20091205 7

Menggunakan Layer Mask di Photoshop

in , , ,

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menggabungkan dua buah gambar adalah dengan menggunakan layer mask. Proses masking sendiri adalah suatu pembentukan objek dengan menghilangkan sebagian objek. ada berbagai cara masking yang bisa digunakan di photoshop, salah satunya adalah dengan menggunakan Layer mask pada layar.


Tutorial kali ini akan sedikit menjelaskan mengenai bagaimana cara mengaplikasikan layer mask untuk menggabungkan dua gambar terpisah menjadi satu gambar utuh dan terlihat realistis. sebagai contoh, kita akan coba membuat gambar lyra virna memar dengan mengambil bagian memar dari objek gambar lain. langsung aja bos... :D

STEP SATOE : masukkan gambar yang Lyra Virna ke layer (Ctrl + O)


STEP DUA : Masukkan gambar orang yang bagian matanya memar, seperti contoh dibawah ini. caranya, pada Menu Bar, klik File > Place > lalu browse gambar memar yang mau dimasukkan.


STEP TIGA : Pastikan layer "memar" dalam keadaan terpilih, lalu klik ikon Add Layer Mask pada layer palette, maka akan tercipta sebuah layer bantu pada layer memar dengan tampilan kotak berwarna putih.


STEP EMPAT : pilih layer kotak berwarna putih tsb lalu pilih Brush Tool (B), pada menu Option dibagian atas, atur besar kuas brush, Hardness (tingkat ketegasan kuas brush) dan opacity dari brush tersebut.

Selanjutnya, pastikan warna hitam sebagai warna forground. karna Hitam akan didefinisikan sebagai warna yang hilang (tidak tampak) dalam layer mask. Kemudian usapkan layer brush pada gambar memar untuk menghapus bagian yang tidak memar dan menyisakan bagian yang memar.Perbesar dan perkecil ukuran masing-2 opsi tersebut sesuai dengan keperluan pada objek. lakukan step tersebut hingga hanya objek bagian memar yang tersisa.




STEP LIMA : Posisikan objek memar ke bagian mata Lyra Virna dengan menekan Ctrl + T pada keyboard. bisa diperkecil atau diperbesar dan dirotasi (diputar) apabila diperlukan.


STEP ENAM : gunakan kembali brush tool (B) untuk menghapus memar yang melewati bagian wajah.


STEP TOEJOEH : Pada menu bar, pilih Image > Adjustment > Level (Ctrl + L) untuk menyesuaikan warna memar. pergelap objek memar dengan menggeser tanda panah hitam di ujung bagian kiri ke arah kanan.


dan hasilnya kira-kira akan seperti ini


Gila ne cewek..udah dihajar gitu masih senyum aja.. :D

Share On:

7 Responses to “ Menggunakan Layer Mask di Photoshop ”

  1. ganas editan sotoshop nya.....


    salam kenal dah....
    kunjungi balik yah....
    shell32.web.id

  2. wkwkwwk.. bg martop dasar KDRT..

  3. Teknik yang menarik untuk dicoba.Mantap..bisa manupulasi foto nih.trims kawan

  4. mantab bro....
    tapi kasian ceweknya, udah cakep jadi memar dech.
    tapi tetap salut...
    teruslah berkarya, agar bangsa indonesia makin maju....

    http://www.jagatdesain.com

  5. haahh!! bisa gitu yah? kirain beneran KDRT.... hebat..hebat...

  6. Hebat... hebat....
    tapi memar gitu, bola matanya masih bening ajah yah? but... it's ok! D:

  7. Keren editannya gan,,

    bagi yang berminat belajar desain grafis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/desain-grafis.html

Leave a Reply