20110314 10

Desain Logo LPPA

in , ,

Beberapa waktu yang lalu, saya diberi kepercayaan mendesain logo untuk salah satu lembaga swadaya masyarakat non-profit bernama LPPA (Lembaga Pengembangan Perempuan dan Anak). Sedikit sulit, karena beberapa sebab. Diantaranya adalah kondisi lembaga yang baru berdiri, brief yang kurang maksimal, dan tenggat waktu yang sangat singkat. Tugasnya adalah mendesain logo yang iconic, terkesan modern, dan relevan dengan visi yang diusung perusahaan.




Final Concept

Setelah bereksplorasi berulang kali dan cukup sering melalui proses bolak balik dari sketsa ke komputer, klien dan saya sepakat memilih salah satu dari beberapa draft logo yang saya tawarkan.

Desain Logo LPPA

Logo di atas terdiri dari ikon berupa simbol gambar seorang wanita (yang keibuan) dan anak dalam pangkuannya. Simbol ini menggambarkan lembaga dengan sangat gamblang, mencoba menjelaskan secara langsung karakter dan visi lembaga tanpa banyak basa-basi. Penggunaan ikon saya anggap perlu untuk membantu 'menyuarakan' nama lembaga yang terdiri dari singkatan huruf.


Ikon dan Warna

Desain Logo LPPA

Salah satu faktor yang mampu membuat sebuah logo membekas dalam ingatan audiens adalah faktor unik. Saya menggunakan faktor ini melalui penerapan warna. Warna pada logo adalah PANTONE 445 C. Warna ini selain teduh, juga terkesan elegan dan tidak 'berteriak'.


Aplikasi Logo

Desain Logo LPPA

Aplikasi logo pada berbagai media semisal stationary dan berbagai keperluan promosi lainnya menggunakan pola standar bergaya corporate (perusahaan). Namun saya menggunakan elemen pengikat yang diambil dari sebagian ikon sebagai penyelaras.


Well, bagaimana menurut kamu logo LPPA di atas? Silahkan berbagi saran dan pendapat melalui kolom komentar.

Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

10 Responses to “ Desain Logo LPPA ”

  1. Anonim says:

    wew wrnanye suka bget elegan n yunik , cm mnrt sy aj y bntuk logo tksan sngt bgtu lmbut dr sorang ibu memangku anakny,tp bdang tepi gris dr bntuk np gk dbkin lmbut aj slmbut salju :))) , maaf bl salah ehehe.

  2. i like it... keren bang ajir, he he he

  3. ajir says:

    @Anonim: Hehe, terlalu taktis ya? thanks sob, ditampung karyanya!

    @Zulham: Thanks Zulham!

  4. Anonim says:

    hehe, maaf bg ajir bl slh, krya yg mana :) mkc bg ajir.

  5. Anonim says:

    like it !
    memang benar - benar elegan. .

  6. Anonim says:

    kerreen

  7. aaN says:

    Saya suka dengan konsepnya.
    Sangat minimalis dan elegan..
    Oya, utk pemilihan warna dalam logo ini apa ada makna dibaliknya? Saya jg blm paham dengan warna PANTONE apakah berbeda dengan warna standar yg biasa dipakai? jika boleh share ya..Trims

    Suxes trus ya bro ^^

  8. ajir says:

    @aaN: Dalam warna, saya berpatokan pada teori psikologi warna. artikelnya bisa dilihat disini : http://www.desainstudio.com/2009/12/psikologi-warna-dalam-pemasaran.html

    Pantone adalah sistem pencampuran warna, digunakan sebagai panduan dan standar di berbagai industri diseluruh dunia. warna Pantone dikembangkan oleh Pantone.Inc. dalam hal identitas visual dan branding, Pantone sangat membantu desainer untuk menjaga konsistensi warna sebuah brand. Misal, jika perusahaan ingin agar gedung dicat dengan warna logo, maka tinggal cari cat dengan kode pantone yang sama.

  9. wew...keren logo ne...
    sangat inspiratif dan berkelas....

  10. elegan logonya, menarik dan simple juga

Leave a Reply