20130227 38

Kumpulan Tips dan Trik Photoshop yang (Mungkin) Kamu Belum Tahu

in ,



Sebagai aplikasi pengolah gambar bitmap paling populer, Photoshop menyimpan banyak sekali fitur-fitur yang mengesankan untuk mempercepat proses kerja para penggunanya. Beberapa trik menarik dibawah ini dapat membuat proses kerja kamu menjadi lebih efektif dan efisien. Selamat membaca :)




1) Auto Select

Auto-Select adalah sebuah fitur di Photoshop yang apabila diaktifkan, maka semua objek yang kamu klik akan otomatis terseleksi pada layer palette. Fitur ini juga dilengkapi oleh fitur Show-Transform Controls yang  akan menandai objek terpilih dengan bentuk transform standar yang bisa digunakan untuk memperbesar/kecil, merotasi, atau memudahkan untuk menggeser objek. Kedua fitur tersebut dapat ditemukan pada control bar (dibagian atas) jika Selection tool (V) diaktifkan.







2) Mengaktifkan Seleksi dari Layer

Untuk mengaktifkan (meload)seleksi dari layer tertentu, caranya sangat mudah. Cukup tekan dan tahan Ctrl di keyboard kemudian klik pada thumbnail dari layer yang ingin diaktifkan seleksinya.






3) Menyimpan Styles

Terkadang saat kita telah selesai membuat sekumpulan styles pada layer styles untuk sebuah layer, kita ingin menyimpan styles tersebut untuk dipakai pada layer-layer lain di dokumen yang berbeda. Untuk menyimpan styles, cukup double-click pada layer yang memiliki styles yang ingin disimpan, pada jendela pengaturan layer styles klik New Styles, kemudian berikan nama untuk styles baru tersebut. Maka otomatis Photoshop akan menyimpannya untuk dapat digunakan pada layer-layer yang lain. Untuk mengaktifkan atau menggunakan styles yang tersimpan, cukup buka Window > Styles dan klik pada styles yang diinginkan.



4) Effect Copy

Selain dapat disimpan dengan mudah seperti cara pada no.3, Layer styles juga dapat diduplikasi / dicopy dengan mudah ke layer lainnya. Cara umum yang digunakan adalah dengan klik kanan pada layer yang styles-nya ingin dicopy, kemudian pilih Copy Layer Styles. Lalu klik kanan pada layer dimana styles tersebut ingin diterapkan lalu pilih Paste Layer Styles.

Cara selanjutnya adalah dengan tekan dan tahan tombol Alt, kemudian drag effect dari satu layer ke layer lain. Cara ini cenderung lebih cepat jika kita ingin mengcopy styles hanya ke satu layer. Tapi jika ingin mengcopy styles ke banyak layer, cara pertama lebih direkomendasikan.



5) Convert Seleksi ke Path dan Shape

Adakalanya kita ingin menjadikan seleksi menjadi sebuah shape sehingga dapat mudah diedit, diperbesar, dsb. Untuk melakukannya, pertama load seleksi dari salah satu layer (seperti tips no.2) untuk dijadikan shape. Sementara seleksi aktif, buka Path palette (Window > Path) kemudian klik icon list di sudut kanan palette lalu pilih Make Work Path, maka akan muncul path baru bernama Work Path. Klik path tersebut lalu pada menu bar klik Edit > Define Costum Shape, akan muncul jendela baru untuk memberi nama costum shape yang akan kita buat, dalam hal ini, saya beri nama Spongebob, lalu klik ok. Sekarang kita sudah punya costum shape dengan nama Spongebob yang dapat kamu pilih dengan mengaktifkan Costum Shape Tool (U) di toolbox. Tinggal drag shape tersebut ke area, maka shape baru berbentuk spongebob yang editable akan muncul pada layar, mudah bukan!?



6) Expand / Collapse Groups

Kadang kita bekerja dengan banyak layer dan group di Photoshop, seringkali harus membuka dan menutup grup satu persatu dan hal ini cukup merepotkan. Namun kamu bisa mencoba trik yang satu ini : tekan dan tahan tombol Ctrl di keyboard lalu klik pada tanda panah kecil dibagian kiri Group palette. Langkah ini akan membuka (mengexpand) semua group, lakukan langkah yang sama untuk menutup semua group.



7) Clipping Mask

Clipping mask adalah suatu metode untuk membuat suatu layer dimasking sesuai dengan bentuk layer dibawahnya. Untuk dapat menerapkannya, cukup klik kanan layer yang ingin dimasking lalu pilih Create Clipping Mask atau kamu bisa menekan tombol Ctrl + Alt + G di keyboard.



8) Memperbesar / memperkecil Hardness dan Diameter Brush

Diameter (ukuran) dan Hardness (kepekatan) adalah dua elemen yang harus ditentukan untuk mengaplikasikan Brush tool di Photoshop. Ada langkah mudah untuk mengatur keduanya tanpa harus melakukan klik kanan dan menggeser nilai pengaturan. Caranya adalah dengan menekan dan tahan tombol Shift + Alt di keyboard kemudian drag Brush tool (B) ke kiri dan ke kanan untuk memperbesar ukuran brush, atau drag brush ke atas dan ke bawah untuk mengatur nilai hardness-nya.



