20101104 55

Situs Kontes Desain : Setuju atau Tidak!?

in , ,

Situs kontes desain sekarang tumbuh semakin banyak di internet sebagai salah satu lahan bisnis baru yang cukup menjanjikan. Situs-situs ini menawarkan konsep yang sangat sederhana, yaitu mempertemukan klien dan desainer dalam bentuk sebuah kontes. Klien menggelar sebuah kontes, dan desainer mensubmit karya-karyanya. Situs kontes desain yang paling tenar sekarang adalah 99designs, Crowdspring, dan logotournament. Berbagai respon pun bermunculan dari komunitas desain di seluruh dunia. Ada yang pro, banyak juga yang kontra. Hingga timbul perdebatan sengit yang cukup menarik untuk disimak. :)
Thumbnail image



Pro dan Kontra

Pro dan kontra tentang desain kontes bermunculan. Pihak yang kontra mengatakan bahwa kontes desain hanyalah buang-buang waktu dalam bentuk spec work (kerja tanpa dibayar) dan menjatuhkan harga diri desainer. Selain itu, menurut mereka, kontes desain juga hanya melahirkan karya-karya yang umum dan bisa ditemukan dimana saja, tidak ada yang unik dan kreatif. Tidak jarang juga ada yang plagiat dan mengambil elemen-elemen clip art di situs vector tanpa dirubah sedikit pun. Desainer-desainer yang kontra dengan situs kontes desain biasanya adalah desainer senior yang sudah malang melintang dan punya banyak pengalaman.

Lantas bagaimana pendapat dari mereka yang pro? Mereka yang pro atau setuju dengan adanya situs kontes desain ini beranggapan bahwa kontes-kontes tersebut merupakan lahan bagus untuk mencari pengalaman dan mengasah keterampilan. Selain itu, situs kontes desain adalah tempat yang bagus untuk mendapatkan portofolio yang bagus juga, karena tidak jarang yang menggelar kontes di situs kompetisi desain adalah perusahaan-perusahaan berkualitas. Pihak yang pro juga berpendapat bahwa mereka bisa mendapat tempat memajang portofolio gratis di situs-situs tersebut guna memasarkan jasa mereka lebih luas, sembari tentunya mendapat bayaran yang cukup bagus jika memenangkan suatu kontes.

SpecWatch

Pro dan kontra mengenai situs kontes desain telah memunculkan perdebatan seru dan mungkin tanpa akhir di internet. Bahkan beberapa situs dibuat khusus untuk memberitakan mengenai fenomena spec work yang terjadi pada situs-situs kontes desain. Salah satu situs yang gencar menyuarakan anti spec work adalah SpecWatch. Disitusnya, Specwatch memberitakan mengenai karya-karya plagiat dan mengambil stock vector gratis dan memenangkan kontes di situs-situs kontes desain.






Nah, bagaimana pendapat kamu?

Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain terbaru dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

55 Responses to “ Situs Kontes Desain : Setuju atau Tidak!? ”

  1. Saya berencana menulis tentang ini namun masih belum sempat.

    Menurut saya, spec work sebaiknya dihindari. Kalau dengan alasan ingin portfolio, kita bisa buat gratis di deviantart dan behance. Portfolio seperti itu jauh lebih bagus dari 99designs.

    Kalau menurut saya, lebih baik bekerja pro bono, yaitu gratis tapi dengan tujuan bagus. Misalnya nulis tutorial gratis buat situs besar, bagi-bagi resource desain di situs, ini jauh lebih mudah dari pada spec work. Memang kita tidak mendapat uang tapi yang pasti kita memperoleh reputasi. Reputasi sifatnya jangka panjang. Dari reputasi yang kita bangun ini, kita mudah memperoleh klien. Ada banyak desainer yang saya tahu besar dengan cara ini.

    Menurut saya spec work adalah jalan bagi mereka yang putus asa.

  2. ajir says:

    @Jeprie: Hehe, bener jg bg! tapi IMHO, dari sisi lain, situs kontes desain cukup bagus untuk belajar. Krn untuk pemula, mendapatkan klien mgkn agak sedikit susah. Tapi tentu ada waktu dmn desainer harus berhenti dan mulai berkarir mencari projek yg nyata. :)

  3. yah gak papalah dek
    :D

  4. evan says:

    sorry nih beda dari yang lain. saya sih setuju2 aja. apa masalahnya coba kalau kita ikut toh buat skill kita nambah baik, produk besar juga banyak yang pake jasa ini. intinya sih kita hidup sebagai designer pengen terkenal , atau banyak duit. bisa aja kita terkenal tapi ga punya duit, soalya terlalu pilih2, mending kalau ada kesempatan kenapa ga kita coba..!

