20120216 14

Wawancara dengan Masdimboy

in ,


Di wawancara kali ini, Desain Studio berkesempatan berbincang-bincang dengan seorang komikus yang gokil, Masdimboy! Masdimboy biasa membuat komik strip yang diupload secara berkala di fan page miliknya. Komik-komik strip Masdimboy memang kental dengan banyolan dan ide-ide lucu yang lain daripada yang lain. Divisualisasikan dengan komposisi yang pas dan sederhana. Silahkan menyimak wawancara Desain Studio dengan Masdimboy berikut ini :D


Hai Masdimboy, panggilnya apa nih : Mas, Dim, atau Boy? :D Pertama-tama, bisa cerita sedikit ke pembaca siapa sebenarnya masdimboy ini? Latar belakangnya, pekerjaan, sama kesehariannya gimana?

halo.. semua boleh.. panggil boy aja, soalnya nama masdimboy itu doa biar kaya karakter film favorit saya, si mas boy, yang taat beribadah dan tajir.. amieen.
oke, saya adalah lulusan senirupa ITB. mmm sekarang bekerja di Aksara Bookstore sebagai desainer grafisnya. Berkeseharian sama seperti manusia normal dan tentunya ngomikstrip… :D


Gimana ceritanya bisa terjun ke dunia komik strip?

mau saya ceritain dari saya lahir atau dari saya mulai bikin komikstrip nih? dari pertama saya bikin komikstrip aja kali ya, biar lebih singkat.. hehehe..

naaah, jadi dulu itu waktu saya masih kuliah, saya kan lagi kuliah teori nih, yang namanya kuliah teori pasti banyak yang bosenan tuh, ternyata yang namanya kuliahnya anak senirupa (yang mana kuliahnya tentang gambar, dan pas jenuh pun ngelepas kepenatannya pake gambar juga) pas perkuliahan materi banyak yang suka doodling (gambar-gambar iseng kaya kalo kita suka corat-coret ga makna), dari sutu saya inisiatif buat bawa kertas A4 saya bagi 2 trus saya bagi-bagiin ke temen-temen sekelas saya. selesai kuliah semua kertas saya kumpulin dan saya bukuin, yang mana ternyata banyak dari mereka bikin komikstrip. saya jual-jualin di kampus dan sekitarnya, ternyata responnya sangat baik, dari situlah saya suka bikin komikstrip dan keterusan sampe sekarang. :)


Biasa kalo ngomik, inspirasinya dari mana mas? Saya liat idenya ada terus, fresh dan lucu-lucu lagi..

inspirasi ga usah dicari ada sendiri kok, biasanya dapet ketika lagi bercanda-canda, ngubral-ngobrol, bahkan tegur sapa sama orang-orang di sekeliling saya, biasanya asal nyeplos kan tuh, naaah kadang kalo saya rasa itu bagus buat di visualisasiin saya catet dulu di HP saya yang mana kalo ga sempet langsung dikomikkin bisa nanti-nanti pas saya lagi buntu ide dan pengen berkarya. bahkan ga cuma itu, kadang kalo pas nonton TV, atau bahkan di meeting yang terlalu serius dan membosankan malah lebih cepet memicu ide-ide nakal saya yang akhirnya bisa buat nambahin daftar tunggu ide komikstrip untuk dibuat nantinya.


Ada tokoh yang jadi influence ga yang mempengaruhi mas dalam membuat karya?

banyak banget tokoh inspiratif yang berpengaruh buat saya, tapi tokoh yang paling besar pengaruhnya buat saya adalah ibu saya sendiri. dari saya kecil, ibu saya udah beliin saya komik. dan sampai sebelum almarhumah wafat pun beliau senang baca komikstrip-komikstrip saya. saya senang sekali kalau bisa melihat ibu saya bahagia, maka dari itu saya terus berkarya, apapun ga cuma komikstrip selama itu bisa menghibur orang-orang yang liatnya. karena pesan ibu saya: "tebarkan lah kebahagiaan untuk dunia"

Bisa cerita sedikit mas proses membuat komik itu kayak apa?

prosesmembuat komik pada umumnya atau spesifik komikstrip nih? komikstrip aja yak, karena saya lebih akrab sama dia, walopun kadang suka brantem, tapi brantem kadang adalah bumbu penyedap sebuah hubungan *lah?

proses kreatif berkarya setiap orang itu berbeda-beda, juga dalam membuat komiktrip, kalau saya pribadi biasanya dimulai dari ide kreatif yang bisa didapet ga sengaja maupun sengaja seperti yang saya ceritakan di dua pertanyaan sebelum ini.
TERINSPIRASI - CATAT (kadang kalau ga kita catat, ide yang kita dapet akan mudah terlupakan pas mau digambar) - SKETSA (bisa di dalam kepala atau bahkan corat-coret di kertas) - GAMBAR - NAMPANG (bukan sombong yah, tapi nampang dalam hal ini adalah membagi karya kita untuk mendapat respon dan masukan dari orang sekitar kita, dan kritik saran itu sangat bagus untuk menaikan kualitas karya kita) - SELESAI.


