20111229 4

Tutorial Illustrator - Simple Flower

in

Di tutorial kali ini, kita akan belajar membuat bentuk melingkar dengan sumbu yang akurat menggunakan Adobe Illustrator. Tehnik semacam ini sangat bermanfaat untuk membuat bentuk-bentuk spesifik seperti pada simbol maupun logo. Tutorial ini menggunakan studi kasus membuat bentuk bunga sederhana. Kamu juga dapat berimprovisasi dengan bentuk-bentuk lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!






Step 1
Buat dua buah bentuk ellipsemenggunakan ellipse tool (L), posisikan dan beri warna seperti pada gambar dibawah.


Step 2
Ubah Blending Mode dari kedua ellipse tersebut menjadi Multiply.


Step 3
Seleksi kedua ellipse tersebut, tahan tombol Alt di keyboard, kemudian drag kebawah untuk membuat kopiannya.


Step 4
Seleksi dua buah ellipse hasil kopian, kemudian pilih Object > Transform > Reflect lalu check pada bagian vertical untuk membalik objek secara vertikal. Lakukan langkah yang sama sekali lagi, tapi kali ini conteng pada Horizontal.


Step 5
Seleksi seluruh ellipse yang ada, kemudian pilih Object > Transform > Rotate. Pada jendela Rotate, isi bagian Angle = 22.5, lalu klik tombol copy.


Step 6
Tekan tombol Ctrl+D di keyboard untuk mengulang proses kopian sampai objek ellipse tadi membentuk visual seperti gambar dibawah. Jika sudah, seleksi semua ellipse lalu tekan tombol Ctrl+G di keyboard untuk mengroupkannya.


Step 7
Buat sebuah lingkaran, dan beri warna gradasi dengan Gradient tool (G) seperti gambar dibawah. Seleksi semua objek (grup ellipse dan lingkaran), klik pada grup ellipse, lalu klik ikon vertical dan horizontal pada Align palette. Langkah ini untuk membuat objek lingkaran berada tepat ditengah-tengah kumpulan objek ellipse.


Step 8
Jika sudah, seleksi objek lingkaran, kemudian buka Appearance palette. Pada Appearance palette, klik list icon disudut kanan atas lalu pilih Add new fill, Maka sebuah fill baru akan ditambahkan untuk objek lingkaran.


Step 9
Klik tanda panah di bagian warna pada fill baru tersebut, kemudian klik ikon swatch libraries menu, lalu pilih Pattern > Basic Graphic > Basic Graphic Textures.. Pilih tekstur bernama Stiple Irregular.


Step 10
Ubah blend mode dari fill baru tersebut menjadi Overlay.


Hasil Akhir


Ini adalah hasil akhir setelah ditambahkan sedikit teks dan soft background. Semoga tutorial Illustrator ini bermanfaat dan dapat diimprove lebih jauh sehingga menghasilkan karya yang lebih baik, Selamat mencoba!


Tentang Penulis
Ajir — Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian.
email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio | all post by Ajir

Share On:

4 Responses to “ Tutorial Illustrator - Simple Flower ”

  1. Anonim says:

    awesome...

  2. dapet ilmu lagi... joss!

  3. info yang bermanfaat nih gan..

Leave a Reply