  5. ajir says:

    @Julie: Yalah..yalah.. :D

    @evan: Saya jg sependapat, tidak ada salahnya mengikuti kontes desain untuk mengasah keterampilan. Tapi tentu saja kita harus beranjak maju untuk mulai menggarap projek real yg tidak bersifat spekulatif. Thanks evan sudah sharing! :)

  6. saya setuju dengan kontes desain karena selain dapat di gunakan untuk melatih skill, kita juga dapat menambah pengetahuan kita dengan banyak melihat hasil karya orang lain. Karena ide dapat muncul dimana saja dan kapan saja (asalkan tidak berbuat curang dengan mencontek karya orang, saya rasa sah saja).

  7. ajir says:

    @Deathcode: Iya, pembelajaran mmg bisa didapatkan dgn mengikuti kontes2 semacam ini. Tapi ttp sportif dan orisinil dalam menciptakan karya, jgn hanya fokus ke duitnya aja.. :D

  8. Untuk memperoleh klien yang penting adalah kita memiliki portfolio bagus dan bisa diakses calon klien. Saya pribadi, daripada ikutan kontes dengan janji akan dibayar (spekulasi) lebih baik kerja gratis untuk satu pihak yang bisa dipercaya. Pihak ini bisa membantu nama kita dan memberikan referensi.

    Saya ambil satu contoh kasus. 99designs mengklaim sebagai tempat kumpulnya para desainer dengan harga terjangkau. Faktanya semua orang bisa daftar di sana, desainer atau bukan. David Airey pernah menemukan ada profil "desainer 99designs" yang di bawah umur. Dari sisi ini saja, klaim mereka sudah bohong. Maukah kita diafiliasikan dengan situs yang bereputasi pembohong?

    Mudah-mudahan saya punya waktu untuk bahas ini dalam artikel lengkap di DesainDigital.

  9. Sekadar berbagi pengalaman pribadi, bukti bahwa bagi-bagi resource gratis sangat membantu dalam branding personal kita. Hingga saat ini, saya memiliki pengunjung rutin dari link mockup produk apple gratis di wegraphics. Dari sana juga, saya memperoleh klien VandelayPremier.

    Saya juga memperoleh tawaran menulis tutorial dengan bayaran lumayan besar setelah menulis tutorial gratis di Richworks.

    Yang ingin saya tekankan, kita harus berpikir jangka panjang dengan membangun reputasi. Jangan sekadar mencari uang cepat saja walaupun dengan cara spekulasi. Membangun reputasi memang berat, butuh waktu dan konsistensi tapi hasilnya akan sepadan, kita akan dipandang sebagai professional bukan sekadar operator software.

    Just my 2 cents....

  10. ajir says:

    @Jeprie: Hmm, menarik bg! Tapi saya sendiri memiliki pemahaman yg berbeda mengenai hal ini. Sepertinya harus diperjelas mengenai batasan antara pemula dan profesional. Profesional tentu sudah punya cukup banyak portofolio yg cukup menjanjikan untuk mendapat projek baru. Tapi gimana dgn pemula? Saya kira ini adalah kesempatan yg cukup bagus utk mengasah kemampuan dan menciptakan portofolio nyata. Saya yakin, setiap desainer profesional pasti pernah bekerja gratis (tanpa dibayar) setidaknya untuk dirinya sendiri.

    Masalah reputasi saya kira kembali ke diri masing-masing. Seberapa jujurkah kita dalam berkarya? Saya kira tidak ada yang perduli apakah kita membangun portofolio melalui kontes desain atau tidak, yang terpenting adalah kualitas dan orisinalitas dari karya-karya tsb. :)

  11. @Ajir: Satu hal yang pasti, ga akan ada yang mau bertahan terus di spec work.

  12. ajir says:

    @Jeprie: Sepertinya iya! Biasanya desainer yang sudah punya kualitas bagus dgn sendirinya akan mundur dari kompetisi desain semacam ini. Tapi ada beberapa desainer yang betah "nyari duit" di situs kontes desain. Krn memang, menang satu kontes setiap bulannya saja, sudah cukup untuk biaya hidup di negara2 seperti Indonesia, India, dll. Saya ga tau gimana nasib mereka kedepannya. Krn spekulasi memang tidak menjanjikan!

