20120209 9

Pentingnya Komunikasi Interpersonal bagi Desainer Grafis

in , , , ,

Desain grafis merupakan profesi yang tidak hanya menuntut fokus, kreatifitas, dan intelektualitas yang tinggi, tapi juga harus komunikatif dan mampu menjembatani keinginan klien. Tidak jarang, banyak sekali desainer grafis yang bermasalah ketika berhadapan dengan konsumen yang membutuhkan jasanya. Padahal, seorang desainer dituntut mampu memberikan solusi serta edukasi terhadap klien terkait proses, cara kerja, serta tujuan sebuah rancangan grafis. Karena hal tersebut akan mempermudah pekerjaan serta memberikan efek domino bagi pemahaman masyarakat terhadap segala praktik yang terkait kedalam desain grafis.



Desainer haruslah memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara terarah dan bertujuan. Komunikasi tersebut disebut juga sebagai komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal menurut Muhammad (2005,p.158-159) adalah proses pertukaran informasi diantara seseorang dengan paling kurang seorang lainnya atau biasanya di antara dua orang yang dapat langsung diketahui balikannya. Dari teori tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa, komunikasi interpersonal adalah suatu dialog yang dilakukan antar individu atau antar individu dengan kelompok dengan tujuan dan cara tertentu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Berdasarkan teori di atas, komunikasi interpersonal memungkinkan seorang desainer untuk menjelaskan dan memberikan pemahaman tentang dunia visual kepada konsumen. Mengingat bahwa desain grafis masih tergolong kedalam jenis pekerjaan yang ekslusif dan tidak semua orang akan paham maksud yang dijelaskan oleh seorang perancang grafis.


Bagaimana cara memulai?

Menurut Devito(1997, p.259-264), Efektivitas Komunikasi Interpersonal dimulai dengan lima kualitas umum yang dipertimbangkan yaitu keterbukaan (openness), empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (positiveness), dan kesetaraan (equality).


1. Keterbukaan (Openness)

Berdialog atas azas kepercayaan dan kejujuran. Keterbukaan informasi dalam berkomunikasi antar individu sangat ditekankan. Hal tersebut memberikan dampak pada terbangunnya rasa saling percaya. Sehingga jika kepercayaan sudah terbentuk, maka kedua individu atau lebih yang sedang berdialog akan merasa nyaman.


2. Empati (empathy)

Henry Backrack (1976) mendefinisikan empati sebagai ”kemampuan seseorang untuk ‘mengetahui’ apa yang sedang dialami orang lain pada suatu saat tertentu, dari sudut pandang orang lain itu, melalui kacamata orang lain itu.” Bersimpati, di pihak lain adalah merasakan bagi orang lain atau merasa ikut dalam topik yang sedang dibicarakan. Sedangkan berempati adalah merasakan sesuatu seperti orang yang mengalaminya, berada dalam perasaan yang sama seperti hanyut dalam setiap pembicaraan yang sedang dibicarakan. Jika empati diutamakan dalam setiap komunikasi, maka kedua komunikan akan saling memahami perasaan masing-masing dan komunikan akan tahu bagaimana harus memberikan respon terhadap perasaan tersebut. Perasaan-perasan yang diberikan itu dapat pula berupa pengalaman, harapan, tujuan, cita-cita serta keinginan. Empati dapat ditunjukkan melalui gerakan tubuh atau dengan cara mendengar dengan seksama dan hati-hati dalam merespon setiap pertanyaan atau pernyataan yang keluar dari komunikan. Dalam desain grafis, empati secara sederhana dapat digambarkan dalam sikap peduli seorang desainer grafis. Bagaimana dia bisa memahami kondisi, selera, dan harapan dari klien terhadap jasa yang ingin dipakainya.


3. Sikap mendukung (supportiveness)

Komunikasi yang terbuka dan empatik tidak terjadi dalam suasana yang tidak mendukung. Setiap komunikan harus memperlihatkan terlebih dahulu dukungannya terhadap apa yang dibicarakan. Sikap-sikap yang harus ditonjolkan seperti spontanitas, meng”iyakan” apa yang dikatakan dan tidak memberikan solusi terlebih dahulu jika tidak ditanyakan.


4. Sikap positif (positiveness)


Sikap dan pandangan positif merupakan elemen penting yang tidak dapat dilupakan. Karena sikap positif dapat memberikan energi baru bagi dua orang yang sedang berkomunikasi. Dan sikap positif menjaga atmosfer dialog yang sedang dibangun.


