20110702 11

Membuat Efek Teks Transparan dengan Adobe Illustrator

in ,

Pada tutorial kali ini, kita akan mengenal beberapa fungsi dasar di Adobe Illustrator melalui contoh kasus sederhana, yaitu membuat efek teks transparan. Banyak diantara fungsi-fungsi yang diterapkan ini nantinya akan rutin muncul dalam keseharian kita menggunakan Illustrator. Selain sebagai bahan pembelajaran, tutorial ini juga diharapkan dapat dikembangkan dalam bentuk berbagai karya yang lain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!




Step 1


Buat Document baru dengan nama "transparant". Atur settingan pada dokumen seperti gambar dibawah ini.




Step 2

Buat teks "TRANSPARANT", Saya menggunakan jenis huruf Myriad Pro Reguler. Kemudian klik Object > Expand. Klik kanan teks tersebut dan pilih Ungroup, sehingga teks terbagi menjadi beberapa elemen yang terpisah-pisah.



Step 3

Klik huruf T kemudian pilih gradasi warna Fade to Black dan ubah dengan warna hijau (terlihat seperti gambar dibawah). Jangan lupa ubah Angle nya menjadi 90 derajat dan turunkan Opacitynya menjadi 75 %. Lakukan hal yang sama pada huruf-huruf selanjutnya, dan ubah warna sesuai selera. Selanjutnya, rapatkan jarak antar huruf, sehingga tampak seperti illustrasi dibawah.


Step 4

Seleksi semua huruf, kemudian klik kanan dan pilih Group (Ctrl G), lalu tarik kebawah sambil menekan tombol Shift + Alt untuk menduplikasi huruf tersebut.


Step 5

Dengan huruf-huruf hasil duplikasi masih terseleksi, Tekan tombol O di keyboard, tarik keatas huruf tersebut sambil menekan tombol Shift, sehingga tampak seperti gambar diatas. Kemudian rapatkan posisi teks bagian atas dengan yang dibawah.


Step 6

Selanjutnya, pada Transparancy palette klik Options di pojok kanan dan pilih Make Opacity Mask. Pastikan thumbnail Opacity Mask dalam keadaan aktif dan hilangkan tanda Conteng pada bagian Clip.


Step 7

Buat sebuah kotak menutupi teks dengan Retangle Tool (M), lalu pilih Gradient tool (G) dan pilih warna Fade to Black, atur angle dan posisinya seperti gambar dibawah.


Step 8

Aktifkan kembali thumbnail teks "Transparant".


Step 9

Buat kotak seukuran Artboard sebagai background, dan atur warnanya seperti gambar dibawah.


Step 10

Seleksi huruf "Transparant" bagian atas, klik Eff ect > Stylize > Drop Shadow. Ubah Mode-nya dengan Normal dan pilih warna putih, turunkan Opacitynya menjadi 50%, Y dan X O ffset 0 cm, dan Blur 0,2 cm.


Hasil Akhir


tentang penulis

Jun
Desainer grafis dan illustrator. Percaya bahwa desain grafis berperan merubah dunia ke arah yang lebih baik. Bercita-cita mendirikan sebuah agency desain grafis bertaraf internasional.
email : jun27travolta[at]gmail.com | facebook : Herjuna Juntravolta
view all post by Jun


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

11 Responses to “ Membuat Efek Teks Transparan dengan Adobe Illustrator ”

  1. Anonim says:

    mantap bg jun.....

  2. aying says:

    nice.,cma trllu simple mnrut gw sich.

  3. Jun says:

    @Anonim...thanks....^_^

    @aying...makasih...lain kali saya coba buat yang rumit....^_^

  4. K_W says:

    mantap bang,,, tutorial sederhana tapi berkelas :D

    @ aying : sok pinter lu,,mana tutorial lu??...wkwk

  5. oyn says:

    eh nanya dnk, kmrn saya bikin botol pake effect 3dnya illustrator, tapi pas saya export ke JPEG/PNG/TiFF/ PDF efek transparannya ga mau muncul. flat gitu jadinya. kenapa ya? T_T

  6. Jun says:

    @oyn...mungkin bisa dikarenakan saat melakukan effect gradasi warnanya terlalu tipis....bisa lebih agak ditebalkan....;)

  7. makasih banyak gan buat infonysa,, sangat membatu .

    http://obatherbalampuh.com/

  8. step by step nya jelas, dan sangat membantu saya
    terima kasih

    http://percetakankemasanmakanansurabaya.blogspot.co.id/

  9. ADMIN,saya belom berhasil nih, setelah di klik fade to blcak, ko setelah di klik warna hijau jadi hijau semua ga ada transparasinya.

Leave a Reply