  13. membangun reputasi bukanlah hal yang mudah dan perlu waktu. menurut saya mengikuti kontes desain oke2 saja. apalagi untuk desainer pemula seperti saya. ditambah masih banyaknya klien dalam negeri yang kurang teredukasi dalam menghargai sebuah karya.

    hal ini bisa disiasati dengan memilih kontes yang sehat. kita pilih kontes holder yang berkualitas, jenis kontes yang blind dan tidak berdasarkan besarnya hadiah saja. mengikuti kontes juga bisa mengasah kemampuan kita dalam memahami selera klien. baik melalui design brief-nya atau lewat revisi2 yang dilakukan.

    pelan-pelan kita tinggalkan kontes desain dan bisa melakukan personal branding sendiri. biasanya akan terjadi "klien lama bersemi kembali" yang berasal dari kontes desain. jika kita masih berat untuk bekerja tanpa dibayar, kita bisa melakukan personal project sesuai dengan idealsisme kita sendiri. dan itu bisa kita jadikan portfolio.

    satu lagi, kontes desain juga bisa jadi solusi bagi yang sedang BUDM (Butuh Uang Dengan Mepet). So, kenapa tidak?tapi juga jangan terlalu addictive..Bravo Desain Indonesia!

  14. Wah banyak nih yang berdiskusi, saya pro atau kontra ya?? hehe..

    pro aja lah, ya bagi pemula sah2 aja demi meliha persaingan di dunia desain, dengan begtu bisa mengasah kemampuan untuk lebih baik lagi.

    Sekalian bisa melihat banyaknya bagaimana cara kerja sebenarnya.

    Dari yang saya tau orang indonesia banyak yang menang ya?? bahkan pernah dengar kabar di logotournament yang ranking satu dalam paling banyak menang orang Indonesia.

    Nice aj buat postnya..

  15. Ada kasus-kasus spec work yang sebetulnya merugikan peserta dan sangat menguntungkan penyelanggara. Misalnya, saya pernah melihat kontes menulis dan kontes logo, dalam syaratnya disebutkan semua karya yang dikirimkan menjadi milik panitia.

    Seandainya berniat licik, bisa saja panitia tidak mengumumkan pemenang dengan alasan tidak ada entri bagus. Ini beberapa kali terjadi di 99designs. Logo atau tulisan bagus, karena sudah jadi miliknya bisa digunakan di projek lain.

    Kalau lihat ajakan kontes desain atau menulis, coba perhatikan syarat-syaratnya.

  16. lanjutkan kontes bajunya.
    alias setuju :D

  17. situs kontes blh jg lah gan :p hehehe, berarti yang penting designnya bagus ya

  18. arif says:

    Cobahlah melihat persoalan dari banyak sisi....Dominasi positif dan negatif pada setiap kaeadaan akan selalu ada. Yang perlu dicermati adalah sudut pandang kita. cobalah memperbesar ruang positif, agar setiap keadaan membawa kebaikan... kritik yang keras, tetap saja memberikan bekas yang positif dan negatif.Idialisme perlu dijaga, tapi tetap melihat sesuatu dari ruang yang berbeda. Selama kontes itu berjalan dengan baik, lanjutkan......bahkan yang terburukpun yang kita lakukan memberikan manfaat...sebaiknya berikan cara yang terbaik, agar desainer itu punya kemapanan dan kreatifitas tinggi
    arif..(http://www.desaingratis.in/)

  19. evan says:

    intinya sih kalau menurut Gwe, lw pda brani ga saingan dengan seluruh dunia, coba banyangin aja kalau kita menang, terus produknya produk terkenal, pasti akan kesebut nama kita. kalau kita cuma maen di local atau dari klien yang udah kenal ama kita, ga ada adrenalinnya, mending saingan dengan ratusan peserta, coba kalau menang, orang bule akan berkata " wah ternyata Indonesia bukan jago korupsi doank, banyak yang jago design juga", kalau Gwe menurut Gwe sih gtu, sorry kalaw lebay, intinya " BUKTIIN KALAU LW BUKAN JAGO KANDANG".. .

