20130325 28

Membuat Logo yang Colorful dengan Illustrator

in , ,

Pada kesempatan ini, kita akan membuat sebuah simbol abstrak yang colorful dengan Adobe Illustrator. Tutorial ini ditujukan untuk pemula yang ingin memahami cara memanfaatkan elemen-elemen dan tool dasar di Illustrator dan mengembangkannya.




Step 1

Buat sebuah lingkaran menggunakan Ellipse tool (L). Tekan dan tahan tombol Shift untuk membuat lingkaran dalam bentuk yang proporsional.

tutorial illustrator


Step 2

Aktifkan fitur Smart Guides (Ctrl+U), kemudian aktifkan Rotate tool (R) dan arahkan kursor pada titik kanan lingkaran, klik point tersebut saat tanda "anchor" muncul. Langkah tersebut digunakan untuk menentukan sumbu rotasi dari lingkaran.

tutorial illustrator


Step 3

Setelah sumbu ditentukan, tekan dan tahan tombol Alt dan Shift di keyboard lalu tarik lingkaran sedikit keatas. Tombol Alt berfungsi untuk menduplikat objek, sedangkan tombol Shift menahan duplikasi setiap 45°.

tutorial illustrator


Step 4

Setelah lingkaran dicopy pada angle 45°, tekan tombol Ctrl+D di keyboard sebanyak enam kali untuk mengulang rotasi.

tutorial illustrator


Step 5

Seleksi semua lingkaran hasil duplikasi, kemudian pada Pathfinder palette pilih Divide. Fitur divide digunakan untuk memotong setiap bagian objek yang bersebrangan dengan objek lain.

tutorial illustrator


Step 6

Seleksi potongan bagian-bagian seperti yang ditunjukkan gambar dibawah, kemudian tekan Delete di keyboard untuk menghapusnya.

tutorial illustrator


Step 7

Delete juga beberapa potongan dibagian luar.

tutorial illustrator


Sekarang kita sudah memiliki simbol yang terpisah kedalam beberapa potongan seperti gambar dibawah.

tutorial illustrator


Step 9

Sekarang kita akan menentukan warna untuk simbol yang akan kita buat. Buat 4 buah persegi menggunakan Rectangle tool (M) dan beri warna gradasi untuk tiap-tiap persegi seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.

tutorial illustrator


Step 10

Kita akan mulai mewarna simbol dengan warna yang telah kita buat, kamu tinggal klik pada potongan yang ingin diwarnai kemudian aktifkan Eyedropper tool (I) dan klik pada rectangle dengan warna yang ingin dipilih. Metode pewarnaannya sederhana, yaitu pengulangan. Bisa dilihat pada gambar dibawah.

tutorial illustrator

tutorial illustrator


Step 11

Aktifkan Gradient tool (G) lalu atur arah gradasi dari tiap-tiap potongan. Bagian paling luar berwarna terang sedangkan bagian yang mengarah ke sumbu berwarna gelap, lihat gambar dibawah.

tutorial illustrator


Hasil Akhir

Beginilah hasil akhir simbol yang colorful yang telah kita buat. Simbol ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, dari mulai elemen grafis sampai kepada logo.

tutorial illustrator
hasil akhir


Contoh penggunaan simbol sebagai logo :

tutorial illustrator logo
simbol sebagai logo

Terima kasih telah membaca artikel ini. Ini adalah salah satu teknik membuat sebuah simbol dengan memanfaatkan elemen-elemen dasar pada Adobe Illustrator, jika kamu punya tehnik lain yang ingin dibagi silahkan sampaikan dengan berkomentar. Semoga bermanfaat!





Ajir
Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian. — email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio


Share On:

28 Responses to “ Membuat Logo yang Colorful dengan Illustrator ”

  1. uapik mas.....tak praktikke...sayang leppy belum keinstal illustrator... ;-(

  2. bagus sih ... tapi masih susah buat pemula kaya saya @-)

  3. boleh jg,,

    AI sama CorelDraw agak beda2 dikit ya tapi agak sma jg,,,

  4. Terima kasih tutorialnya.

  5. terimakasih tutorialnya :)

  6. Keren Mas... thank Infonya

  7. Anonim says:

    Sulit untuk di praktikan pemula, terutama pada saat duplikasi lingkaran

  8. Gan masih kesulitan untuk mengatur warna gradient nih, gimana bisa mengatur warna gradient sesuai dengan kode warna diatas?

  9. gan mau nanyak ih kalau biar jadi logo savenya gimana? :3

  10. Tutorial yang bagus. terimakasih sangat membantu apalagi saya baru mandalami ilustrator.

  11. dahsyat gan !!! artikel nya ane salut..ane anak it tapi nggak gaul :D

  12. lebih simple pake illustrator daripada corel, apalagi gradasi warnanya

  13. bermanfaat sekali mas tutornya.. thanks

    sepatu safety

  14. Sedaaaaaaap, thanks mas sarjana

  15. Anonim says:

    mantap mas

  16. oya maaf OOT, mau nanya kalo bikin undangan dengan fasilitas Printmarge di AI ada gak ya, ditunggu jawabannya emailku abuaufa59@gmail.com

  17. Artikelnya bagus bro.. Thanks!

    Bagi yg tertarik contest design di 99designs, berikut video tutorial 99designs Indonesia full session. https://www.youtube.com/playlist?list=PLVT6pp7XKU-c1xYOeQvJ6dYjhtycgW2nu

  18. Gan itu makek illustrator versi berapa?

    bagi yang berminat belajar desain grafis bisa dilihat di istus berikut ini http://www.computer-course-center.com/desain-grafis.html

  19. Lunae salutistica accumènza ccu na bona finizioni, teacher di modu regulare e attrizzaturi restu, ci vole à esse finanzatu da sempri strana optimistic. Ghjè per quessa, ùn ci hè nunda chì pò trattinite, una persona chì hè pocu optimistic, ancu i fiaschi e ostaculi inveci essa cunsidaratu com'è una lezziò. Stu ottimisimu hè ancu bonu per a salute qnc jelly gamat

  20. Anonim says:

    Ada info bagus, buat teman2 yang punya produk digital bisa jual langsung di marketplace khusus produk digital pojoketalase.com

Leave a Reply