wolf Olins, salah satu desainer logo ternama di dunia. Selain logo, terdapat juga perubahan pada nama perusahaan, yaitu NBCUniversal (tanpa spasi). Terkait redesain logo NBCUniversal yang sangat total juga kontroversial, Rietje Gieskes , Associate Design Director di Landor Associates angkat bicara:

"Today NBCUniversal acts as an umbrella brand for a large variety of entities. Presently, it owns a total of 41 companies, only 14 of which are associated with the NBC and Universal brands. Thus, it is logical for the corporate entity to be brand neutral and to not play favorites with the legacy properties".
______________

"Hari ini, NBCUniversal bertindak sebagai payung merek untuk berbagai macam entitas. Saat ini, ia memiliki total 41 perusahaan, hanya 14 yang terkait dengan merek NBC dan Universal. Dengan demikian, adalah logis bagi entitas perusahaan untuk menjadi merek yang netral dan tidak memiliki (anak perusahaan) favorit seperti desain terdahulu".


Sebagai sebuah perusahaan yang memiliki banyak anak perusahaan, NBCUniversal mengambil langkah aman dengan menciptakan logo yang netral dan dapat dikorelasikan dengan divisi lainnya dengan sangat mudah.

Logo Baru NBCUniversal

Bagaimana menurut kamu? SIlahkan berbagi pendapat! :)


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

4 Responses to “ Logo Baru NBCUniversal ”

  1. Anonim says:

    i LIke it

  2. aaN says:

    artikel yang sangat menarik.
    Tapi apakah setiap logo yg akan di desain harus dapat dikorelasikan dengan divisi2 yg ada dibawah perusahaan tersebut?
    Bagaimana jika perusahaan yg bersangkutan tidak membentuk divisi2 dibawahnya?
    Thanks bro ^^

  3. ajir says:

    @Aan: Gak harus bro..tergantung keinginan masing-masing perusahaan. Terkadang, ada juga perusahaan yang tidak menyertakan logo pada merek2nya.
    Dalam mendesain logo, kita harus membaca berbagai kemungkinan yang akan terjadi kedepan. Misalnya kemungkinan perusahaan membentuk divisi2 baru dibawahnya. Contoh paling umum mungkin bisa diliat pada redesain logo starbucks. Jika harus redesain, berarti akan keluar biaya besar untuk mengganti seluruh media yang terkait dengan logo baru, apalagi untuk perusahaan besar sekelas sturbucks. :)

  4. Anonim says:

    bagus logo yang lama, tp klo tujuannya dpt dikorelasikan dg divisi lain cocok jg.
    klo berdiri sendiri agak terkesan datar . ..

Leave a Reply