20120105 30

Beda Photoshop dan Illustrator

in , ,



Saya pernah ditanyakan oleh salah seorang teman, apa yang membuat photoshop dan illustrator itu berbeda? ya jelas beda, dari namanya saja sudah beda, hehe.. ;D. Ok, serius!, Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator mempunyai lahan pekerjaan yang relatif beda. Kalau Photoshop bekerja di sektor gambar bitmap yang berbasis pixel, yaitu gambar yang dibentuk dari sekumpulan pixel atau titik titik dengan warna dan kerapatan tertentu. Contohnya semua file dengan format jpg, bmp, tif dsb.


Sementara Adobe Illustrator (sama dengan Corel Draw) lebih difokuskan untuk menghasilkan gambar vektor yang terdiri atas objek-objek berdasarkan logika kordinat. Contoh filenya seperti eps, emf, svg, cdr dsb.

gambar thumbnail

Apa itu Pixel dan Vector?

Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris "Picture Element" yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci dengan pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.

Beda Photoshop dan Illustrator

contoh gambar pixel


Sedangkan Vector adalah Suatu format gambar yang disusun berdasarkan bentuk berbasis kordinat dengan tujuan meminimalisasi penggunaan tempat penyimpanan data. Informasi yang digunakan diantaranya adalah posisi titik awal, titik akhir dan arahnya yang dihitung berdasarkan metode matematika (Bezier, Spline, NURBS, dll) sehingga apabila mau diperbesar segede “hantu” pun bakalan ga pecah atau ga akan mengurangi kualitas gambarnya ;D

Beda Photoshop dan Illustrator

contoh gambar vector


Lho.. emangnya di photoshop ga bisa membuat Vector ya!? Ya jelas ga bisa dong! Dalam Photoshop sebuah garis adalah terdiri dari ribuan titik (pixel), sedangkan di Illustrator sebuah garis hanyalah terdiri dari satu garis saja. Dengan orientasi yang demikian, maka illustrator mampu menghasilkan bentuk-bentuk gambar yang serba mulus, tidak bergerigi, sedangkan Photoshop sebaliknya.

Ada yang kurang dari program yang berbasis vector (seperti Illustrator dan Corel) yaitu ia tidaklah mampu memanipulasi dengan baik setiap pixel pada gambar. Justru ini menjadi kelebihan dari photoshop yang berorientasi pixel base. Sebagai contoh, penerapan tekhnik mask pada illustrator bisa sangat sulit, dan jauh dari sempurna. Namun tidak jika kita menggunakan photoshop, karena memang takhnik mask adalah sebuah tekhnik yang berorientasi pada manipulasi pixel. Begitu pun filter-filter (efek) seperti blur, brush stroke, distort, noise dan sebagainya yang juga berbasis pada pixel.

Jika ingin membuat illustrasi dengan geometris sederhana, warna gradasi yang tidak terlalu banyak variasi seperti Logo ataupun Kartun sebaiknya menggunakan program berbasis vector seperti Adobe Illustrator yang mengandalkan kesederhanaan bentuk, dan jika ingin membuat gambar yang kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto hasil bidikan sebuah kamera, baiknya menggunakan program Adobe Photoshop.

Kesimpulan

Kalau ditanya kelebihan dan kekurangannya sepertinya tidak bisa dibandingkan karena keduanya berbeda lahan kerjanya walau dapat digunakan secara bersamaan. Kecuali jika anda membandingkan Adobe Illustrator dengan Corel Draw (sama sama vector based) atau Adobe Photoshop dengan Corel Photo Paint (sama-sama pixel based). Yang pasti, keduanya saling membutuhkan satu sama lain. Tergantung kepada kita, bagaimana menempatkan mereka sesuai dengan porsinya.

tentang penulis


Jun
Desainer grafis dan illustrator. Percaya bahwa desain grafis berperan merubah dunia ke arah yang lebih baik. Bercita-cita mendirikan sebuah agency desain grafis bertaraf internasional.
email : jun27travolta[at]gmail.com | facebook : Herjuna Juntravolta
view all post by Jun


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

30 Responses to “ Beda Photoshop dan Illustrator ”

  1. Andre Pratama says:

    Mantap bro artikelnya.... bagus buat para newbie sperti saya.
    maju terus desainstudio.com

  2. hanya perbedaan antara bitmap dan vektor.
    Tapi banyak juga gambar vektor dibuat dengan kualitas bitmat, banyak warna, gradasi hingga berbentuk bitmap sempurna :)

  3. Jun says:

    tapi menurut saya, tidak akan bisa sesempurna apa yang dihasilkan oleh photoshop, mungkin jaka pernah membuat gradasi warna dengan sempurna di Illustrator, tapi tetap saja beda hasil dengan yang dibuat oleh photoshop, mengapa? ya itu tadi, lahan pekerjaan dari kedua software tersebut berbeda, ga akan mungkin bisa dibandingkan....^_^, keduanya memiliki kelemahan dan kekurangan masing-masing

  4. aG says:

    Nice Post.

    Memang tidak akan ada habisnya jika mau membandingkan kelebihan dengan kekurangan sebuah software..demikian juga sebaliknya.

    Kalau Sy sih.. berpendapat lebih baik kita maksimalkan aja kedua2nya.. memang Adobe sendiri mengeluarkan dua jenis software ini untuk berjalan berdampingan, untuk memudahkan kita dalam mendesain apapun secara digital.

  5. ajir says:

    Mungkin selanjutnya Adobe bisa bikin aplikasi baru buat 3D, atau mengakuisisi aplikasi-aplikasi yang udah ada kaya 3ds Max, biar makin komplit! :D

  6. sip.. nambah wawasan..

  7. fabregar says:

    nambah ilmu ne..
    di tunggu artikel2 laennya jun,..

  8. Luar Biasa Artikel artikelnya. Selalu Belajar dan Belajar... Berbagilah maka kau Kan Bahagia ;-)

  9. Anonim says:

    artikelnya mantap! masalahnya dari dulu sampe sekarang aku gak bisa bisa make Ilustrator :(

  10. terimakasih, artikelnya benar-benar membantu :)

  11. mantab gan infonya ...
    gak berguna banget (canda gan jangan di ambil hati )
    untuk download Game dan Aplikasi symbian silahkan kunjungi :
    www.symbianers60v3.co.cc

  12. Wah, nambah pengetahuan aku tentang it. Makasih infonya^^

  13. Anonim says:

    oohh gitu.. ngerti ngerti .. makasiiii bang

  14. baguzz sekali infonya gan, bermanfaat banged

  15. thanks gan untuk infonya.. tapi ada beberapa yang terganjal dibenak saya. kira2 yang paling baik untuk menciptakan sebuah desain yang bisa digunakan untuk semua media harus mengunakan Adobe yang mana ya.? misalnya Mengambar sebuah LOGO yang akan di manfaatkan untuk Website, kartu nama, pamplet, logo perusahaan, sablon dan baju.

    thanks bos untuk bantuanya.

  16. Anonim says:

    yah klo gue mending pake semua.. desain kawinan antar potosop dan corel ato ilustrator hasilnya lebih mantep kale ya.. pengalaman ku klo desain2 cover buku gt sih.. hehehe.

  17. Gan Ijin download gambarnya...
    untuk saya pasang di blog saya... terima kasih

  18. Thanks tambahan infonya gan..

    Bagi agan yang berminat belajar desain grafis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/desain-grafis.html

  19. berguna banget bung

  20. Terimakasih sangat mudah d mengerti bagi pemula 😆

  21. Terimakasih sangat mudah d mengerti bagi pemula 😆

Leave a Reply