20120605 22

Membuat Efek Teks 3D dengan Photoshop

in




Kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya membuat efek teks tiga dimensi (3D) dengan menggunakan Photoshop. Tutorial ini sangat sederhana dan mudah dipahami. Fokus dasar tutorial adalah memahami bagaimana membuat bentuk tiga dimensi menggunakan penggabungan dari beberapa layer, serta bagaimana cara memberi kedalaman pada teks dengan pemberian warna dan shadow.





Lets get started!


Step 1
Buat dokumen baru di Photoshop (Ctrl+N) dengan pengaturan seperti gambar dibawah.



Step 2
Bikin Teks menggunakan Text tool (T).



Step 3
Klik layer Teks di layer palette, kemudian tekan tombol Ctrl+T (Transform tool) di keyboard. Klik kanan pada teks kemudian pilih Distort. Dengan menggunakan mode transform Distort, buat teks kedalam bentuk perspektif seperti gambar dibawah.



Step 4
Klik layer teks di layer palette kemudian tekan tombol Ctrl+J untuk menduplikasi layer teks. Posisikan layer teks hasil kopian sedikit keatas (drag sambil tahan tombol Shift). Untuk mempermudah pemahaman tutorial, ganti nama kedua layer tersebut dengan nama 'DESAIN STUDIO_bawah' (untuk layer teks bagian bawah) dan 'DESAIN STUDIO_atas' (untuk layer teks bagian atas).



Step 5
Duplikasi kedua layer teks tersebut dan posisikan seperti gambar dibawah. Kemudian klik ikon mata pada layer 'DESAIN STUDIO_atas' dan layer 'DESAIN STUDIO_bawah' untuk menyembunyikannya sementara.



Step 6
Langkah selanjutnya adalah menduplikasi 'DESAIN STUDIO_bawah copy' sebanyak 70 kali. Caranya, klik layer 'DESAIN STUDIO_bawah copy' di layer palette, kemudian tekan tombol Ctrl+J sebanyak 70 kali.



Step 7
Di layer palette, klik pada layer 'DESAIN STUDIO_atas copy', kemudian scroll-down kebawah, tahan tombol Shift dan klik pada layer 'DESAIN STUDIO_bawah copy'. Sekarang semua layer dari 'DESAIN STUDIO_atas copy' sampai layer 'DESAIN STUDIO_bawah copy' sudah terseleksi. Klik kanan lalu pilih Link layers. Sekarang layer-layer tsb telah diberi tanda rantai yang artinya saling nge-link satu sama lain.



Step 8
Klik pada layer 'DESAIN STUDIO_atas copy' di layer palette kemudian aktifkan Select tool (V). Dibagian Align di Control Bar, klik pada ikon Distribute Horizontal Center dan Distribute Vertical Center (lihat gambar). Langkah ini untuk mengatur distribusi hasil kopian-kopian tadi agar membentuk sebuah shape 3d yang sesuai.



Step 9
Selanjutnya, seleksi semua layer dari layer 'DESAIN STUDIO_atas copy' sampai layer 'DESAIN STUDIO_bawah copy' lalu tekan tombol Ctrl+E di keyboard untuk menggabungkan layer-layer tadi menjadi satu layer (merged). Saya mengganti nama layer hasil penggabungan tadi dengan nama 'DESAIN STUDIO (merged)'.



Step 10
Tampilkan kembali layer 'DESAIN STUDIO_atas', klik ganda layer tsb untuk membuka jendela Layer Styles. Pada bagian Gradient Overlay, beri settingan seperti gambar dibawah dan beri warna gradient dengan warna #90591d dan #ecab65. Jika sudah klik OK untuk menutup Layer Styles.



Hasilnya..



Step 11
Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Ctrl kemudian klik pada thumbnail layer 'DESAIN STUDIO_(merged)' untuk mengambil seleksi dari layer tersebut. Sementara seleksi aktif, buat layer baru diatasnya (klik ikon New Layer) dan fill dengan warna #90591d. Ganti nama leyer menjadi 'warna'.



Step 12
Double-click layer 'warna' untuk membuka jendela Layer styles. Pada bagian Gradient Overlay, beri warna gradasi dari warna #e0e0e0, #4a5154, #e0e0e0, dan #020202. Dan atur settingannya seperti gambar dibawah.



Hasilnya..



