20120110 7

Membuat Efek Plasma dengan Illustrator

in

Pada tutorial kali ini kita akan membahas membuat efek plasma dengan Illustrator. Cara pembuatan efek plasma ini mungkin tidak asing lagi bagi yang sudah tahu, tapi tentu saja cara ini menjadi sesuatu yang menarik dan bermanfaat bagi yang belum mengetahuinya. Permainan mode transparent dan gradasi warna menjadi kunci di tutorial ini. Semoga tutorial Adobe Illustrator berikut bermanfaat bagi para pembaca Desain Studio.

Preview hasil akhir :





Step 1
Sebelum semua dimulai, pastikan area kerja yang digunakan dalam keadaan mode warna RGB, kamu bisa mengaturnya di File > Document Color mode > RGB. Pastikan mode warna yang digunakan adalah RGB, Jika tidak, efek ini tidak akan terjadi.



Step 2
Buat background menggunakan Rectangle tool (M). Isi dengan warna hitam dengan nilai R:0, G:0, B:0.



Step 3
Setelah itu, copy kotak hitam background tersebut lalu paste diatasnya, ubah warna kotak hitam tersebut menjadi gradasi warna warni dengan Gradient tool (G). Dimana tipe gradasi yang dilakukan adalah gradient linear. Warna yang digunakan adalah hitam - kuning - orange - merah - biru - hitam, warna bisa diimprovisasi karna warna juga menentukan keindahan efek yang akan dihasilkan.



Step 4
Pada saat ini kita harus pastikan kita telah membuat dua buah background kotak yang satu berwarna hitam dan yang satu lagi berwarna warni, dimana yang berwara hitam tepat di belakang kotak berwarna warni. Sekarang turunkan opacity background warna-warni menjadi 20%.



Step 5
Sekarang buat lingkaran gradasi hitam abu-abu dengan Gradient tool (G) dan letakkan di atas background warna-warni yang telah dibuat sebelumnya. Atur gradasi warnanya seperti pada gambar, dimana warna hitam R:0, G:0, B:0 dan untuk warna abu-abu R: 209, G: 209, B:209.



Step 6
Ubah Blend mode lingkaran gradasi hitam-abu-abu tadi menjadi color dodge, dan lihat apa yang terjadi.



Step 7
Copy lingkaran gradasi tadi beberapa kali dan atur membentuk seperti lingkaran plasma. (tips : tekan dan tahan tombol Alt di keyboard, lalu drag objek yang ingin dicopy)



Step 8
Buat lingkaran dengan gradasi biasa, ubah Blend mode-nya menjadi color dodge dan atur bertebaran di sekitar lingkaran.



Step 9
Lingkaran ellipse dengan lingkran gradasi seperti sebelumnya juga akan menciptakan hasil yang menarik.



Hasil Akhir
Inilah hasil akhir dari tutorial kali ini, silahkan berimprovisasi dan mengembangkannya kedalam karya-karya yang lebih dinamis, good luck!



Tentang Penulis
Ian — Freelance graphic designer yang juga calon sarjana teknik. Menekuni bidang illustrasi, karakter dan vector grafis secara umum. Suka gambar dan doodling, sesekali meluangkan waktu untuk membuat komik strip.
email : ianmixraz[at]gmail.com | facebook : IkazNarsis | all post by Ian


Share On:

7 Responses to “ Membuat Efek Plasma dengan Illustrator ”

  1. Jun says:

    Nice bro....I like it,...^_^

  2. nice... keep posting
    ds mantep dah

  3. bagus nihhh postingannya gan :) i'll try

  4. ian says:

    Terima kasih, semoga bisa menjadi bahan pembelajaran yang menyenangkan..

  5. mantab mas bro....
    tambahin terus ya tutorialnya ,.....
    aku tunggu...

  6. Saeful Patlot says:

    MANTAP GAN!!!

Leave a Reply