20130403 18

Mengenal Sistem Identitas Visual

in , ,

Sistem Identitas Visual

Sistem Identitas Visual adalah suatu sistem komunikasi visual yang membentuk identitas dari suatu perusahaan, lembaga, maupun produk. Identitas Visual sering digunakan untuk membedakan suatu produk/jasa dengan produk/jasa dari pesaing sehingga costumer akan dengan mudah mengidentifikasi suatu merek hanya dengan melihat sebagian dari tampilan visualnya.


Kamu mungkin akan langsung mengenal merek yang diwakili gambar dibawah ini hanya dengan melihat style ilustrasi dan warnanya saja.

Sistem Identitas Visual

Yap! Itulah kekuatan dari sistem identitas visual yang diterapkan secara konsisten. Coca-cola merupakan salah satu merek yang sangat konsisten terhadap penerapan sistem identitas visual seperti warna, ilustrasi, dsb.


Secara umum, sistem identitas visual mencakup beberapa hal berikut :


01) Logo design

Sistem Identitas Visual

Logo adalah bagian terpenting dari rangkaian sistem identitas visual. Karena logo biasanya memiliki aspek unik dari segi bentuk yang membuatnya sangat mudah diidentifikasi oleh audiens.


02) Typography standards

Sistem Identitas Visual

Tipografi dan pemilihan jenis huruf (font) dapat membantu memperkuat suatu identitas selama penerapannya konsisten. Huruf mengkonversi bahasa verbal menjadi visual dalam berbagai media promosi maupun informasi.


03) Color palette

Sistem Identitas Visual

Penerapan warna yang konsisten juga menjadi factor kunci bagi keberhasilan suatu sistem identitas visual. Warna secara psikologis akan mempengaruhi ingatan audiens terhadap suatu entitas tertentu.


04) Photography/illustration style

Sistem Identitas Visual

Peran fotografi dan ilustrasi semakin kentara belakangan ini sebagai salah satu alat promosi paling ampuh. Pada sistem identitas visual, style fotografi dan ilustrasi digabungkan sedemikian rupa dengan visual lainnya untuk menghasilkan suatu 'rasa' dan kombinasi yang harmonis.


05) Visual guidelines

Sistem Identitas Visual

Guidelines / standard manual dibutuhkan sebagai acuan dasar penerapan identias visual dari suatu brand. Dalam Guidelines diatur detail-detail yang dibutuhkan ketika identitas visual hendak diaplikasikan.




Ajir
Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian. — email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio


Share On:

18 Responses to “ Mengenal Sistem Identitas Visual ”

  1. (y) semakin cair rakan tanyoe nyoe "seperti air mengalir" tidak pernah menuntut tetapi ikhlas :)

  2. ajir says:

    Terima kasih bg Tauris, semoga bermanfaat! :)

  3. mantep, back to branded.. nice!!

  4. amir says:

    Terima kasih telah menjadi cahaya dalam kegelapan!

  5. blog ini keren...
    Salam desain

  6. ajir says:

    Thank you all, semoga bermanfaat! :)

  7. nice share mas ajir.
    ko ganti lay lg mas, kerenan yg sebelumnya deh kayanya.

  8. ajir says:

    Thanks psdink, Iya, layout yg ini lebih sederhana, smoga lebih nyaman waktu dibaca. :)

  9. keren om ! bikin artikel yang ngebahas khusus point no 5 dong om :D

  10. Jadi prinsipnya ada di konsistensi penyajian produk, tentu label dan kemasannya juga ya. oya, maaf dik, mau nanya.. kalau software yang cocok untuk desain alternatifnya apaya? Trims & terus berkarya..

  11. ajir says:

    @vexeldesain : sip, masuk waiting list ya..
    @mawardi : betul mas, segala sesuatu yg berbentuk visual sebaiknya dibuat sistem identitas visualnya. Kalau untuk software, sebaiknya pakai aplikasi berbasis vector seperti Adobe Illustrator atau CorelDRAW. dan aplikasi berbasis raster seperti Adobe Photoshop (jika dibutuhkan).

  12. @ajir: Iya, trims info soal softwarenya. Tp maaf, mau nambah pertanyaan, hehe. Apa ada softwere yang lebih spesialis untuk desain kemasan? td sy coba googling tp cuman dapat TBS cb dl trialnya ternyata SW ini hanya untuk deain sampul buku, CD & kemasan box sja. Thanks Y

  13. ajir says:

    @Mawardi : Untuk desain kemasan, aplikasi yang saya sebutkan diatas udh cukup mumpuni kok mas, pada prinsipnya sama-saja.. kemasan atau bukan itu hanya media aplikasinya saja. :)

  14. deka says:

    artikelnya berbobot mas keren bgt, dtunggu postingannya... :D

Leave a Reply