20110712 3

Membuat Efek Glowing Ellipse di Illustrator

in

Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membuat suatu karya dengan memainkan efek standar seperti inner glow dan outer glow di Adobe Illustrator. Kedua efek ini sering kurang dimanfaatkan oleh para pengguna Illustrator, padahal menurut saya, fungsinya sangat membantu ketika diterapkan di berbagai karya desain. Salah satunya adalah karya yang akan kita pelajari di tutorial ini. Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja kita masuk ke dalam step by step pembahasannya!. ;)





Step 1
Buat object dengan bentuk lingkaran, pilih di bagian gradasi warna Fade to Black, dan beri warna hijau.



Step 2
Buat object lingkaran yang lain dan beri warna Pink. Ubah blending mode nya dengan Multiply.



Step 3
Buat object lingkaran berikutnya tepat disebelah kanan lingkaran yg pertama dan ubah Blending Mode-nya dengan Color Burn.


Step 4
Buat lingkaran-lingkaran berikutnya dengan merubah Blending Mode-nya dengan Darken dan Overlay.



Step 5
Gabungkan kesemua object lingkaran tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih Group.


Step 6
Buat object lingkaran baru, isi dengan warna hitam, letakkan diatas object lingkaran yang digroupkan tadi. Kemudian seleksi seluruh object, klik kanan pilih Clipping Mask atau tekan tombol Ctrl+7 di Keyboard.


Step 7
Buat background dengan warna gradasi oranye dan ubah type gradientnya dengan radial, (lihat seperti gambar dibawah).


Step 8
Select object lingkaran tersebut, pada Menu bar, pilih Effect > Stylize > Inner Glow. Atur settingannya seperti gambar dibawah.


Step 9
Buat efek berikutnya yaitu Outer Glow, dan ubah settingannya seperti gambar dibawah.


Step 10
Duplicat object lingkaran tersebut dengan menekan Ctrl+C (copy) kemudian Ctrl+F (paste in front) di Keyboard, ubah blending modenya dengan Multiply dan turunkan opacitynya menjadi 55%.


Step 11
Buat object segitiga dengan menggunakan Pen Tool (P), terlihat seperti gambar dibawah.



Step 12
Lakukan hal yang sama untuk object segitiga berikutnya. Diletakkan pada sudut yang berlawanan dengan segitiga sebelumnya.


Hasil Akhir


Well done!
Mudah bukan? Semoga bermanfaat dan silahkan mencoba. :)


tentang penulis

Jun
Desainer grafis dan illustrator. Percaya bahwa desain grafis berperan merubah dunia ke arah yang lebih baik. Bercita-cita mendirikan sebuah agency desain grafis bertaraf internasional.
email : jun27travolta[at]gmail.com | facebook : Herjuna Juntravolta
view all post by Jun


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

3 Responses to “ Membuat Efek Glowing Ellipse di Illustrator ”

  1. wah... makasih tutorialnya gan...

  2. Jun says:

    yoi...sama-sama....semoga bermanfaat...^_^

  3. Anonim says:

    There is no denying that the greatest choice for students seeking the best assistance possible with their writing assignments is the essay service at https://writer24.com/custom-writer. With a team of skilled and informed writers, they guarantee perfect papers that are tailored to meet your requirements precisely. Any kind of writing task, including essays and research papers, may be handled by their custom writing service. They can help you with difficult topics and quick turnaround times. Put your trust in them to provide excellent work on every page. So why settle for anything less? Choose their custom writing service right now to eliminate the stress from your academic journey!

Leave a Reply