Saya liat, respon dari pembaca komiknya mas sangat baik. Malah banyak yang minta kalau komiknya dibukukan. Sudah ada rencana untuk kesana mas?

Puji Tuhan dan Alhamdulillah, untuk dibukuin pasti ada, bahkan jangankan buku, kalo perlu dan mampu tembok cina saya isi pake komikstrip saya semua *lebay.... yaah.. namanya manusia yak.. kita yang berencana, Tuhan yang menentukan, hehehe

saya pengennya sih nerbitin komik ini Indie, yang artinya ga mau ada ikut campur tangan editor kaya di penerbit pada umumnya. jadi bikin sendiri isinya, bikin sendiri kover nya, produksi sendiri nyetaknya (yang nyetakin sih tukang cetak dan mesinnya yak, bukan saya sendirian), promo sendiri (kalo ada yang bantu lebih baik bagian yang ini), dan jual sendiri (nah part jual ini boleh sih kalo ada yang mau bantu ngabisin barang dagangan)


Harapan pribadinya masdim dari komik-komik yang sudah dibuat apa sih? (Selain menghibur tentunya)

kalo harapan buat saya sendiri adalah biar saya bisa ngembangin lagi kualitas komik saya, ga muluk-muluk sih tapi cita-cita lebih bagus lagi kalo saya bisa tembus skala internasional (amieen), oiya dan semoga dengan komikstrip saya, saya bisa jadiin salah satu sumber mata pencarian saya dalam mencari sesuap nasi dan sebongkah berlian :p

untuk yang baca, selain mudah-mudahan terhibur, semoga bisa menginspirasi juga, kali aja banyak yang mau ikut berkarya juga, kan bagus tuh kalau makin banyak yang suka ngomik, apalagi yang menghibur, jadi orang-orang yang baca banyak yang ga stress, dan makin banyak orang ga stress dunia ini semakin indah dan menyenangkan, ya nggak sih? kalo nggak ya ga papa juga, namanya juga harapan pribadi saya jadi terserah saya kaaan :D



Terakhir, adakah pesan dan saran yang bisa dibagikan untuk pembaca Desain Studio?

saran apa ya? saran burung walet, mau? *itu saraaaaaaaangggg…

yaah, selagi kita muda dan masih punya kemampuan untuk berkarya, syukurilah semua nikmatNya dengan berkarya apapun bentuknya, bercita-citalah lebih tinggi dari langit, karena diatas langit masih ada langit, dan diatasnya langit yang diatasnya langit tadi, masih ada langit lagi.. lakukan semuanya dengan senang hati, karena niscaya apapun yang dilakukan dengan niatan baik serta hati yang ikhlas dan senang hasilnya akan baik dan menyenangkan pula.
oh, dan jangan lupa harus up to date dengan perkembangan teknologi dan berita, penting tuh, biar aktuil dan ga kuper. sedappp…


Terima kasih masdimboy sudah bersedia meluangkan waktu menginspirasi kita semua. Sukses terus untuk masdim dan komik-komiknya! :)

terimakasih kembali Desain Studio.. semoga semakin handal yaaah…
oiyah, kembaliannya ambil aja.. :D



Buat yang ingin baca-baca komik strip lain buatan Masdimboy, bisa langsung ke fan pagenya Masdimboy atau follow Masdimboy di Twitter.

Bagaimana pendapat kamu tentang komik-komik dari komikus kocak yang satu ini? :D

Share On:

14 Responses to “ Wawancara dengan Masdimboy ”

  1. inspirator dan motivator ane.. mantap DS!!

  2. haha,,sering baca komiknya,,menghibur banget,,, sukses buat mas dimboy...

  3. abenk182 says:

    wah keren, ngefans boleh gak?

  4. komiknya Masdimboy bikin ngakakk

    wkwkwkwkwk

  5. komiknya mantep-mantep...
    demen gw.. :)

  6. hahaaa..keren komiknya..gw suka..dulu sempet ngomik juga..tp hadeuh royalti dari penerbit paraahh..buat mas dimboy..GO INDIE mas..didukung orang banyak ni..gw pasti beli komiknya kalo nemu2 di kebon binatang atau di warteg2 hehee..maksudnya ni komik mesti ada dimana-mana mas..soalnya keren!!..gw kalo diajak jualannya juga hayoh..:D
    thanks desain studio atas sharenya!

  7. ahhahahaa..komiknya gokilll

  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  9. Anonim says:

    suka

  10. wekeke
    ngakak banget baca komik strip masdimboy :D

  11. Buwahahaha...barusan langsung praktek. PLAKKKK....

Leave a Reply