20110826 4

Membuat Wallpaper Colorful dan Elegan dengan Adobe Illustrator

in

Di tutorial kali ini, kita akan belajar membuat wallpaper colorful dan elegan menggunakan Adobe Illustrator. Tidak begitu sulit, hanya mengandalkan beberapa tehnik sederhana serta memanfaat fungsi Blending Mode. Tutorial sederhana ini ditujukan untuk pemula dan tingkat menengah dan diharapkan memberikan pencerahaan kepada pembaca dalam memahami bagaimana blending mode di Illustrator berperan besar jika kita dapat memanfaatkannya dengan baik. Lets get started!




Step 1
Buat dokumen baru, biasanya dalam format defaultnya ukuran artboard A4, Weight 29,7 x Height 21 cm, pilih yang Landscape.




Step 2
Buat kotak dengan Rectangle Tool (M), ukurannya sebesar Artboard
Pilih Gradient tool (G), atur Angle nya menjadi -90 derajat, lihat gambar dibawah, kemudian tekan Ctrl+2 di keyboard untuk mengunci (lock) kotak tersebut,



Step 3
Buat kembali kotak memanjang kebawah (terlihat seperti gambar dibawah) dan atur angle Gradient-nya menjadi 0 derajat.


Step 4
Kemudian perbanyak kotak tersebut hingga menutupi area kotak yg sebelumnya. (Tips : agar memudahkan membuat kotak yg banyak, setelah melakukan duplikasi kotak yg pertama, selanjutnya tekan Ctrl+D di keyboard) lalu seleksi seluruhnya kotak tersebut dan tekan Ctrl+G (Group) di keyboard.


Step 5
Ubah transparency di bagian Blend Mode nya dengan Multiply…lihat gambar dibawah, kemudian tekan Ctrl+2 di key board untuk mengunci


Step 6
Buat kotak baru sebesar ukuran Artboard, kemudian beri warna gradasi Green, Yellow, Orange, terlihat seperti panah dibawah


Step 7
Selanjutnya ubah Tranparency di bagian blend modenya dengan Multiply.


Step 8
Masih dalam keadaan kotak gradasi terseleksi, Tekan Ctrl+C dan Ctrl+F untuk membuat duplikasi kotak tepat diatasnya, lalu turunkan opacity kotak hasil duplikasi menjadi 65 %.


Step 9
Selanjutnya Copy Paste gambar artis JOJO yang bisa didownload disini, dan posisikan di bagian samping, (lihat gambar dibawah)


Step 10
Lalu ubah Tranparecy di bagian Blend Modenya dengan Multiply, hingga menghasilkan seperti gambar dibawah, cukup menarik bukan….;)


Hasil Akhir



Sebenarnya tidak begitu sulit jika kita mau menguasai Adobe Illustrator, kuncinya kita harus melatihnya terus menerus, jika kita sudah pernah memakai Adobe Photoshop, tool-tool yang digunakan di Adobe Illustrator tidak jauh berbeda. Saya yakin tidak butuh waktu yang lama untuk bisa mempelajarinya, selamat mencoba! ^_^


tentang penulis

Jun
Desainer grafis dan illustrator. Percaya bahwa desain grafis berperan merubah dunia ke arah yang lebih baik. Bercita-cita mendirikan sebuah agency desain grafis bertaraf internasional.
email : jun27travolta[at]gmail.com | facebook : Herjuna Juntravolta
view all post by Jun


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!


Share On:

4 Responses to “ Membuat Wallpaper Colorful dan Elegan dengan Adobe Illustrator ”

  1. Dedi Dimeng says:

    Makasih Banyak Tutorialnya, soalnya Mac Osx g kompatibel dengan Corel jadi harus membiasakan diri dengan AI.

  2. Anonim says:

    lumayan keren..pingin belajar ilustrator jadinya....

  3. Anonim says:

    gak bisa2 gan....
    baru nyoba AI."
    heheheee...

Leave a Reply