20120507 23

Bagaimana Kriteria Seorang Desainer Grafis Hebat?

in ,

Sebagai desainer grafis, kita patut bersyukur dengan kehadiran internet. Setiap harinya kita disuguhi oleh karya-karya yang outstanding dan menakjubkan. Entah itu ilustrasi, branding, advertising, digital imaging, kartun, dsb. Dunia ini sungguh dipenuhi oleh orang-orang yang bertalenta dan jenius. Terkadang, saya bertanya-tanya sendiri, "Bagaimana kriteria seorang desainer grafis hebat?". Saya pun mencoba mengurai beberapa poin yang membuat seorang desainer grafis itu menjadi luar biasa. Dan (sekali lagi) ini hanyalah pandangan personal, so, kamu juga boleh share apa poin yang menurut kamu bisa bikin seorang desainer grafis menjadi hebat.



Yeah, ini dia 5 poin yang menurut saya sangat berperan dalam menentukan kualitas seorang desainer grafis :


1) Kreatifitas

Ini paling penting! Karena desain grafis bersifat dinamis, bergerak dan mengikuti perubahan. Taste setiap orang juga bergerak, persepsi dan daya visual juga mungkin berubah, dan desainer grafis siap ataupun tidak dituntut untuk mampu mengimbangi dan mengikuti pergerakannya. Dan itu tidak mungkin terjadi kalau ide dan pemikiran tidak diimprove sedemikian rupa menjadi some thing that really out of the box. Outputnya dikenal secara massal sebagai kreatifitas dan pelakunya dikenal sebagai insan kreatif.


Permasalahannya saudara-saudari, kreatifitas itu bukanlah bakat, tapi sesuatu yang perlu digali dengan usaha keras dan tanpa henti. Kreatifitas membutuhkan pengorbanan dan kemauan keras. Kreatifitas murni pilihan bagi setiap orang. Kembali kepada masing-masing, mau memilih untuk jadi kreatif atau tidak. Kalau mau, maka bersiaplah bekerja keras dan banting tulang. Itu.. #menirumarioteguh


2) Pemahaman Teoritis dan Aplikasi

Untuk menjadi seorang desainer grafis hebat, maka seseorang perlu menguasai dasar keilmuannya, sejarahnya, teori-teorinya, serta standar dan filosofinya. Ini tidak habis dipelajari dua-tiga bulan (kecuali kamu seorang jenius seperti Einstein), melainkan bertahun-tahun dengan metode learn and practice. Jadi jika kamu adalah penulis buku "Mahir desain grafis dengan Adobe Illustrator dalam satu bulan", sebaiknya tarik itu buku dari peredaran, karena itu bohong!


Selain pemahaman dalam bidang teoritis, seorang desainer grafis juga harus mampu mengaplikasikan ilmunya kedalam karya nyata. Artinya, setelah basic keilmuan dikuasai, ide sudah oke, dan konsep sudah matang, maka saatnya memvisualisasikannya dalam bentuk karya. Aspek visualisasi ini bisa beragam. Bisa dengan sketsa/menggambar, Bisa juga dengan menggunakan aplikasi grafis seperti Adobe Illustrator dan Photoshop. Tergantung dari kebutuhan dan kondisi pekerjaan.


3) Passion & Improvement


Nah, ini juga cukup vital : Passion (semangat, kemauan -red). Passion bikin desainer enjoy dengan pekerjaan. Passion juga yang bikin desainer mau belajar mengasah kemampuan. Passion membuat kita menjadi terus penasaran sampai akhirnya (sadar ataupun tidak) kita dibawa ke arah perbaikan (improvement) dalam rangka menjadi desainer grafis yang lebih baik setiap harinya.


4) Communication Skill and Self Management

Komunikasi (verbal & visual) adalah faktor penting yang membedakan desainer pro dengan amatiran. Melalui karya, desainer grafis berkomunikasi (visually) dengan audiens. Desainer grafis juga dituntut mampu berkomunikasi (verbally) dengan klien. Baik itu ketika deal-dealan project, maupun ketika mempertanggung-jawabkan hasil karyanya.


Selain itu, desainer grafis hebat juga harus mampu memanage dirinya dengan baik. Manajemen diri dalam hal ini adalah tentang bagaimana seorang desainer grafis mempersiapkan dirinya sebagai profesional yang fokus, disiplin, dan bertanggung jawab pada setiap project yang dikerjakan.


