20100919 6

7 Poin Penting dalam Menyiapkan Final Artwork (FA)

in , ,



Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang persiapan-persiapan pada sebuah final artwork. Apa itu final artwork? Buat yang belum tau, final artwork (FA) adalah istilah untuk file desain akhir yang siap cetak/print. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam menyiapkan final artwork. Poin-poin ini sangat penting untuk menghindari kesalahan pada saat cetak yang kemungkinan berujung pada hasil produksi yang tidak memuaskan.



Bleed

Bleed adalah daerah pinggir area gambar yang berfungsi mengantisipasi ketidak akuratan pada saat pemotongan (produksi akhir), baik pemotongan secara manual maupun menggunakan mesin. Bleed sangatlah penting guna menghindari ketidakrapian pada hasil desain. Penerapan fungsi ini biasa berlaku pada brosur, kartu nama, buku, majalah, poster, dsb.


img source


Convert Font

Font untuk final artwork harus dikonversi terlebih dahulu kedalam bentuk kurva. Hal ini untuk menghindari missing font atau font yang tidak dikenali. Apalagi untuk font-font yang tidak secara default ter-install di OS yang umum dipakai seperti Windows dan Mac.



Resolusi

Sesuaikan resolusi dengan kebutuhan cetak. Standar resolusi yang baik adalah 300 dpi. Tapi buat pengecualian untuk cetakan yang berukuran besar seperti billboard. Untuk jenis Outdoor print seperti ini, resolusi yang baik adalah 72-150 dpi.


img source


Mode Warna

Pastikan mode warna artwork sudah dikonversi ke CMYK dan bukan RGB. Karena, proses percetakan dan printing hanya mengenal mode CMYK, dan biasanya, mesin cetak/print akan otomatis mengkonversi mode warna RGB ke CMYK. Hal ini tentu akan berpengaruh kepada kualitas warna pada desain. Jadi, pastikan warna pada desain sesuai dengan yang diinginkan dalam mode warna CMYK.

Baca selengkapnya tentang CMYK disini: Perbedaan RGB dan CMYK - Menghindari kesalahan pada proses cetak


img source


Crop Mark

Crop Mark merupakan garis potong yang berfungsi sebagai panduan pada saat pemotongan. Crop Mark digunakan untuk memberi tahu bagian mana yang harus dipotong, dilipat, dsb. Beberapa aplikasi grafis telah menyediakan fungsi untuk membuat Crop Mark secara otomatis.



Ukuran Artwork

Pastikan ukuran file desain cetak kamu adalah ukuran sebenarnya (Actual Pixel). Tentu saja kita tidak ingin kualitas pixel gambar ngeblur akibat ukuran file artwork lebih kecil dari ukuran yang sebenarnya.


img source


Image link

Beberapa aplikasi grafis seperti Adobe Illustrator secara default menampilkan gambar (image) dengan tautan link ke folder di komputer. Hal ini untuk menghemat kapasitas file artwork yang kita kerjakan. Apabila file berpindah komputer, maka gambar yang seharusnya tampil pada desain tidak bisa ditemukan. Prinsipnya sama seperti font, kita bisa menggunakan fungsi embed untuk memasukkan gambar secara utuh pada file.



Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain terbaru dengan mengikuti facebook dan twitter Desain Studio!

Share On:

6 Responses to “ 7 Poin Penting dalam Menyiapkan Final Artwork (FA) ”

  1. Untuk yang penyesuaian Mode Warna ke CMYK, betul sekali. Saya baru tahu setelah dijelaskan kawan saya, seorang designer cover buku di sebuah penerbitan. Dan saya baru tahu tampilan gambar di komputer atau web itu formatnya menggunakan RGB.

    Dalam suatu kesempatan kawan saya itu bercerita tentang alasannya mengapa sampai saat ini tetap bertahan dengan monitor gemuk CRT-nya dan tak mau menggunakan LCD atau notebook dalam mendesign. Katanya, terjadi pergeseran warna antara tampilan di komputer dengan versi cetak kalau pakai monitor LCD. Apa betul begitu, Mas Ajir?

  2. ajir says:

    @ Arif : Thanks Arif!
    @ Joko : Di beberapa kasus mmg seperti itu, tapi saya sendiri blm dapat masalah menggunakan monitor LCD. Sejauh ini masih lancar-lancar saja.

    Masalah beda warna di monitor sama warna hasil print malah sering saya temukan di software dan bukan monitor. CorelDRAW misalnya, yang tampilan warna pada monitornya "menipu" menurut saya.. :D

  3. cerebro says:

    bagaimana caranya memberi crop mark per kartu nama pada desain kartu nama yg diatur dg transformation (pakai corel draw), saya coba aktifkan crop marknya kok cuma kelihatan dibagian luarnya saja. thx

  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  5. Jokostt : Jelas berbeda antara Monitor dengan hasil cetak, itu karena gamut warna pada keduanya pun berbeda. pada monitor gamut warnanya adalah RGB sedangkan pada cetak adalah CMYK dimana cakupan dari kedua jenis mode warna tersebut sangat berbeda.
    berikut adalah color space dari keduanya : http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/1e/CIE1931xy_gamut_comparison.svg

Leave a Reply