20120427 20

5 Tips Meningkatkan Skill Desain

in , ,

Desain grafis merupakan sebuah profesi yang sangat menantang, dinamis, dan (yang paling penting) menyenangkan untuk dilakukan. Menjadi desainer grafis tidak semudah yang dibayangkan. Project-nya variatif, butuh mental, ketekunan, fokus, wawasan, bahkan kesabaran yang ekstra tinggi. Bagi kamu yang ingin meningkatkan skill/kemampuan desain kamu di bidang ini, ada beberapa tips yang diharapkan bermanfaat. Tips-tips ini merupakan esensi lahirnya sebuah rancangan grafis yang fungsional dan memiliki kedalaman.






1) Learn the Basic!


Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas desain kamu adalah belajar prinsip-prinsip dasar dalam desain grafis. prinsip-prinsip tersebut adalah fondasi dasar. Jika fondasinya sudah benar, selebihnya akan mengalir dengan sendirinya. Diantara hal-hal dasar yang harus dipelajari adalah mengenal bentuk, tata letak, proporsi, keseimbangan (balance), kesatuan (unity), pengulangan (repetation), maupun teori-teori persepsi seperti gestalt, dll.

Prinsip-prinsip dasar tersebut merupakan hal ilmiah yang ditemukan melalui eksperimen orang-orang terdahulu. Pada desain grafis, prinsip dan pengetahuan dasar menyentuh aspek-aspek vital seperti fungsi dan estetika.


2) Berfokus kepada Tujuan


Karya grafis adalah rancangan yang mengedapankan fungsi/tujuan. Maka penting bagi desainer grafis untuk selalu mengedepankan tercapainya fungsi. Seringkali kebanyakan dari kita terlalu terfokus kepada nilai estetis atau keindahan sehingga lupa kepada fungsi. Sehingga tidak jarang sebuah output karya grafis penuh sesak oleh elemen-elemen yang dianggap bakal membuat karya menjadi lebih estetis/indah, pada saat yang sama elemen-elemen itu malah merusak fungsi utama karya grafis yaitu menyampaikan pesan dan informasi.


3) Manajemen Waktu


Sebuah rancangan yang baik tentu saja butuh waktu untuk diwujudkan. Project desain yang terburu-buru membuat kita melupakan detail-detail kecil yang sangat berpengaruh. Solusi terbaik adalah memberikan deadline yang realistis, kemudian mengedukasi klien melalui proses yang harus dilalui untuk mewujudkan hasil kerja yang maksimal. .


4) Keep It Simple, Stupid! (KISS)


"Keep It Simple, Stupid!" adalah kalimat yang populer dikalangan creative professional. Intinya adalah menekankan pentingnya kesederhanaan dalam sebuah karya, apapun itu. Output yang sederhana akan lebih mudah dimengerti. Ini juga terkait dengan bagaimana membuat karya grafis menjadi fungsional.


5) Mendalami Proses


Setiap bidang desain grafis seperti layout, ilustrasi, dan digital imaging masing-masing membutuhkan proses yang berbeda dalam pengerjaannya. Belajarlah untuk menemukan tehnik dan proses kerja yang baik, baik itu dari desainer senior, di komunitas, buku, internet, dll. Proses yang tepat tidak hanya menjadikan pekerjaan menjadi lebih efisien, tapi juga memberi ruang bagi desainer untuk fokus menjaga kualitas sebuah karya.



That's it.. Mudah-mudahan tips-tips ini bermanfaat untuk mengupgrade kemampuan kamu dibidang desain grafis. Tentu saja tidak ada yang instant disini, pembelajaran tetap butuh proses dan seringkali banyak rintangan. "Hanya yang kuat dan cukup gila yang akan bertahan", begitu ucap salah seorang admin Desain Studio. :D


Tentang Penulis
Ajir — Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian.
email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio | all post by Ajir

Share On:

20 Responses to “ 5 Tips Meningkatkan Skill Desain ”

  1. wah, manajemen waktu ni yang jadi PR...
    :P

  2. numpang publish agan *gak lupa kok, cantumin sumbernya* :D

  3. wah mantap gan, saya bookmark agan nich, tengkyu ya

  4. aq juga gan...tak masukan ke group ya...alamatnya...

  5. keren gan infonya. semoga bermanfaat buat yang bacanya (Y)

  6. Wah thanks Gan. :D Pengetahuan Ane jadi nambah.

    Kunjungi blog Ane: http://khairulumamalbanjari.blogspot.com/
    Blog desainer.

  7. Makasih buat infonya mas...

  8. Atas nama estetika, banyak desainer yang melupakan fungsi. Oh...itu akan selalu saya ingat, mas bro. Makasih ya ^,

  9. Saeful Patlot says:

    Mantap...makasih udah ngingetin lagi,jadi inget masa-masa kuliah

  10. keren gan infonya mantap :)

  11. Anonim says:

    Thanks...Super sekali... :)

  12. wow simpel tips gan, lanjout... ^^

  13. aG says:

    Huf, ni artikel harus dibaca berkali-kali ni.. untuk selalu tarik napas sebelum berkarya.

  14. brilian2 artikelnya gan, suka banget, bermanfaat sekali . makasih gan kamsiya :)

  15. thanks gan ifonya bermamfaat, numpang publis ya gan pastidi cantumin sumbernya

    http://andidesain.blogspot.com/

  16. Anonim says:

    gud, sya publish di rarenakal.wordpress.com tapi sudah disertai sumbrnya..

  17. Informasi yg membantu,, perlu lebih pada menajemen waktu nih..

  18. Sangat bermanfaat sekali terutama yang baru belajar desain seperti saya..
    Trimakasih banyak tipsnya..

  19. Saya sangat setuju dengan point kedua. soalnya pernah terjebak -_-

Leave a Reply