20110707 10

Ragam Tipe Klien dalam Desain Grafis

in , ,

Desainer grafis selalu dituntut untuk pandai-pandai dan komunikatif dalam berinteraksi dengan klien. Hal ini tentu tidak mudah, kadang tindakan klien sering diluar dugaan dan tidak bisa ditebak. Jika sudah begini, tantangan bagi desainer adalah menjaga ritme project agar tetap berjalan di jalur yang tepat dan berakhir happy ending. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya membagi tipe-tipe klien yang pernah saya temui kedalam beberapa kelompok besar berikut ini. Dan tentunya, kamu juga bisa berbagi cerita seputar tipe klien lain yang pernah kamu hadapi. :)




1. Tipikal Paling Penting



Tipe klien seperti ini sering kali adalah orang penting dan super sibuk. Biasanya, proyek dari mereka harus diutamakan dan selesai dalam deadline yang singkat. Kabar baiknya, mereka tidak mempermasalahkan soal bayaran dan selalu punya budget yang bagus, sesuatu yang membuat permintaan klien semacam ini sulit untuk ditolak.


2. Tipikal Bingung & Ragu-ragu



Tipikal seperti ini tidak hanya punya pribadi yang bingung dan ragu-ragu, tapi juga membingungkan orang lain yang dalam konteks ini adalah desainer grafis. Mereka sendiri tidak tau apa yang mereka inginkan. Dialog standar yang lazim terjadi antara desainer dan klien semacam ini kira-kira begini :

Desainer : "Punya gambaran kira-kira desainnya mau dibikin kayak apa?"
Klien : "Wah, saya ga tau. Pokoknya terserah kamu aja, gimana bagusnya.."

Setelah desain selesai..

Klien : "Wah, warnanya jangan gini, coba pakai warna-warna cerah! Trus fontnya juga ganti.. trus disekitar sini tambahin elemen-elemen warna-warni.. dan bla..bla..bla.."

BIngung kan!? :D


3. Tipikal Perfeksionis


Tipe klien seperti ini selalu menginginkan segala sesuatu selesai dengan sempurna. Akan ada banyak sekali revisi sampai kepada detail-detail yang kecil. Klien dengan tipikal perfeksionis juga selalu tepat waktu dan tidak mau menunda pekerjaan.


4. Tipikal Menyenangkan


Selamat jika kamu mendapatkan proyek dari klien seperti ini. Mereka pribadi yang menyenangkan dan mudah bergaul. Bagaimanapun desain yang kamu kerjakan, mereka akan merespon dengan sangat baik, seperti : "Wow, mantap! Ini baru desain yang keren!!" atau "Asik neh desainnya, cuma tinggal perbaiki sedikit di bagian sini, disini, dan disini..tapi overall udah bagus kok!". Yeah, mereka punya pribadi yang canggih dan sangat peka terhadap perasaan orang lain. Kabar buruknya, klien seperti ini langka. 1 diantara 1000 mungkin.. :D


5. Tipikal Mantan Desainer


Yap! Sesuai dengan namanya, klien seperti ini memang mantan desainer, atau setengah desainer, atau apalah namanya itu :D. Yang pasti, mereka punya sedikit pengetahuan lebih ketimbang orang awam tentang desain grafis. Biasanya mereka akan mencoba menggunakan istilah-istilah dalam desain grafis seperti tracing, bleed, serif, dsb untuk menunjukkan bahwa mereka juga "mengerti" atau "lebih mengerti" tentang desain grafis. Klien seperti ini haus akan pujian dan tidak suka diberi saran apalagi dikritik. Rendah hati adalah senjata paling ampuh untuk klien dengan tipe seperti ini.


6. Tipikal GapTek


Klien GapTek sangat kesulitan dalam memanfaatkan teknologi. Biasanya akan berimbas kepada hal-hal yang bersifat teknis. Jika kita terbiasa menggunakan email sebagai sarana komunikasi, mengirim dan bertukar data, maka untuk mereka, cara-cara manual dan tradisional terpaksa kembali harus ditempuh. Serasa kembali ke sepuluh tahun yang lalu.


7. Tipikal Suka Ngobrol


Klien seperti ini hampir mirip dengan klien pada poin no 4. Mereka menyenangkan dan juga mudah bergaul. Tapi biasanya akan sangat mengganggu karena mereka juga hobi ngobrol panjang lebar, apalagi jika kita sedang harus menyelesaikan pekerjaan. Cara yang terbaik adalah terbuka dan mengatakan apa adanya kondisi dan situasi yang kita hadapi. Hanya saja hati-hati, jangan sampai nadanya kedengaran seperti mengusir. :D


Sekedar sharing. jika punya pengalaman seputar klien, silahkan berbagi dengan yang lain melalui kolom komentar.

tentang penulis

Ajir
Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian.
email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio
view all post by Ajir


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

10 Responses to “ Ragam Tipe Klien dalam Desain Grafis ”

  1. Jun says:

    hahahaha.....mantap artikelnya...:D, gw suka
    oh ya kalo boleh nambah, Klien yang cerewet, itu biasa dijumpai pada ibu-ibu.seolah-olah mereka ngerti desain, pas dijelasain desainnya ga bgs seperti itu, eh malah di marah-marah....T_T
    oh Tuhan....

  2. Anonim says:

    alhamdulilah selama dapat yg nmer4..tapi kadang-kadang ada klien yang milih alternatif desain yg menurut saya itu bukan alternatif utama.tapi ya itu dia,kesukaan tiap orang beda-beda. :D

  3. ajir says:

    @ Jun > Hehe, sabar bro. Ibu-ibu emg begitu :D
    @ Anonim > Iya, selera sifatnya subjektif. Desainer grafis tugasnya memberi solusi yg tidak hanya mengacu kpd nilai estetis sebuah karya tapi juga fungsinya sebagai alat komunikasi.

  4. Andre Pratama says:

    wow.. nice articel.
    Kebetulan aq ada seorang klien dengan typical no.4, menyenangkan banget.... persis banget deh kyak deskripsinya.... dia cewek, ramah, energik, cantik lagi...... duh,malah pengen berlama2 ndesain pas di dampingi si klien... :D 1 dari 1000 ada padaku..... he he he

  5. ajir says:

    @Andre > Wow, Congrats!!! :D

  6. Mr.F says:

    Kalo saya bukan klien, tapi punya bos yang No.4. Buat saya yang masi newbie,punya atasan yang kritis,apresiatif,dan mengerti desain bisa meningkatkan skill desain juga.Walo kalo dihitung secara fee kurang masuk juga...:)

  7. Ben says:

    Yang No 4, Karna Langka 1:1000, Maka PeLIHARALAH yang terbaikmue ityuuu.....
    hehehe

  8. kayaknya bener bgd tu...hahaha

  9. sering banget ketemu No 2, hahah

  10. rata2 membikin kasian si desainer..sudah belajar mati2an tentang visual, nirmana, manual, teknik komputer, ilmu periklanan,dll

    selanjutnya desainer juga yang bertanggung jawab mengedukasi klien..

    berat benar jasa desainer..:D

Leave a Reply