20120523 21

3 Tips Agar Efisien dalam Mendesain

in , ,

Efisiensi adalah hal yang sangat penting dalam setiap hal. Sebagai insan kreatif, produktifitas dan kualitas pasti menjadi suatu tuntutan yang wajib dipenuhi. Salah satu faktor penunjangnya adalah efisiensi dalam bekerja. Efisiensi dalam hal ini berarti tepat dan sesuai menghasilkan sebuah karya dengan tidak membuang-buang waktu dan tenaga. Nah, berikut adalah 3 tips sederhana yang mungkin dapat membantu kamu agar lebih efisien dalam mendesain. Check it out!





1. Mengenal Proses

Setiap bidang dalam desain grafis adalah unik. Layout, illustrasi, desain logo, advertising, web design, maupun print design memiliki proses yang berbeda satu sama lain. Alangkah pentingnya untuk mengenal masing-masing proses tersebut agar efisiensi kerja bisa tercapai.


Sebagai contoh misalnya, ketika kita ingin mendesain cover majalah bergaya kartun yang ilustratif, maka terlebih dahulu kita harus membuat ilustrasi. Dalam kasus ini kita bisa memulai dengan menggambar sketsa kasar untuk mendapatkan bentuk, kemudian lanjut kepada sketsa bentuk, pewarnaan, shadowing dan highlighting, sampai dengan finishing akhir. Proses-proses seperti ini selain menghemat banyak waktu dan tenaga, juga biasanya akan menghasilkan output yang berkualitas.


2. Kesesuaian Tool

Saat ini, kita mengenal banyak sekali aplikasi grafis yang memungkinkan kita untuk menciptakan beragam bentuk grafis. Mulai dari yang standar sampai dengan professional dan ditujukan untuk keperluan komersil. Kita pun dituntut untuk mampu menyesuaikan pekerjaan dengan aplikasi yang akan dipakai.


Misalnya kita ingin mendesain halaman web. Adobe Illustrator punya fitur-fitur yang memungkinkan kita menghasilkan web page yang menarik. Akan tetapi, karena AI memang tidak dirancang untuk itu, maka proses tersebut akan sangat rumit dan memakan waktu yang cukup lama. Pilihan yang tepat tetap jatuh kepada Photoshop. Kesesuaian dalam memilah tool akan membantu meningkatkan efisiensi kerja.


3. Mengorganisir File


Ini mungkin hal yang sederhana, tapi penting. Sebagai desainer, kita biasa bekerja dalam beberapa tahap, mulai dari deal, revisi, finishing, sampai dengan penyerahan file akhir. Tanpa manajemen file dan folder yang baik, kita akan disulitkan oleh ketidak-teraturan file. Hal ini akan sangat menganggu efisiensi kerja. Pengalaman pribadi, saya pernah menghabiskan waktu cukup lama mencari file klien di komputer. Penyebabnya itu tadi, tidak memanage dan menamai file dengan teratur dan terlalu mengandalkan ingatan. :D


Jadi bagaimana menurut kamu? Silahkan share pendapat melalui komentar :)



Tentang Penulis
Ajir — Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian.
email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio | all post by Ajir

Share On:

21 Responses to “ 3 Tips Agar Efisien dalam Mendesain ”

  1. terimakasih atas infonya mas... sangat bermanfaaat.

  2. ajir says:

    @sarwo Terimakasih mas Sarwo :)

  3. makasihhhhhhhhhhhhhhhh

  4. Makasih infonya Gan. :)

    Kunjungi blog Ane: http://khairulumamalbanjari.blogspot.com/
    Blog desainer.

  5. thankz gan

    blog ane : http://andidesain.blogspot.com

  6. Anonim says:

    Saran untuk masalah file management kalo saya sih...

    (namaproject)_(norevisi)_(alternatif)_(tanggal)

    misal

    PosterAIDS_rev00_a_20112012
    PosterAIDS_rev00_b_20112012
    PosterAIDS_rev01_a_21112012

    kalo udah fix tinggal tambahin FA (Final Artwork)

    PosterAIDS_rev02_a_22112012_FA

    kalo misalkan amit2nya masih ada revisi juga

    PosterAIDS_rev02_a_23112012_FA_1
    PosterAIDS_rev02_a_23112012_FA_2
    dst

  7. bener banget yang teerakhir mas :)

  8. Yang ketiga bener banget gan... tapi yg bikin heran,, sadarnya setelah baca artikel ini.. hahahahaha....

  9. Sip banget Mas sarannya :)

  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  12. If you want to buy custom essay online, visit the website design with complete points complete of google UI

  13. sharing, I've found this interesting! Check it out!

    Massage in Paris |

  14. I've found this interesting! Check it out!

    Massage in Berlin |

  15. Exchanges: Crypto trading https://www.bidsbee.com/copy-trading/ is typically conducted on cryptocurrency exchanges, which are online platforms where users can buy, sell, and trade cryptocurrencies. Some popular exchanges include Coinbase, Binance, Kraken, and Bitfinex.

Leave a Reply