20110706 8

Kumpulan Majalah Desain Grafis dan Seni Visual sebagai Rekomendasi Bacaan

in , ,

Mudahnya mencari sumber informasi dan edukasi via internet saat ini memang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dari media-media cetak, termasuk yang mengulas seputar desain grafis dan seni visual. Tidak semua media sanggup bertahan. Beberapa harus segera gulung tikar dan menghilang dari peredaran. Yang masih eksis selalu dituntut untuk menyajikan yang terbaik dan berbeda dari yang lain. Berikut adalah beberapa majalah grafis offline baik dari luar maupun dalam negeri sebagai rekomendasi bacaan dan bahan pembelajaran. :)




1) HOW Magazine


How adalah majalah yang bertujuan untuk membantu desainer dalam memecahkan setiap masalah dalam berkarya. Terlepas dari dimana mereka bekerja, untuk agency atau freelance. Didirikan pada tahun 1985, sekarang How telah menjadi penyelenggara event desain, lomba desain, seminar produk digital dan buku rutin setiap tahunnya untuk profesional desain.


2) Advance Photoshop


Advanced Photoshop menjamin bahwa akan selalu ada sesuatu yang baru setiap edisinya. Advanced Photoshop adalah majalah yang sempurna untuk memperdalam keterampilan Photoshop dan ditujukan untuk profesional. Setiap bulannya, Kamu dapat memiliki kesempatan untuk teknik dan keterampilan dengan sekelompok pengguna photoshop kreatif lainnya dari berbagai belahan dunia.


3) Communication Arts

Communication Arts adalah majalah jurnal terkemuka untuk komunikasi visual. Menampilkan poin-poin penting dalam pekerjaan di desain grafis, periklanan, ilustrasi, fotografi dan desain interaktif. Communication Arts menjadi majalah publikasi terkemuka yang mencakup semua aspek komunikasi visual.


4) Computer Arts

Computer Arts berisi saran profesional pada penciptaan seni digital dan ilustrasi. Computer Arts merupakan majalah untuk seniman digital dan desainer, menawarkan penjelasan yang kuat dari tutorial dan setiap pemecahan permasalahan, mulai dari manipulasi foto dengan Photoshop sampai membuat gambar vektor menakjubkan dengan Illustrator. Anda juga akan menemukan segudang tips dan trik untuk web desain, tipografi, 3D, animasi, dan multimedia. Sebuah referensi yang bagus berisi nasihat-nasihat dari para profesional.


5) Digital Arts

Digital Art adalah majalah terkemuka di Inggris untuk profesional kreatif, baik di media cetak maupun online. Digital Arts menyediakan konten yang relevan dan konsisten menjalankan ulasan eksklusif serta fitur yang berbeda dari majalah lain atau situs sejenis.


6) Layers Magazine

Setiap halamannya berisi tutorial - tutorial untuk Illustrator, InDesign, Photoshop, GoLive, Acrobat, After Effects, Premiere Pro, Dreamweaver dan Flash. Semua rahasia teknik Adobe yang begitu luar biasa disajikan ulasannya dengan sangat menarik melalui majalah ini.


7) Net

Net adalah majalah terkemuka untuk kategori desain dan pengembangan web. Selain fitur dan berita yang berbobot, Net juga menyediakan lebih dari 30 halaman berisi artikel tentang permasalahan-permasalahan serta tutorial-tutorial yang meliputi topik-topik seperti CSS, PHP, Flash, JavaScript, web grafis, dan banyak lagi.


8) Photoshop Creative

Photoshop Creative adalah majalah yang sempurna untuk belajar lebih lanjut tentang Photoshop. Setiap isu dan inspirasi dikemas dengan tutorial yang mencakup lingkup tehnik penggunaan Photoshop. Photoshop Creative akan membantu Kamu menjadi seniman digital dan pengguna Photoshop yang lebih baik.


9) Web Designer

Web Designer adalah majalah untuk materi iklan online yang ditujukan untuk industri profesional. Setiap bulannya menampilkan isu-isu tekhnologi terbaru yang mencakup XHTML, CSS, Flash dan Wordpress serta fitur hosting dan wawancara dengan orang-orang yang paling berpengaruh di komunitas web. Juga disediakan bonus CD untuk para pembacanya.


10) Concept

Majalah Concept merupakan salah satu majalah desain grafis Indonesia yang diterbitkan 2 bulan sekali oleh PT Concept Media untuk memenuhi kebutuhan informasi desain grafis dan referensi yang bermutu serta sumber inspirasi bagi para desainer grafis, creative director, art director dan semua insan kreatif yang berkecimpung di dunia desain grafis dan komunikasi visual.


11) Versus

Versus adalah majalah desain grafis Indonesia yang baru diluncurkan tahun 2008. Majalah ini terbit 2 bulan sekali dengan berbagai konten mengenai perkembangan desain grafis yang menarik. Namun sayangnya majalah ini hanya terbit dalam versi cetak dan tidak dapat kita nikmati secara online.


12) Babyboss

Babyboss adalah majalah kreatif dari Indonesia dengan gaya visual yang kuat. Babyboss juga dirancang dengan konsep editorial yang dinamis dan menghibur. Secara umum, majalah ini menyajikan showcase menarik dari seniman-seniman digital dengan beragam gaya visual.


tentang penulis

Jun
Desainer grafis dan illustrator. Percaya bahwa desain grafis berperan merubah dunia ke arah yang lebih baik. Bercita-cita mendirikan sebuah agency desain grafis bertaraf internasional.
email : jun27travolta[at]gmail.com | facebook : Herjuna Juntravolta
view all post by Jun


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

8 Responses to “ Kumpulan Majalah Desain Grafis dan Seni Visual sebagai Rekomendasi Bacaan ”

  1. Anonim says:

    pengen deh..... yg computer arts sama digital arts dijual di indonesia ga sih? :|

  2. Jun says:

    @Anonim.....hhhmmmm....spertinya ga di edarkan ke Indonesia deh....tapi bisa aja langsung cek ke website resminya....mungkin bisa dipesan...^_^

  3. ajir says:

    Tambahan bro..dari Indonesia juga : Visual Art (Majalah Seni Rupa)

  4. Jun says:

    @ajir.....thanks mas.....

  5. Aku mau beli salah satu majalah diatas, di gramedia ada kan..?

  6. Anonim says:

    @Anonim @Jun di Indonesia ada jual kok, coba saja cari di Periplus

  7. yang dijual di gramedia ada gak mas?
    babyboss sama concept udah gak terbit lagi issue yg baru...

  8. Anonim says:

    itu semuanya indonesia yang buat? atau impor? maksudnya original indonesia atau sejenis playboy indonesia?

Leave a Reply