20110701 5

Desain Grafis untuk Perubahan

in ,



Seberapa berpengaruhnya karya kamu bagi orang lain? Pernahkah kamu bermimpi jika suatu saat karya kamu akan menjadi inspirasi bagi orang lain bahkan penduduk dunia? Never stop Dreaming!. Dunia desain grafis telah berkembang demikian pesat seiring kemajuan peradaban manusia itu sendiri. Dari mulai menggambar pesan di atas media dinding gua (hieroglif) berlanjut di atas kulit, kertas lontar, bangunan (arsitektur) seperti sebuah candi, hingga sekarang dalam media digital. Semua berfungsi untuk menyampaikan “sesuatu” kepada orang lain.





Desain grafis menggunakan media visual untuk menyampaikan suatu pesan. Dari mulai dunia komersil seperti brand identity dan advertising, sampai dengan kampanye presiden hingga propaganda perang. Mungkin inilah sebabnya mengapa salah seorang kontributor di desainstudio percaya jika dunia desain grafis berperan merubah dunia. :) Tergantung ke arah mana kamu mau berkiblat : positif atau negatif.

Mungkin ini kiranya yang membuat Victor Papanek berkata dalam bukunya "Design for The Real World", peran desain beserta desainernya diupayakan menjadi pioner dalam mengatasi perubahan dan pembaruan.

Berikut adalah beberapa situs yang menggunakan desain grafis sebagai media menyampaikan pesan menghimbau dan mengajak kita untuk menjaga lingkungan.


1) Greenpeace

Greenpeace telah lama menjadi sebuah organisasi nirlaba yang mengkampanyekan penyelematan lingkungan. Mereka kerap mengadakan lomba-lomba desain poster untuk tujuan tersebut. Bagaimana sebuah tampilan visual bisa mewakili pesan perubahan?

check it out!






2) FuturArc

Arsitektur telah menjadi media yang sangat powerfull dalam mengkomunikasikan pesan dalam wujud nyata. Tahun 2011 ini futurarc mengadakan kontes desain bertema Green Issue bagi para perancang bangunan atau landscape bertema lingkungan hidup. Tebak siapa pemenang pertamanya? They come from Indonesia!


3) zodshopdesign

Zodshopdesign, merupakan situs yang khusus mendesain segala bentuk print design mulai dari brosur, leaflet, logo hingga kemasan produk dengan tema lingkungan. Daripada bersaing di tengah komersialisme desain, mereka berani memposisikan diri dengan tag line Environmentally sensitive design.



"The only important thing about design is how it relates to people."
Victor Papanek

Sangat disayangkan jika desain grafis, dengan segala potensinya untuk menghimbau khalayak ramai digunakan hanya sebatas alat untuk menunjang materi dan pemenuhan kebutuhan hidup. Seorang desainer grafis, sudah selayaknya berfikir untuk lebih memfungsikan karyanya bagi kepentingan orang banyak. Tidak masalah medianya apa, yang penting itu berfungsi bukan?

tentang penulis

Angga
Desainer grafis dan seorang antropolog. Menemukan semangat baru ketika melihat desain grafis dari sisi seorang Antropolog. Mencoba menggabungkan seni grafis ke dalam etnografi, dan mengaplikasikannya dalam dunia nyata.
email : angga.rizal[at]gmail.com | twitter : @anggaishere
view all post by Angga

Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

5 Responses to “ Desain Grafis untuk Perubahan ”

  1. artikel yang hebat!
    sangat terinspirasi sekali, tapi saya sendiri mendesain untuk kebutuhan komersil :D
    pasti anda juga :P

    Tapi mendesain komersil dengan menghimbau seperti kutipan diatas pasti sangat bermanfaat.

  2. aG says:

    Thanks Jaka ;)

    Mendesain (atau kegiatan lain) untuk kebutuhan komersil menurut saya perlu dilakukan. Itu tandanya kita menghargai waktu dan usaha kita, namun sebagian orang lupa dengan prinsip dan nilai-nilai penting yang ada di dalamnya.

    Artikel di atas bermaksud untuk "merefresh" kembali nilai-nilai tersebut. Bukankah lebih baik jika setiap karya/ usaha kita tidak hanya dihargai (dalam konteks komersil) namun juga dapat bermanfaat bagi banyak orang, dalam artian yang positif ;)

  3. woooww..keren banget artikelnya..yeah saya juga..saya mendesain dengan berorientasi pada uang..karena disamping terdesak kebutuhan,saya punya sebuah target besar disana..
    tapi hati kecil tak pernah bisa bohong..saya tetep bercita2 bisa mendesain untuk hati dan kepuasan pribadi..hingga mungkin bisa menciptakan sebuah Masterpiece!!..thanks lagi buat artikelnya..sangat menginspirasi!!

  4. artikelnya keren bos, boleh copas gak buat ngisi di blog saya yang masih baru?

  5. its amazing for this posting gan :-D

Leave a Reply