Step 13
Klik pada layer 'background' dan fill dengan warna #90591d. Double-click layer 'background' untuk membuka Layer Styles. Dan pada bagian Gradient Overlay, atur settingannya seperti gambar dibawah.



Step 14
Tampilkan dan klik layer 'DESAIN STUDIO_bawah', kemudian pada Menu bar pilih Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur settingan Gaussian Blur seperti gambar dibawah. Langkah ini dimaksudkan untuk menjadikan layer 'DESAIN STUDIO_bawah' sebagai shadow. Jika sudah, ubah Blending Mode layer 'DESAIN STUDIO_bawah' di layer palette menjadi Multiply dan Opacitynya menjadi 80%.



Step 15
Gunakan Select tool (V) untuk menggeser sedikit layer 'DESAIN STUDIO_bawah' seperti gambar dibawah.



Step 16
Selanjutnya, klik layer 'DESAIN STUDIO_bawah' dan tekan tombol Ctrl+J untuk membuat duplikasinya. Sekarang geser hasil duplikasi tersebut ('DESAIN STUDIO_bawah copy') sedikit ke kiri dan ubah Opacitynya menjadi 20% (lihat gambar).



Step 17
Seleksi semua layer (kecuali layer 'background') di layer palette kemudian tekan tombol Ctrl+E di keyboard untuk menggabungkannya. Hasil penggabungan tsb saya beri nama dengan 'DESAIN STUDIO 3D TEXT'.



Step 18
Duplikasi layer 'DESAIN STUDIO 3D TEXT'. Kemudian klik pada layer 'DESAIN STUDIO 3D TEXT copy' (hasil duplikasi) dan ubah Blending Modenya menjadi Hard Light, lalu pada Menu bar pilih Filter > Other > High Pass. Beri nilai 1,0 pada bagian Radius lalu klik OK.



HASIL AKHIR


Inilah efek teks 3D di tutorial kali ini. Semoga banyak tips dan tehnik bermanfaat yang bisa kamu pelajari disini. Tutorial ini ditujukan sebagai bahan pembelajaran, artinya kamu bisa berimprovisasi membuat efek teks 3D yang lebih menarik berdasarkan dari tutorial ini. Selamat mencoba! :)




Ikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio untuk mendapatkan update terbaru berupa tips, informasi, dan tutorial seputar desain grafis!

Share On:

22 Responses to “ Membuat Efek Teks 3D dengan Photoshop ”

  1. Makasih banyak atas tutornya Bro..............

  2. Ane jadi lebih pinter dalam mendalami Photoshop. Thanks Gan.

    Kunjungi blog Ane: http://khairulumamalbanjari.blogspot.com/
    Blog desainer.

  3. Anonim says:

    kok pas mu pilih distort g bs diklik mas?

  4. Terima kasih, Mas. Menarik sekali. Saya kira ada yang khusus eh tenryata seperti yang pernah saya bayangkan yaitu menduplikasi banyak-banyak. Eh tak terkira sampai 70 kali. Banyak sekali :)

    Saya numpang promosi, ya?

    http://desaininkscape.wordpress.com

    Semoga ini berguna.

  5. Anonim says:

    ijin nyimak gan...

  6. Anonim says:

    Mantaf Gan... jeconiah_r@yahoo.com

  7. Anonim says:

    Permisi bang saya mau nanya nih, kok pas teksnya di klik trs tekan Ctrl + T trus kan di teksnya klik kanan lalu klik distort, nah saya kok distortnya ga bisa di klik?

  8. Anonim says:

    Top Gan... \( ^o^)/ Thanks....

  9. Eza says:

    Coba Ah.......
    thanks Tuto nya..........
    http://ezastudio31.blogspot.com

  10. PERTANYAAN YG SAMA KY DIATAS,
    KENAPA DISORT GA BISA DI KLIK..?? :(

  11. biar bisa di distort layernya dirasterized dulu bro

  12. Andi says:

    bermamfaat gan

    andidesain.blogspot.com

  13. mantap gan... jadi nambah koleksi ilmu.. hehe

    like ya gan page ane di fb
    http://www.facebook.com/belajardesaingrafisdasar

  14. wah keren nih....nyoba ah....

  15. Wah bro, keren nih skrg lg musim di Kaos 3D nya, makasih ilmunya mas bro.

  16. woww keren sekali
    mantaap

  17. Semoga bisa selalu menjadi panduan kebaikan bagi kita semua :) Berani Hijrah Aamiin.

Leave a Reply