20111117 8

Perbedaan Typeface dan Font

in , , ,

Tipografi memainkan peranan yang sangat besar dalam desain. Hampir di setiap materi desain grafis, terdapat seni tipografi didalamnya. Dengan perkembangan yang sudah begitu jauh, Tipografi mengalami berbagai pergeseran dan hadir dengan seperangkat istilah-istilah akademis yang cukup kompleks. Sehingga tidak jarang membingungkan, tidak hanya dikalangan awam, tapi bahkan desainer grafis itu sendiri. Salah satu bentuk salah paham yang paling sering muncul adalah terkait perbedaan antara Typeface dan Font.



Typeface seringkali disebut Font atau sebaliknya, Font juga sering disebut sebagai Typeface. Perbedaan ini sering menyebabkan salah pemahaman di dunia tipografi dan desain grafis pada umumnya. Sejatinya, kedua istilah ini memiliki pengertian yang berbeda.

Typeface
Typeface adalah rancangan karakter dari sekumpulan huruf. Typeface merupakan "perwajahan" yang membentuk karakteristik suatu kumpulan huruf sehingga membedakannya dengan jenis huruf yang lain.

Font
Font adalah suatu kumpulan lengkap dari huruf, angka, simbol, atau karakter yang memiliki ukuran dan karakter tertentu.


Perbedaan Typeface dan Font:

Secara sederhana, Typeface bisa disebut sebagai entitas, yakni perwajahan, karakteristik, keunikan, dan perbedaan yang terbentuk didalam rancangan karakter huruf. Sedangkan font bisa disebut sebagai kuantitas, yakni bobot, massa, dan jumlah dari serangkaian karakter huruf.

Tidak semua typeface bisa disebut font, misalnya typeface yang dirancang hanya sebagian huruf untuk keperluan logo. Sebaliknya, tidak juga semua font bisa disebut typeface, font jenis dingbat (ornamen dan karakter) misalnya, Karena bukan merupakan rancangan huruf.


Typeface untuk Logo


Font jenis Dingbat

Analogi sederhana dan menarik disampaikan oleh Nick Sherman mengenai perbedaan typeface dan font :

"The way I relate the difference between 'typeface' and 'font' to my students is by comparing them to "'songs' and 'MP3s'"
————————————
"Cara saya menjelaskan perbedaan antara 'typeface' dan 'font' untuk murid-murid saya adalah dengan membandingkan mereka dengan 'lagu' dan 'MP3'"

Semoga bermanfaat!


Tentang Penulis
Ajir — Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian.
email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio | all post by Ajir

Share On:

8 Responses to “ Perbedaan Typeface dan Font ”

  1. Jaka says:

    seperti membedakan boh kayee dengan boh kreh :D
    hhehehe

  2. ajir says:

    Jaka >> Iya, seperti itu kira-kira.. :D

  3. leehartanto says:

    Hmmmmmpphhh..jdi itu dsebut "typeface" yh?! I see!!
    THX. Info yg bmanfaat!
    :)

  4. beneran bagus nih postingan gan,

Leave a Reply