5) Positive Attitude


And last, attitude save the world! Terserah mau pakai hukum Tuhan, hukum alam, atau hukum rimba sekalipun, seseorang dengan sikap (attitude) yang baik pasti akan menuai hasil yang baik. Sikap disini bisa berarti prilaku, cara pandang, idealisme, dan interaksi sosial. Membangun sikap positif ini bisa dimulai dengan melakukan hal-hal yang sederhana seperti : jujur, terbuka, memahami perbedaan, dsb.


Yeah, that's it! Seperti telah disampaikan diatas, itu cuma pandangan personal saya sebagai makhluk lemah dan tidak berdaya. :D Jadi kamu bebas jika punya pendapat sendiri atau hanya sekedar ingin menambahkan.

Jadi, bagaimana kriteria seorang desainer grafis hebat menurut kamu? Silahkan berbagi melalui komentar!




Tentang Penulis
Ajir — Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian.
email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio | all post by Ajir


Share On:

23 Responses to “ Bagaimana Kriteria Seorang Desainer Grafis Hebat? ”

  1. Tambahan, profesional dan multitalent. :)

  2. Anonim says:

    menurut saya faktor terbesar ialah dari attitude nya karena bagaimana pun kerjaan seorang desainer itu menuntut untuk berhubungan antara person to person.. skill ok pengetahuan ok tapi attitudenya ga ok bisa jatuh...ya itu menurut saya sih..

  3. aaN says:

    Sepakat dgn tulisan diatas..
    Mungkin bisa ditambah satu lagi "Tidak pelit ilmu dan gemar berbagi ilmu yang dimiliki dengan orang lain"

    Salam sukses ^^

  4. sepaham dengan tulisan diatas. yg paling ngebantu itu Passionnya

  5. trus jg perlu ditambahin, 'SABAR'

  6. Anonim says:

    menurut saya sesuatu yang HEBAT tidak butuh SEKUTU...

  7. kalau menurut saya yang nomor satu adalah talenta/bakat alam, sama seperti pemusik dan pekerja seni yang lain, 'nyeni' punya sense of art yang lebih ...

  8. Anonim says:

    semangat tanpa mengeluh

  9. "Untuk menjadi seorang desainer grafis hebat, maka seseorang perlu menguasai dasar keilmuannya, sejarahnya, teori-teorinya, serta standar dan filosofinya. Ini tidak habis dipelajari dua-tiga bulan (kecuali kamu seorang jenius seperti Einstein), melainkan bertahun-tahun dengan metode learn and practice. Jadi jika kamu adalah penulis buku "Mahir desain grafis dengan Adobe Illustrator dalam satu bulan", sebaiknya tarik itu buku dari peredaran, karena itu bohong!"


    hahahahahahaha... setuju bangeeed ommm.... :D :D ngga banged deh bca buku ke gitu... :D

  10. Hallo semua .
    ada masukan buat saya ga?
    Beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk mendalami desain grafis dengan mengikuti pelatihan,
    sejujurnya saya tidaklah mahir menggambar , seringkali saya merasa saya tidak memiliki bakat di bidang mengambar bahkan mendesain .
    menurut anda, saya sebaiknya harus bagaimana?
    *request motivasi :P hehee

  11. Tekuni apa yang anda inginkan raih mimpi itu..
    with passion and hardwork of course

  12. Izin copas ya, buat materi acara kumpul2 remaja masjid di semarang ngulik desain yang pertama kali nanti jam 4 (p)

  13. ajir says:

    boleh, silahkan mas :)

  14. Designer itu adalah orang hebat yang bisa menggabungkan antara sikap, kreativitas, imajinasi, emosi, seni, norma, teknologi, daya juang, yang dituangkan ke dalam sebuah karya seni yang mengandung arti .keep spirit #ChangePossionToPassion @anggiraha

  15. kreatifitas itu dasar yang utama yang haus di miliki oleh desainer sakura-martania.blogspot.com

  16. Maaf buka lapak..
    saya lagi butu desain grafis buat perusahaan saya
    di utamakan jurusan DKV daerah jakarta Timur...
    kalau adabisa kirim kan email ke cecep.adipermana@gmail.com
    paling lambat tanggal 10 Desember 2013
    terimakasih...

  17. Maaf buka lapak..
    saya lagi butu desain grafis buat perusahaan saya
    di utamakan jurusan DKV daerah jakarta Timur...
    kalau adabisa kirim kan email ke cecep.adipermana@gmail.com
    paling lambat tanggal 10 Desember 2013
    terimakasih...

Leave a Reply