  20. Situs kontes lumayan buat nyari duit tambahan. Sedikit bekal bagi yang mau terjun ngontes, 250 Inspiring Logos PDF ebook free download.
    ----
    http://doldolipret.blogspot.com/2010/12/250-inspiring-logos-free-ebook.html
    ----

  21. LAN says:

    SITUS KONTES DESAIN:
    SETUJU ATAU TIDAK...?
    PRO ATAW KONTRA...?
    SUKA ATO NGGAK...?
    masing2 menjawab dgn opini dan pandangannya...
    yang jelas,jelas dong..perbedaan slalu ada..ga bsa dipungkiri dan dihindari...
    gimana ga pro dan kontra,klaw sudut pandang nya dalam menilai SITUS KONTES DESAIN itu pada beda2..yg jlas, jlas lagi mari kita ingat HIDUP SESUDAH MATI TITIK.

  22. assalamu'alaikum... trimakasih atas infonya ,saya freelance designer ,salam kenal semua.... kunjung juga ke

    http://pcudi.blogspot.com/

    ada banyak pengalaman saya bekerja membuat desain.

  23. Anonim says:

    Logo yang mirip bukan berarti selalu nyontek. Karena tidak mungkin kita mengetahui semua logo yang ada di dunia. Lagipula, emangnya orang yang mengaku designer profesional dan membuka jasa design sendiri tidak pernah mencontek logo yang sudah ada di dunia? Siapa di sini yang bisa menjamin???

  24. Anonim says:

    nah loh..yg pnya logo dtg!

  25. baik atau buruk itu tergantung kita masing2. kalo ada yang bilang kontes2 itu hanya berisi para amatir dan pemula, saksikanlah saya ikut kontes itu dan saya adalah desainer amatir. ringan saja, ga masalah...

  26. Anonim says:

    dari kontes ini sudah banyak yang terbantu. mahasiswa bayar spp sendiri. pengangguran jadi kerja. para dosen/guru ga perlu sambilan kasar. fakir miskin menjadi terbantu. banyak sisi positifnya. masalah jiplak dan tidak, emangnya ga ada apa biro desain/atau biro iklan yang plagiat???? hellooo...

  27. Profil 99designs: http://99designs.com/people/rgorg
    Silahkan cek, apakah karya2 saya jiplakan atau ori. Saya bs menang min.10 kali /bulan dan hidup layak dari situs ini.
    Ada klien atau agency yang mau mempekerjakan saya? Setara dengan penghasilan saya di 99designs, saya minta gaji Rp. 30juta :-)

  28. Anonim says:

    menurut saya ini sudah alur zaman....kita tidak mungkin membantahnya!
    specwork muncul bukan tanpa alasan. semua manusia punya hak memilih. siapa juga yg mampu bayar jasa konsultan design profesional yg fee nya gak karu2an hanya untuk sebuah logo? apalagi dia cuman perusahaan kecil yg baru mulai berjalan. come on...be realistic dude!
    so jawabanya simple aja...KITA LIHAT AJA SIAPA YG MAMPU BERTAHAN!!!
    apakah specwork yg akan punah atau malah para profesional designer yg mulai pada NGONTES?? untuk yg terakhir ini udah mulai banyak saya liat...banyak biro/profesional designer yg terjun ngontes juga pada akhirnya...
    well...inilah dunia.

  29. Anonim says:

    Semoga yang tidak setuju tetap bertahan untuk tidak setuju. Jangan malah nantinya ikut2an kontes begitu tahu ternyata banyak yg mendapat penghasilan dari situs kontes lebih besar dari gaji desainer umumnya di Indonesia :-)

    Mohon tetap konsisten untuk tidak setuju ya masbro :-)

  30. spec work adalah tempat orang saling beradu skill. kalo mau skill meningkat ya ikut aja.. kalo takut bersaing ya mundur aja.

  31. Anonim says:

    Yang menggelikan adalah, para kontestan yang ikut kontes design di anggap cuma mencari portofolio gratis. Aduhh,, prasangka nya kejauhan coy! emang sich ada CH yang kadang minta portofolio kita, tapi itu bukan hal pokok.
    Lagipula sudah jelas, kontes logo itu saingannya pada designer seluruh dunia. Jadi klo memang plagiat, pasti lebih mudah terungkap, dan akan dilaporkan ke admin. Lain halnya dg jasa design sendiri. Klo dia mencontek, siapa yg akan mengoreksi??

