20110909 6

Logo Garden dan Plagiarisme

in , , ,

LogoGarden.com merupakan sebuah situs yang ditujukan untuk eksekutif dan pebisnis yang ingin membuat sendiri logo perusahaan mereka dengan biaya yang minim. Situs ini dibekali dengan aplikasi sederhana dengan kemampuan yang sangat minimal untuk membuat logo. Masalah kemudian muncul karena Logo Garden menyediakan template/clipartmenggunakan simbol-simbol yang dibuat oleh desainer logo lain dan telah digunakan oleh perusahaan tertentu. komunitas desainer diseluruh dunia pun protes keras dan mendesak agar situs ini segera ditutup terkait dengan isu plagiarisme.





Jeff Fisher aka Logomotives adalah salah satu dari sekian banyak desainer logo profesional yang dicuri logonya oleh Logo Garden. Dalam blognya, Jeff Fisher mengungkapkan kekesalannya sekaligus menampilkan screenshoot logo-logonya di situs Logo Garden.




Tidak hanya itu, logo-logo yang sudah 'mendunia' dan disandang perusahaan besar juga ikut-ikutan dicuri. Sebut saja salah satunya WWF dengan simbol panda yang dihargai 69$ disitus ini.


Setelah mendapat respon yang cukup keras dari komunitas desainer, Logo Garden merespon melalui page Facebooknya :
"On LogoGarden's Facebook page and other social channels, we immediately responded, saying we would remove any offending symbols as they were spotted. In days that followed, we did so and let the design community know. We ourselves found other apparent duplicates and removed them. I wish to thank the design professionals who helped us identify offending symbols."
—————
"Melalui halaman Facebook Logo Garden dan jaringan sosial lainnya, kami secara berkala merespon dan berkata bahwa kami akan menghapus setiap simbol yang tidak legal yang kami temui. Di hari berikutnya, kami tetap melakukannya dan membiarkan komunitas desain tahu. Kami sendiri yang menemukan (logo) plagiat lainnya dan menghapusnya. Saya ingin berterima kasih kepada para desainer profesional yang membantu menemukan simbol-simbol yang tidak legal."

Situs template logo semacam ini sejatinya adalah sebuah masalah bagi konsumennya. Konsumen dibiarkan merancang logo dengan template general tanpa pengetahuan yang cukup tentang desain komunikasi visual dan visual branding. Di tambah dengan masalah plagiarisme, maka lengkaplah sudah. Apakah Logo Garden secara berkala akan melanjutkan penghapusan logo-logo plagiat disitusnya? Kita tunggu kabar berikutnya!
Bagaimana menurut kamu? Silahkan berbagi pendapat..


Bacaan lain terkait isu plagiarisme di Logo Garden :

- LogoGarden.com harvests logos from pros
- WWF's Panda logo. Yours for $69.
- LogoGarden: Copyright and Do-It-Yourself Logos
- Stop LogoGarden’s Logo Theft


tentang penulis


Ajir
Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian.
email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio
view all post by Ajir



Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!


Share On:

6 Responses to “ Logo Garden dan Plagiarisme ”

  1. hmmm....kayaknx kontes logo yang ada harus memiliki kebijakan yang lebih ketat....

    soalnya jangan sampai,...kontes logo yang awalnya berniat baik.....namun ternyata disalahgunakan...oleh pihak tertentu...

  2. ajir says:

    Ferdy > sebenarnya LogoGarden bukan situs kontes logo, tapi tidak jarang hal-hal serupa juga terjadi di situs kontes desain logo, miris memang.

  3. wah, makasih banget gan infonya :-D

  4. Logo garden is not content site logo.

Leave a Reply