20120814 22

Case Study : Logo Sabang

in , , ,

Sabang merupakan kota kepulauan (Pulau Weh) yang terletak diwilayah paling utara Indonesia. Pulau Weh, Sabang menawarkan panorama alam yang eksotif nan indah. Pulau ini menjadi daya tarik tersendiri sebagai tujuan wisata bagi turis mancanegara selama beberapa tahun terakhir. Saya kemudian tertarik untuk merancang logo Sabang dan mempresentasikan case studynya diartikel ini. Rancangan ini merupakan personal project, tidak ada kaitannya dengan lembaga manapun, termasuk pemerintah kota Sabang. Kamu juga bisa mendownload logo sabang ini dalam format AI (Illustrator) dan Vector (EPS), semoga bermanfaat!





Sketsa dan Konsep

Saya memulai proses perancangan logo dengan membuat beberapa alternatif sketsa pada kertas. Kemudian saya memilih salah satu untuk didigitalisasi menggunakan Adobe Illustrator. Konsep yang saya angkat sederhana, yaitu menggabungkan dua simbol ikan lumba-lumba membentuk huruf "S" yang merupakan inisial dari nama 'Sabang'.

Lumba-lumba merupakan binatang laut yang merepresentasikan sifat ramah dan bersahabat, ikon ini saya pikir bisa diangkat untuk mewakili masyarakat sabang yang sangat ramah, seperti masyarakat Indonesia pada umumnya. Lumba-lumba saya visualisasikan dalam bentuk negative space, di mana pada positive spacenya saya buat bentuk objek abstrak dari genangan air yang mewakili laut dan panorama alam. Bentuk penggabungan keduanya menjadi huruf "S" sebagai inisial dari nama Sabang.





Konversi

Selanjutnya saya mentransfer hasil sketsa kedalam format vector melalui proses konversi. Disini saya juga mencari beberapa gambar lumba-lumba sebagai referensi agar logo nantinya dapat dipersepsikan sesuai harapan. Saya juga memilih typeface yang dirasa sesuai dan mewakili eksotisme Sabang sebagai kota tujuan pariwisata.







Aplikasi

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi logo Sabang kedalam beberapa media seperti t-shirt, dsb.






Download Logo Sabang
format AI dan EPS


Silahkan share pendapat kamu melalui logo sabang ini dikolom komentar. Kritik dan saran dari teman-teman sangat diharapkan agar saya terus berproses mengembangkan diri menjadi lebih baik. :)




Tentang Penulis
Ajir — Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian.
email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio | all post by Ajir

Share On:

22 Responses to “ Case Study : Logo Sabang ”

  1. simple.. nice one cuu...

  2. aG says:

    LOVE THIS!!!!! AWESOME!

  3. aaN says:

    Subhanallah .. konsepnya simpel dan punya kesan yg sy kira cukup memorable. Dari segi warna maupun bentuk yg bener2 mewakili kota Sabang. Smoga pemerintah Sabang tertarik utk pake logo ini Jir. Aamiiiin :) Sukses trus ya Jir..

  4. wah keren ne...
    bole digunakan ga??
    hehehehhe

  5. hidayat says:

    kerennn....sangat aplikatif dan kesan bahari-nya kerasa banget,,,,

  6. wah ini logonya mantap sangat. di save buat koleksi dlu

  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  8. Waaah,,desainnya mantaaap,,padahal simple aza idenya...

  9. saya rasa lumba2 yang membentuk menjadi huruf s sebagai inisial dari sabang....sangat baik, tapi lumba2 tidak mencerminkan brand image dari kota sabang itu sendiri....

  10. wah bagus banget konsepnya, ide yang brilian yang di tuangkan dalan visual

  11. keren bang. Simple tapi catchy...

  12. Keren :) Saya suka blog ini, benar2 menginspirasi...

  13. Dapet banget "Sabang" nya. Kece!

Leave a Reply