9) Menampilkan / Menyembunyikan Layer

Mungkin semua sudah tahu bagaiman untuk Menampilkan / Menyembunyikan satu layer, yap! Cukup klik pada ikon bergambar mata pada layer tersebut. Tapi bagaimana caranya menyembunyikan semua layer? Caranya cukup mudah, tekan dan tahan tombol Alt di keyboard, lalu klik pada ikon mata pada salah satu layer. Langkah ini akan membuat semua layer disembunyikan kecuali layer yang ikon matanya diklik. Untuk menampilkan semua layer kembali, cukup tekan dan tahan tombol Alt, lalu klik sekali lagi pada ikon benggambar mata di layer tadi.



10) Mengatur Opacity dengan Cepat

Tips ini adalah favorit saya. Untuk dapat mengatur opacity dengan cepat, kita cukup klik layer yang ingin dirubah opacity-nya lalu tekan tombol angka di keyboard. Angka 0 mengacu pada opacity 100%, 1 = 10%, 2 = 20%, dst. Untuk mengatur opacity dengan nilai tertentu, misalnya 58%, cukup tekan tombol 5 kemudian 8 secara cepat.




Yup! Sekian tips dan trik singkat Photoshop kali ini. Jika kamu punya tips menarik lainnya untuk dibagikan ke pembaca, silahkan tuliskan melalui komentar. Artikel ini akan terus diupdate dengan tips-tips tambahan bermanfaat lainnya.

Jangan lupa ikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio untuk mendapatkan update terbaru berupa tips, informasi, dan tutorial seputar desain grafis!




Ajir
Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian. — email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio

Share On:

38 Responses to “ Kumpulan Tips dan Trik Photoshop yang (Mungkin) Kamu Belum Tahu ”

  1. 6, 8 dan 9 . . saya baru tau..
    hehe makasih sob.. infonya...
    sangat membantu...

  2. ajir says:

    Sama-sama Selaz, semoga bermanfaat! :)

  3. up tutorial tentang 3D gan,thx'z

  4. ajir says:

    InsyaAllah bro Iqbal, coming soon..

  5. Thanks banget gan infonya sangat bermanfaat (h)

  6. ajir says:

    Thanks Mas Yudhi

  7. aRa says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  8. Anonim says:

    (o) Thanks Bro!! Keep Posting and Sharing :))

  9. nice share tips photoshop, keep udpate mas bro.. numpang lewat dan mampir baca-baca artikelnya ya mas.

    salam desain grafis.

  10. terimakasih . info yang sangat bermanfaat . izin share yah :)

  11. trimakasih gan. keep posting

  12. thank's gan infonya..
    numpang promo ya bagi yang mau mendapat penghasilan dari internet gabung kesini aja
    www.10ribu.jadimilyarder.com/?id=d12k

  13. keren gan info'a jadi nambah ilmu nh di photoshop...
    kunjungi jg gan my perdana blog hehe
    http://munajatdesign.blogspot.com/

  14. s4m says:

    gmna mas cara'na nge'drag foto sama memberi warna pda layer,

  15. Blus says:

    terimakasih tutornya... bagus sekali

  16. Udah tau semua....hehehe. Tambahan bagi desainer Photoshop, coba untuk menghafalkan shortcut dari tools untuk mempercepat pekerjaan kita sehingga tidak perlu untuk menggeser mouse. Untuk shortcut yang sama tapi tools berbeda pindahnya tahan shift.
    Sorry kacau komennya, klo ga ngerti dipraktekkan dulu aja.

  17. thank's infonya om :D

  18. kren bgt thnx bg udh mau bg" ilmu yg mantep bgt,,,
    d tggu yg laen jg,,heheheh,,,

    ttd

    (pendatang baru)

  19. tu photoshop yg seri brp mas kok yg pny sy beda pnyk sy yg seri
    cs3,,
    tlng pnjlasanny,,
    makasih,,,!!

  20. Thanks banget gan infonya sangat bermanfaat.

  21. Anonim says:

    Bro.. Bikin template design baju gimana?
    Sama bikin efek 3D pada baju.. Gogogo this link :D

  22. Anonim says:

    Gan, ane pengen nanya nieh gan, ane ‘kan udah belajar ngeedit foto pakek software photoshop cs2 free. ane ‘kan belajar ngeedit secara otodidak gitu gan.

    berhubung ane ngefans ama nirina zubir, ya udah, ane edit aje fotonya nirina zubir jd waooow. klo menurut agan editan kayak gini jelek enggak sih gan???

    http://akudewek9.files.wordpress.com/2013/07/333-1.jpg

    http://akudewek9.files.wordpress.com/2013/07/333.jpg

    Terus kalo jelek, tolong benerin dunk gan. atao kaseh tau ane cara ngebenerin foto editan ane itu??
    gimana cara ngebenerinnya sih gan??!

    thanks gan sbelomnya ya!!

    ato kirim aje jawabannye ke email ane ini gan:
    raninurrani288@yahoo.com

  23. Anonim says:

    thats right :)

  24. gan gw kan iseng2 mo edit gambar senjata misalnya warna item gw ubah jadi batik
    masalahnya gw kagak tahu gimana carnya.bantu dong gan

  25. Wah setelah sekian lama mainan photoshop ternyata masih ada aja yang gue gak tahu, thanks buat tips dan triknya yaa~

    www.tipsgraphdesign.com

  26. trims mas karya infonya. sukses

  27. ALhamdullilah udah tau semua :)

  28. Makasih ya sob, jadi nambah ilmu :)

  29. Wah thanks.. sharenya.. sungguh bermanfaat.
    berikut saya share tutorial berupa video belajar website dan desain.
    Kursus Komputer di Denpasar

    Kursus Privat Komputer di Denpasar Bali

  30. Izin copast ya buat blog aku kak.
    www.febyluby.blogspot.com

Leave a Reply