20121204 35

Membuat Teks Berkesan 3D dengan Photoshop

in

Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas bagaimana caranya untuk membuat efek berkesan 3 Dimensi dengan memanfaatkan pencahayaan, shadow, dan Layer Styles di Photoshop. Tutorial ini cocok untuk pemula dan tingkat menengah untuk memahami tehnik lighting dasar menggunakan Adobe Photoshop. Langsung saja kita mulai tutorialnya, selamat membaca dan mempraktekkan.









Step 1

Buat dokumen baru di Photoshop (Ctrl+N), ukuran 1000x1000 pixels, resolusi 300 DPI, dan mode warna RGB.



Step 2

ganti warna layer 'Background' dengan warna #494949.



Step 3

Buat sebuah teks, dalam hal ini saya membuat 'EFFECTS' menggunakan font Bebas Neue. Kamu bebas untuk menggunakan teks lain, it's just a sample! :)



Step 4

Klik ganda layer 'effects' untuk membuka jendela Layer Styles. Kemudian klik gradient Overlay pada Layer Styles : ubah blend mode menjadi Multiply, opacity menjadi 50% dan angle menjadi -65. Jika sudah, klik Ok untuk keluar dari jendela Layer Styles.



Step 5

Pada Layer Palette, klik ikon Add New Layer untuk membuat layer baru, beri nama layer baru dengan 'awal'. Kemudian tekan Ctrl+Klik pada thumbnail layer 'effects' untuk mengambil seleksi bentuk pada layer tersebut. Sementara seleksi aktif, klik kembali layer 'awal', tekan tombol D di keyboard untuk mengubah warna dasar menjadi hitam putih lalu tekan Alt + Delete untuk mengisi layer 'awal' dengan warna hitam.



Step 6

Duplikat layer 'awal' dengan menekan tombol Ctrl+J di keyboard, beri nama layer hasil duplikasi dengan 'akhir' dan posisikan layer 'akhir' seperti gambar dibawah. Jika sudah, drag layer 'awal' dan 'akhir' dibawah layer 'effects' (lihat gambar). Saya sengaja meng-hide layer 'effects' agar kita bisa melihat posisi layer 'awal' dan 'akhir' dengan jelas.



Step 7

Sekarang duplikat layer 'awal' berkali-kali dengan menekan tombol Ctrl+J sebanyak 15 kali (untuk 15 hasil duplikasi).



Step 8

Kemudian pada layer palette, klik layer 'akhir', tahan Shift di keyboard lalu klik layer 'awal' untuk menyeleksi layer-layer tersebut di layer palette. Jika sudah, klik kanan pada salah satu layer dan pilih Link Layers. Kamu akan melihat akan ada tanda rantai pada layer-layer yang diseleksi tadi.

Sementara semua layer tadi aktif dan nge-link, klik ikon Distribute Vertical Center kemudian klik ikon Distribute Horizontal Center untuk membuat layer-layer tadi tersusun sedemikian rupa. Lalu tekan tombol Ctrl+E untuk menggabungkannya dan ubah nama layer hasil penggabungan tadi menjadi 'shadow'.




Step 9

Klik layer shadow di layer palette, kemudian pilih Filter > Blur > Motion Blur, dan atur nilai pada jendela Motion Blur seperti gambar dibawah.



Step 10

Tekan dan tahan tombol Shift+tanda panah atas kemudian Shift+tanda panah kiri untuk membuat teks bergeser 10 px kebagian atas dan kiri (lihat gambar dibawah).



Step 11

Ubah blend mode layer 'shadow' menjadi Multiply dan Opacity menjadi 40%.



Step 12

Duplikat layer 'shadow', pada layer 'shadow copy' berikan juga efek motion blur sekali lagi. Tapi kali ini nilai distance-nya dirubah menjadi 70%



Step 13

Langkah selanjutnya, buat sebuah layer baru diatas layer 'Background' dan beri nama dengan 'lighting'. Pada layer 'lighting' berikan warna gradasi hitam ke putih dengan Gradient Tool (G) dan atur arahnya seperti gambar dibawah. Jika sudah, ubah blend mode-nya menjadi Overlay dan opacity-nya menjadi 50%.



Step 14

Sekarang kita kembali ke layer 'effects', klik ganda layer tersebut untuk membuka jendela Layer Styles. pada jendela Layer Styles, pilih Bevel and Emboss dan atur nilai-nilainya seperti gambar dibawah.



