20120904 17

Membuat Efek Teks Fabric Style di Photoshop

in ,

Fabric Style berarti efek bergaya fabric (kain), maksudnya ialah tulisan/teks yg seolah-olah melekat diatas tekstur kain. Disini saya mencoba membuat tutorial Effect Fabric Style pada teks, dengan cara yg mudah dimengerti tentunya. Namun sekali lagi, cara yang saya pakai tentu bukanlah satu-satunya, banyak tehnik lain yang dapat digunakan untuk membuat hasil yang sama. Selamat mencoba..






Sebelum memulai, ada baiknya pembaca mendownload pattern photoshop (.PAT) yg bakal saya gunakan pada tutorial berikut ini, saya asumsikan pembaca sekalian sudah mengerti bagaimana cara instalasi pattern pada photoshop.





Step 1
Buat halaman baru berukuran 1024px x 602px, dan resolusi 300dpi.



Step 2
Buat layer baru : Layer > New > Layer (Shift+Ctrl+N), lalu isi layer tersebut dengan warna hitam, beri penamaan layer dengan Fabric Background.



Step 3
Double click pada layer Fabric Background (Layer > Layer Style > Pattern Overlay) pilih pattern yang terlihat pada gambar, dan atur scale nya menjadi 128%.




Step 4
Masih pada layer style, pilih pada Color Overlay kemudian ubah Blend Mode nya dengan Soft light dan ganti warnanya dengan kode #20aee3.



Step 5
Selanjutnya buat teks dengan tulisan Desain Studio, buat satu kata dalam satu layer, gunakan font bergaya Script.



Step 6
Untuk langkah selanjutnya, efek-efek yang digunakan semua berada di Layer Style, jadi jgn langsung tekan Ok, dan ikuti poin-poin nya sesuai gambar dibawah.











Step 7
Setelah semua efek di layer style dibuat pada teks Desain, lakukan hal yang sama pada layer teks Studio, caranya klik pada layer Desain lalu klik kanan Copy Layer Style, beralih ke layer Studio, klik kanan pada layer Studio Paste Layer Style.




Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah..



Step 8
Kembali ke Layer Desain, tekan Ctrl+J pada Keyboard sehingga terbentuk Layer Desain Copy, geser posisi Layer Desain sedikit kebawah Layer Desain copy, lihat gambar dibawah. Kemudian lakukan hal yang sama pada layer Studio, Untuk hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar dibawah.





Hasil Akhir
Hasil teks efek yang telah dibuat masih bisa diganti-ganti dengan font sesuai selera. So, bagaimana, mudah bukan ? semoga bermanfaat buat semuanya. :)





Tentang Penulis
Jun — Desainer grafis dan illustrator. Percaya bahwa desain grafis berperan merubah dunia ke arah yang lebih baik. Bercita-cita mendirikan sebuah agency desain grafis bertaraf internasional.
email : jun27travolta[at]gmail.com | Facebook : Herjuna Juntravolta | all post by Jun

Share On:

17 Responses to “ Membuat Efek Teks Fabric Style di Photoshop ”

  1. Anonim says:

    Keren tutorialsnya..

    Thanks udah sharing!!

  2. aG says:

    Tutorialnya keren!

  3. photoshopnya versi berapa, saya CS 3, gg ada pattern kaya bgtu,
    nice tutorial

  4. Jun says:

    thnks, bagi yg udah komment....saya pake Photoshop seri CS5

  5. i like this post.. tutorial nya keren.
    tutorial photoshop

  6. Anonim says:

    cara ngasih efek jahitan gmana gan?
    yang atas dan bawah tulisan desain studio

  7. Jun says:

    pada prinsipnya sama aja, gunakan efect layer style, seperti bevel and embos, atau gunakan brush Stitch, coba aja search di Google, download brush Stitch, banyak tuh yang ngasih secara gratis... :)

  8. Anonim says:

    alangkah indahnya apabila ada PSD dan bisa di download u/ belajar hehehe

  9. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

  10. Anonim says:

    saya pake yg CS6 ko gk ada pattern kaya gitu

  11. Anonim says:

    patternnya uudah didownload gk ada yg kaya gitu

  12. Penulis, artikel, n blognya eman T.O.P dah..!! :d

  13. makasih tutorialnya

  14. Terimakasih Tutorialnya

  15. hmm patternya nyomot dimana yo gaan??

  16. mantap brooww
    ciyp dahhh

Leave a Reply