20110915 7

Desain Grafis dan Pernikahan

in ,

Menurut saya, ada 3 siklus penting dalam kehidupan manusia (ini adalah pandangan subjektif berdasarkan pada mayoritas manusia), yang pertama adalah KELAHIRAN, kedua adalah PERKAWINAN dan terakhir adalah KEMATIAN. ke tiga hal di atas merupakan hal penting dalam hidup, Hampir semua kebudayaan yang ada di bumi ini mensakralkan ke tiga siklus tersebut. Upacara-upacara dari yang klenik sampai yang kontemporer dilakukan untuk ketiga hal di atas. Kali ini, desainstudio akan membahas yang No.2 (mumpung masih bulan syawal..hehehe).



Percaya atau tidak, Desain Grafis tidak melulu berbicara masalah branding, logo, tipografi, web atapun gambar. Desain grafis ternyata juga berhubungan erat dengan pernikahan..yaa! Jika kamu belum menikah, paling tidak suatu saat nanti kamu perlu seorang desain grafis untuk mendesain undangan pernikahan kamu bukan? Lantas apa-apa saja kaitan antara desain grafis dan pernikahan? Hmm, simak beberapa poin berikut ini :


1. Kesamaan

Pekerjaan seorang desainer grafis tidak jauh berbeda dengan mempersiapkan sebuah pernikahan. Ada beberapa proses yang cukup mirip antara desain grafis dengan persiapan pernikahan Jika kamu seorang desainer grafis dan melalui proses-proses ini, pastinya nanti tidak canggung ketika menghadapi proses persiapan pernikahan :D. Menurut graphicdesignblog.org, kemiripan tersebut antara lain meliputi :

- Anggaran (budget)
- Berpacu dengan Waktu
- Segalanya harus berjalan dengan sempurna
- Diperlukan adanya kontrak/perjanjian
- Diperlukan adanya latihan
- Banyak keputusan yang harus diambil
- Proses yang dilalui bisa bikin stress




Untuk ulasan selengkapnya, kamu bisa lihat disini :
Graphic Design Project is like a Wedding – Believe it or Not??


2. Dokumentasi Visual

Fotografi dan desain grafis adalah dua profesi yang setali tiga uang, sama-sama menjual ide dengan polesan estetika untuk memunculkan daya tarik. Proses yang dilalui dalam berkarya juga mirip, sama-sama membutuhkan pengetahuan dan tehnik yang diasah terus menerus, serta berdasarkan pengalaman dan nilai estetis yang tumbuh berdasarkan proses yang telah dicapai. The Uppermost adalah salah satu (tim) fotografer profesional yang khusus menangani Wedding Photography. Mereka menjual ide, tehnik, dan komposisi yang menarik dengan sentuhan nilai artistik yang tidak biasa. Kamu bisa melihat karya-karya Wedding Photography dari The Uppermost disini : www.theuppermost.com






3. Weeding Invitation

Undangan pernikahan pada dasarnya hanya berisikan informasi tentang tempat dan tanggal pernikahan (namanya juga undangan :D). namun seiring waktu, undangan pernikahan lebih dari sekedar "mengundang", ia bercerita banyak tentang hal-hal estetis dari sebuah pernikahan. ia seperti branding sebuah perusahaan, bahkan dapat menunjukkan kelas-kelas sosial. berikut beberapa desain undangan pernikahan cantik dari berbagai desainer grafis .




Tentu masih banyak lagi peran desain grafis dalam sebuah acara pernikahan, apalagi karena itu adalah momen sakral yang dilakukan paling tidak sekali seumur hidup. Tentu setiap pasangan ingin momen tersebut menjadi momen yang terbaik. Bagaimana pendapat kamu tentang hal ini? :)

*note : Hari ini bertepatan dengan hari pernikahan penulis. Seluruh tim Desain Studio mengucapkan selamat berbahagia dan selamat menempuh hidup baru! :D Mohon juga doa restu dari para pembaca sekalian. :)


tentang penulis

Angga
Desainer grafis dan seorang antropolog. Menemukan semangat baru ketika melihat desain grafis dari sisi seorang Antropolog. Mencoba menggabungkan seni grafis ke dalam etnografi, dan mengaplikasikannya dalam dunia nyata.
email : angga.rizal[at]gmail.com | twitter : @anggaishere
view all post by Angga


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

7 Responses to “ Desain Grafis dan Pernikahan ”

  1. Chuz says:

    kereen sekali..

    saya mau tanya bagaimana cara membuat stroke jadi tampak mengkilat seperti cahaya neon gt ya pak...??

    terima kasih

  2. Chuz says:

    kereen sekali..

    saya mau tanya bagaimana cara membuat stroke jadi tampak mengkilat seperti cahaya neon gt ya pak...??

    terima kasih

  3. Chuz says:

    kereen sekali..

    saya mau tanya bagaimana cara membuat stroke jadi tampak mengkilat seperti cahaya neon gt ya pak...??

    terima kasih

  4. Chuz says:

    kereen sekali..

    saya mau tanya bagaimana cara membuat stroke jadi tampak mengkilat seperti cahaya neon gt ya pak...??

    terima kasih

  5. bagus , jempol deh buwat nih posting :)

Leave a Reply