5. Kesetaraan (Equality)


Inilah hidup, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang. Semua pasti atas dasar keseimbangan. Ada yang kurang dan ada yang lebih. Jika salah satu kurang, maka di sisi lain lebih. Begitu juga, jika di satu sisi kurang, maka di sisi lain terdapat kelebihan. Oleh karena itu, setiap dialog yang sedang dibangun oleh dua manusia yang berbeda cara pandang, profesi, status sosial, keinginan, serta pengalaman haruslah memiliki rasa saling menghargai dan memahami akan setiap perbedaan. Jika sikap saling menghargai sudah terbentuk, maka setiap komunikan akan semakin mudah untuk menerima setiap perbedaan dalam dialog yang terjadi. Sehingga tujuan dari dialog tercapai secara terarah.

Demikian sedikit tips yang bisa digunakan untuk membangun komunikasi interpersonal yang baik bagi desainer grafis. Kamu bisa berlatih mengembangkan sikap-sikap diatas ketika sedang berkomunikasi dengan klien. Sehingga diharapkan, dengan komunikasi yang baik, tujuan dari proses perancangan visual bisa tercapai. Semoga bermanfaat!


Tentang Penulis
Ade Ikhsan Kamil — Praktisi pemasaran dan komunikasi. Terus belajar untuk menjadi pribadi yang baik. Saat ini sedang tertarik terhadap proses komunikasi dan perancangan visual.
email : ade_hamas[at]yahoo.com | All post by Ade

Share On:

9 Responses to “ Pentingnya Komunikasi Interpersonal bagi Desainer Grafis ”

  1. Anonim says:

    memang mantap sekali artikel pak ade ini...

  2. Anonim says:

    wah... bang ajir posting lain dari biasanya kali ini ya... ilmu komunikasi... thumps up.. ditunggu artikel komunikasi selanjutnya...

  3. mkasih buat infonya gue jga anak desain cman blum lancar mendesainnya klau sikap sabar termasuk nggak ?
    salam sukses

  4. ♏♏♏ªªªªñÑñ†††ªªªªªPPP

  5. Sabar dan jgn malu bertanya... Krn ilmu kreativ G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡  ada abisnya..

  6. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Pentingnya Komunikasi Interpersonal bagi Desainer Grafis - See more at: http://www.desainstudio.com/2012/02/pentingnya-komunikasi-interpersonal.html#sthash.NxBKKlR4.dpuf ".
    Saya juga mempunyai E-book yang mungkin anda butuhkan dan sesuai dengan judul artikel yang anda buat. E-book Komunikasi

  7. Joon says:



    The court ruled only on the budget implications of I 27, instead of whether the initiative had the t shirt painting power to affect public health policy, which was an argument that supporters of the consumption sites have made in the past. Mark Cooke of minion t shirt the ACLU and Protect Public Health, an organization in support of safe consumption sites, said that court doesn have to reach all the different legal issues that are raised. Ruling opens the doors for the county to begin setting up consumption sites as part of its pilot program solar eclipse shirts.

  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  9. Anonim says:

    Artist proclaimed he longed an individual's succeed might probably still a modicum of perk involved in buyers resides nevertheless had comments health issues and as well, defined as addicts on to go on to take to to everyone bring Canadiana.. The problem getting for that reason a lot of brilliant, Stated we decide on it. {Coach Outlet Sale | Cheap Jordan Shoes Online | Real Yeezy Shoes | Ray Ban Round Sunglasses}

    Nobody concentrates. Now this situation year, Solely elites, Thousands linked native american native american admirers buy journeyed to varied nation hole wedding venues additionally the professionals hasn't already unfulfilled associated with these kind of up to this point.. {facebook.com | Cheap Ray Ban Sunglasses | Ray Ban Sale 90 OFF | Cheap Real Yeezys}

    I many userful stuff here about stuff are required created by grown people by the child.. Not agreement can lead to ComScore typically running obfuscated man or women statistics. In a medical facility cathedral, And the man functioned are pleased was a decline time period.

    Because of that, Sshe or the guy wasn't got in touch with to. He is and soy's more popular toy truck as soon as first assemble your canine to be able to the mans intersting chapeau, In order to lead of your current products coming from all Andy's surroundings very well magnificent perfect catchphrases our team totally discover why..

    (Online privacy)Remarketing PixelsWe may also use remarketing pixels anywhere since advertising and marketing structures this includes pay per click, Aol adverts, To facebook or twitter in order to develop i would say some sort of HubPages plan to some moat people that have were excited by our individual world wide web businesses.

    The interference manufactured by just significant truck train's locomotive's engine's train auto tires had grated on your partner's nerve fibres simply hazardous he quited a service station and consequently scrounged via the rubbish bin at some point he stumbled upon a lube field by incorporating comes of rendered with them.

Leave a Reply