20110819 2

10 Pekerjaan Berbasiskan Ide Kreatif

in ,

Banyak berkembang dimasyarakat luas sekarang bahwa modal selalu berbentuk uang, “Gak ada uang mana bisa kerja”, Meskipun uang itu hal yang penting, namun ada hal lain bentuk modal yang tidak selalu identik dengan uang yaitu Ide. Ya, ide kreatiflah modal anda!. Dengan kata lain ide kreatif bisa menjadi aset paling berharga jika difungsikan dengan baik. Lagi pula, ide itu gratis anugrah dari Tuhan, tinggal bagaimana kita menjemput dan mengolahnya menjadi output yang positif.

Berikut beberapa pekerjaan yang dapat dijalankan dengan mengandalkan ide. Semakin kreatif ide anda, semakin sukses pula anda nantinya…;)


1. Copywriter



Copywriter adalah pekerjaan yang menciptakan rangkaian kata yang memiliki nilai jual. Seorang copywriter biasanya berhubungan dengan kegiatan periklanan. Kata-kata yang mereka ciptakan biasanya akan menjadi slogan atau moto sebuah produk. Contoh : slogan Nokia, “Connecting people”, atau "Just Do It"-nya Nike.

2. Penulis Artikel

Sebuah artikel biasanya disajikan secara singkat, padat, dan jelas, tidak bertele-tele, dan pastinya memiliki daya tarik. Sebuah artikel yang bagus selain harus memiliki data yang valid, seorang penulis harus benar-benar memiliki otak kreatif yang mumpuni, tujuannya adalah supaya bisa menciptakan tulisan yang mengangkat masalah sehari-hari menjadi berita yang layak dikonsumsi.

3. Desain Karakter 


Sudah menjadi rahasia umum bahwa pekerjaan desain karakter ini masih belum cukup dikenal luas di masyarakat Indonesia. Dibutuhkan suatu pemikiran yang ekstra untuk membuat sebuah karakter yang disukai banyak orang, apalagi jika harus dipakai dalam suatu video game. Contoh karakter yang sukses sekarang adalah karakter Ben 10, banyak perusahaan-perusahaan video game berlomba-lomba ingin memakai karakter ini dalam video game terbaru mereka.

4. Desain Website

Desainer website yang handal adalah desainer yang tidak hanya mampu membuat sebuah website dengan desain yang indah, tapi juga mampu membuat interface-nya fungsional. Anda yang memiliki ide-ide kreatif dan basis pengetahuan yang cukup tentang perancangan website bisa maraup untung yang besar jika mau menggeluti pekerjaan ini.

5. Pelukis

Melukis tidak hanya bisa dilakukan pada kanvas dan dilakukan oleh para seniman yang telah berlatih puluhan tahun, melainkan bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki imajinasi, kreatifitas, dan yang paling penting kemauan untuk mengasah keterampilan. Melukis tidak lagi disajikan dalam media kanvas semata, bisa juga pada media botol, sepatu, topeng, krudung dan lain-lain.

6. Online Tutoring

Hmmm,..Online Tutoring yang dimaksud ini bukanlah pekerjaan yang biasa kami (Tim Desain Studio) lakukan selama ini, melainkan pekerjaan sebagai Guru Les Privat Online. Bimbingan belajar secara online ini dirancang untuk memungkinkan proses pembelajaran jarak jauh. Komunikasi antara para murid dengan pemberi tutor (Guru) juga dilakukan secara online melalui video, audio, ataupun e-mail.

7. Desainer Presentasi

Tidak semua orang mengerti bagaimana cara melakukan presentasi yang menarik dan informative. Biasanya mereka hanya berusaha menjelaskan ala kadarnya dengan beberapa tulisan-tulisan semata. Padahal dibutuhkan suatu daya kreatifitas yang tinggi untuk menghasilkan presentasi yang bagus agar orang-orang percaya bahwa sesuatu yang dipresentasikan akan berhasil.

8. Ghost Writing

Jenis pekerjaan ini sangat popular di Amerika Serikat dan Eropa. Ghostwriting adalah professional yang membuat suatu tulisan atau menulis sebuah buku atas nama atau pesanan orang lain. Kok mau ya dia nulis buat orang lain? Bukannya dia bisa nulis untuk dirinya sendiri!?, dan mengambil keuntungan sepenuhnya untuk dirinya…!! mmmm…kalo mau lebih jelasnya searching Google aja ya….hehehehehe :D

9. Penulis Resensi

Pekerjaan ini tidak membutuhkan modal financial yang banyak, tetapi menuntut keahlian khusus dalam bidang tulis menulis, dan tentu saja ide yang cemerlang yang akan membuat tulisan anda menjadi lebih bermakna. Pekerjaan ini memiliki tantangan tersendiri, penulis ditantang untuk mampu mengeksplorasi dan mengulas isi sebuah buku secara proporsional dan objectif.

10. Story Boarding 


Storyboarding merupakan rangkaian gambar sketsa yang mempresentasikan alur sebuah cerita. Meskipun pembuat storyboarding tidak terlibat secara signifikan dalam pembuatan cerita atau iklan, tetapi hasil dari pembuatan cerita itu sendiri sangat tergantung dari ide-ide para pembuat storyboarding. Keberadaan storyboarding sangat dibutuhkan sutradara dimana mereka dapat membantu mengetahui masalah-masalah sebelum proses syuting dimulai.


Yap! Ternyata modal bukan cuma duit saja bukan?
Ini hanya beberapa contoh dari sekian banyak kerjaan lainnya yang mengandalkan ide sebagai modal utama. Ada yang ingin menambahkan? Silahkan berkomentar! :)

tentang penulis

Jun
Desainer grafis dan illustrator. Percaya bahwa desain grafis berperan merubah dunia ke arah yang lebih baik. Bercita-cita mendirikan sebuah agency desain grafis bertaraf internasional.
email : jun27travolta[at]gmail.com | facebook : Herjuna Juntravolta
view all post by Jun


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

 

Share On:

2 Responses to “ 10 Pekerjaan Berbasiskan Ide Kreatif ”

  1. Waah, bagus kak_
    Di tunggu yang lainnya kak_
    ^^

  2. Jaman sekarang harus se kreatif mungkin agar bisa di pandang lebih dalam hal bekerja....

Leave a Reply