Step 15

Masih pada jendela Layer Styles untuk layer 'effects', klik pada Pattern Overlay. Kemudian klik tanda panah seperti yang diillustrasikan digambar dibawah untuk mendapatkan pattern dengan katagori Artist Surfaces. Pada contoh kasus ini, klik pada pattern bernama Washed Watercolor Paper. Ubah blending mode pada Pattern Overlay menjadi Multiply dan Opacity menjadi 75%.




Step 16

Terapkan juga efek Pattern Overlay pada layer 'Background'. Tapi kali ini pilih pattern dengan nama Hard Charcoal Light. Ubah juga blending mode menjadi Multiply dan Opacity menjadi 75%, jika sudah klik Ok untuk keluar dan jendela Layer Styles.



Hasil Akhir



Beginilah hasil akhir untuk tutorial Photoshop kita kali ini. Semoga dapat memberi inspirasi dan manfaat. Kamu dapat berimprovisasi lebih jauh menggunakan tehnik-tehnik pada tutorial kali ini, good luck all!






Ikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio untuk mendapatkan update terbaru berupa tips, informasi, dan tutorial seputar desain grafis!

Share On:

35 Responses to “ Membuat Teks Berkesan 3D dengan Photoshop ”

  1. thanks sob, tutorialnya bagus - bagus.. nambah ilmu ne..
    salam sukses

  2. Mantap...sangat jelas tutorialnya, siap dipraktekin

  3. Wow kayak 3d ya...
    Tapi saya coba di inkscape, bisa apa nggak ya...

    Desainew

  4. Anonim says:

    lumayan

  5. Anonim says:

    gan kok ane di step akhir pas mau ke layer style background pas backroundnya di klik 2x malah bikin new layer ya?

  6. gan ane masih bingung sama step 13 yang lightning gan, mohon pejelasannya :)

  7. Anonim > sepertinya bukan bikin new layer, tp covert layer background ke layer biasa biar bisa diedit.

    dipaavi > Itu tujuannya untuk bikin lighting, caranya bikin gradasi (hitam ke putih) dgn gradient tool (G), kemudian layer gradasi tadi di ubah blendmodenya jd overlay dan opacity-nya 50%, bisa dirubah dibagian atas layer palette.

  8. saya udh coba tutorial nya, tapi hasilnya kok nggak sebagus ini ya??

  9. Mantab.. emang kadang2 suka beda ama yg ditutorial ato emang saya rada minus ya.. hhe :D

  10. Keren.. tutorial nya gampang banget di-ikuti. Terus berkarya Gan..! ;)

  11. niceguy says:

    2jam pencarian ... akhirnya dapat juga di tutorial ini..
    maturnuwun kang..
    Salam newbie

  12. Anonim says:

    thanks, ini seru .... hebat

    mantap dah (o)

  13. Really your blog is very interesting.... It contains great and unique information. I enjoyed to visiting your blog. It's just amazing.... Thanks very much for the share.
    Pakistan marriage | Pakistani Shadi

  14. Cara ganti background gimana ya tolong di jelaskan dan balas secepatnya ya maklum newbie bocah baru lahir awkawkkaw :-s

  15. ijin copas ea admin...

  16. bang patternsnya downloadnya dimana ?

  17. bang patternsnya downloadnya dimana ?

  18. keren banget tutorial nya.efek nya juga bagus..
    tapi ini hanya sekedar usulan dan mengurangi waktu yang kita butuhkan dalam membuat begitu banyak Layer.mungkin and akan sangat kebingungan dalam menggeser layer satu persatu.
    ..
    kalo boleh saya kasi saran,cukup dengan satu layer saja kita sudah bisa membuat efek bayangan font.
    ..
    netralkan warna PSD dengan cara press D.
    Buat seleksi pada layer teks di ikuti dengan Alt + Backspace.saya rsa itu hanyamembutuhkan satu layer.
    semoga berkenan.

    terima kasih

  19. mantap keren abis kang

  20. keren banget hasilnya. saya coba bikin kaya sarannya marlone ah... yang kaga usah banyak layer :)

  21. izin copas bang di blog ane

  22. THANKS Bro Tutorialnya (y)

  23. Good,, thanks for share bro

  24. sederhana sih, tapi hasilnya keren banget (y)

Leave a Reply