20101101 14

Logo Design Process : Mizan Bakery

in , , , , ,



Apa yang menarik dari mendesain sebuah logo? Jika saya boleh menjawab, yang paling menarik adalah : kemungkinan-kemungkinan yang berbeda-beda yang ditemui pada setiap projek. Proses pembuatan desain pada setiap projek tidaklah sama, sangat tergantung kepada klien dan bagaimana kondisi yang dihadapi desainer pada saat itu. Hal ini seperti misteri, susah ditebak dan menggairahkan. Salah satu contoh proses desain logo mungkin akan kita lihat pada artikel ini. Sebuah desain logo untuk usaha roti bernama Mizan Bakery, check it out!



Konsep

Seperti kebanyakan proses desain logo lainnya, saya memulai dengan berusaha mendapatkan sebanyak mungkin informasi melalui brief dengan klien. Selain itu, riset tambahan seperti melihat logo-logo usaha sejenis juga saya lakukan untuk bagaimana gambaran desain logo dalam industri ini.

Kesimpulan yg diambil melalui brief adalah :
-logo harus sederhana
-logo harus mudah terbaca
-logo merepresentasikan kelezatan dari roti
-logo harus eyecatching


Sketsa

Poin-poin diatas kemudian menjadi acuan saya dalam menuangkan gambaran visual kedalam bentuk sketsa. Beberapa alternatif sketsa pun dibuat. Sketsa sangat membantu saya dalam membentuk gambaran visual logo dalam waktu yang singkat. Buat kamu yang belum terbiasa mensketsa dalam membuat logo, bisa baca artikel berikut ini : Pentingnya Sketsa dalam Desain Grafis

Logo Design Process : Mizan Bakery

Dari beberapa alternatif sketsa diatas, saya memilih salah satu untuk dieksekusi menggunakan Adobe Illustrator.

Logo Design Process : Mizan Bakery


Pemilihan Font

Setelah final dengan pemilihan ikon dari logo Mizan Bakery, saya kemudian mulai memilih kombinasi font yang tepat untuk logo ini. Beberapa alternatif font yang saya rasa relevan dengan konsep logo pun ditampilkan untuk akhirnya memilih salah satu font yang paling sesuai. Dalam contoh proses desain logo kali ini, saya memilih Candy Script.

Logo Design Process : Mizan Bakery


Modifikasi Font

Agar logo tampil sesuai harapan, ada sedikit modifikasi yang saya lakukan pada font. Saya memiringkannya sedikit untuk memberikan kesan dinamis pada logo.

Logo Design Process : Mizan Bakery


Final Logo

Beginilah hasil akhir dari logo setelah melalui proses pemilihan warna. Warna yang digunakan kali ini adalah warna-warna yang lazim terdapat pada desain produk makanan yaitu merah dan kuning. Pemilihan warna juga dilakukan dengan melihat kontras dari warna-warna utama agar logo terlihat eyecatching. Logo juga bisa diaplikasikan kedalam format hitam dan putih untuk berbagai keperluan.

Logo Design Process : Mizan Bakery


Aplikasi pada Media

Berikut adalah penerapan logo Mizan Bakery dalam berbagai media :

Logo Design Process : Mizan Bakery

Logo Design Process : Mizan Bakery

Bagaimana menurut kamu desain logo diatas? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk memberikan gambaran dalam proses desain logo (setidaknya proses yang saya terapkan). Jika ada kritik dan saran, jangan ragu untuk disampaikan melalui kolom komentar. :)


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain terbaru dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

14 Responses to “ Logo Design Process : Mizan Bakery ”

  1. Mantap. Saya sama sekali ga bisa bikin logo, logo desaindigital aja jelek. Ga mungkin bisa bikin buat orang lain.

    Terima kasih sharingnya.

  2. Wah, inspiratif sekali.

    Usul saja. Secara saya juga pernah dikritik sama Pak Rustan yg ngarang buku Mendesain Logo itu.

    Kalo bisa yg ditracing lebih banyak lagi, jadi lebih ada pilihan.

  3. ajir says:

    @Jeprie: dengan sering berlatih, pasti bisa! :) Thanks bg!

    @Ahmad: Betul Mas. biasanya saya mmg tracing hampir semua konsep yg ad di sketsa. Desain logo ini jg ad sekitar 3 konsep yg ditracing, hanya saja tidak ditampilkan. Thanks Mas Ahmad atas usulnya. :)

  4. good... Looks simple dan eyecatching.. Apalagi ketika diaplikasikan ke berbagai media. Namun, saya pikir gambar 'roti' nya bisa dibuat lebih spesifik secara detail lagi mas, coz mirip logo 'mickey mouse' ketika sekilas dilihat.. Hehe..maap.. But nice work.. I like it..

  5. font nya keren nih, kayanya lagi senang pake font Candy Script e??

    yang remaja mesjid kemaren pake font ini juga kan??

    ngeri x bung marco sekarang mantap!!

  6. ajir says:

    @Roy Renaldo: Haha, mirip micky mouse ya? :D Thanks masukannya Roy, smoga kedepan bisa lebih baik lagi!

    @Ikaz: Hehe, ga juga, kebetulan aja..
    Thanks Martop dukungannya! :D

  7. selama ini saya bikin logo main bikin ajah..maklum deh otodidak...

    mungkin dengan ikutin step by step kayak dipostingan ini bisa lebih mempermudah :D

  8. ajir says:

    @bukan detikcom : Iya, proses menurut saya sangat penting dlm desain logo, agar tidak tersesat dan fokus pada konsep yg jelas.

  9. wah salah satu pelajaran lagi utk saya, karena biasanya ketika kita tidak membatasi pembuatan logo dengan point - point tertentu maka pikiran kita akan melayang - layan sehingga terkadang keluar dari lingkup yang harus di buat. thx buat info nya....

  10. ajir says:

    @Deathcode: Betul, dgn menetapkan keyword tertentu, kita bisa fokus kepada tujuan utama dari sebuah logo! keep work..

  11. Mungkin bisa ditambahkan pada langkah awal sebelum sketsa. yaitu desain briefnya. misalnya saja keyword, nuansa, dan karakter yang ingin dimunculkan. setelah sketsa juga bisa diberikan alternatif lain desain setengah matangnya. tapi saya sendiri kalo sudah cocok juga malas kasi alternatif hehehehe... :)
    Good job Bro..

  12. Bolehkah diberikan contoh brief desain? Hal-hal apa saja yang ada dalam brief desain untuk keperluan proyek desain? Mohon pencerahannya...thx

  13. ajir says:

    @adechriz: Proses dalam desain logo melibatkan cukup banyak hal. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk dituliskan disini. Thanks supportnya bro..

    @Parit sasongko: Contoh-contoh brief dan apa-apa saja pertanyaan yg perlu ditanyakan kepada klien mungkin lain kali akan diposting. Terima kasih mas sudah berkunjung.

Leave a Reply