  32. Anonim says:

    inspirasi original VS select copi paste sedikit edit save as .ai .cdr .eps

  33. Anonim says:

    kalo menurutku malah bisa maju a. coz yg dilihan desainya bukan designernya.. jadi walaupun masih newbie kalo desainya bagus past menang

  34. klo menang trus, gpp.....
    ratio menang 10% j dah bagus...

  35. Anonim says:

    melu ora...

  36. Anonim says:

    gelem...

  37. Anonim says:

    wingi...

  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  39. saya 5 tahun kerja sebagai tukang desain di sebuah perusahaan entertainment dan advertising. Selama 5 tahun itu saya hanya mendapat sebuah sepeda motor s**ra-x 125 2006 yang dicicil selama 3 tahun yang membosankan. karena alasan ini saya resign karena sepeda motor saya hanya bertahan 3 bulan setelah bpkbnya didapatkan. Dengan adanya space work / kontes desain, saya mencoba menjadi salahsatu kontestan, dan dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan kondisi ekonomi saya saat itu menjadi jauh lebih baik bahkan mampu membeli sepeda motor baru, cash tanpa dicicil.
    kini sudah setahun saya mengikuti berbagi kontes desain. Jadi memang benar.... space work adalah lahan bagi desainer yang putus asa atas fee yang didapatkan ketika mengerjakan sebuah desain lokal. Sayapun menuliskannya di blog saya.

  40. yaaa yang masih idialis ikut kontes2 desain ya monggo kirim sebanyak-banyaknya desain anda... ntar suatu saat kalo karyanya gak kepakai juga kan jengkel2 sendiri...aduuh kasian banget rugi waktu, pikiran, kesehatan mata bisa nambah lagi minusnya hahaha.......lagian bagaimana bisa mengerjakan proyek desain tanpa bertemu langsung dan ngobrol dengan clien....perasaan dulu waktu kuliah desain dapet pelajaran tentang komunikasi dengan klien dan memperhatikan lifestyle dan bahasa tubuh clien itu membuat desain kita tepat sasaran....

  41. Menurut saya situs kontes desain, memberikan peluang bagi desainer yang mungkin bagus secara skill tapi lemah dalam cara mendapatkan klien. karena reputasi untuk menjadi desainer profesional dibangun bukan waktu yang sebentar, dan karena kebutuhan ekonomi tidak bisa ditunda, maka cara tercepat adalah dengan mengikuti kontes desain. dan ini pun cara membangun reputasi untuk menjadi desainer profesional nantinya. jaman memang sudah berubah, kita tidak bisa "mengkotakan" diri kita sebagai desainer yang profesional tanpa melihat realita yang terjadi saat ini. Ibaratnya, seorang musisi tidak bisa berkembang jika terlalu idealis dan menutup diri dari perkembangan industri yang saat ini pun didominasi oleh acara kontes-kontesan.

  42. For free psds exclusively on : http://www.grfxpro.com

  43. This is the information about the logo design and logo maker.
    This is very wonderful and good techniques to Contest Site Design. Thank you for sharing this information.

  44. 99designs tidak menarik lagi bagi CH dan desainer....banyak yang komplain dan membatalkan kontes....

  45. I totally agree with you. I read your article. Thanks for sharing such awesome article :)

  46. thank for share nice post that aware the mistakes of logo design.

  47. I love this post. This article is very informative. I learned a lot about IT. Thanks and This is completely amazing! I love your ideas. Keep up the good work.

  48. Thanks for giving such a valuable Information. You described each and every details. thank you so much.....

  49. This article is incredibly helpful on behalf of me.i am sure as shooting apply this idea as soon early.

  50. Hello! I agree with the design contest since it could be used to train the skills, we can also increase our knowledge with many seeing the work of others. Because ideas can occur anywhere and at any time. By the way great post. Thank you so much.

  51. love the post you wrote, very informative post, thanks for sharing.

  52. I agree with the design contest since it could be used to train the skills, we can also increase our knowledge with many seeing the work of others. Because ideas can occur anywhere and at any time (as long as it does not cheat by cheating people's work, I think it's fine).

  53. Awesome! Its a good or bad depends on us mashing. if there is a kontes2 says it only contains the amateurs and beginners, I watch the contest and I are amateur designers. mild, do not matter. By the way nice post. Thanks for sharing it.

  54. It is the basic information about the logo design. it's a very good idea about recognizable logo.
    Thank you for sharing information.

Leave a Reply