20110725 17

5 Alasan Kenapa Harus Bangga Jadi Desainer

in , ,

Jika di artikel minggu lalu di Desain Studio, kita melihat sisi yang patut diwaspadai sebelum menjadi seorang desainer grafis, maka kali ini mari kita lihat dari sisi sebaliknya. Sisi yang lebih cerah, dan mungkin membuat kita sama-sama semangat untuk terus berprofesi dan mencintai bidang ini. Sisi positif yang membuat kita pantas berbangga hati karena efek-efek yang ditimbulkannya. Lantas apa saja yang bisa dibanggakan dari menjadi seorang desainer grafis!? Check it out!





1) Agent of Changes



Serius!?....Yup!
Pernahkah kita sesekali berhenti sejenak dan coba merenung, coba lihat disekeliling kita. Baju yang kita pakai, striping motor, logo, bentuk mobil yang semakin aero dinamis, produk rumah tangga, rambu-rambu lalu lintas, poster kampanye partai, candi Borobudur yang mempunyai relief-relief bermakna sampai gambar-gambar asik yang di lukis manual pada badan belakang truk.

Semua adalah hasil karya desain seseorang..tidak bisa dipungkiri.. desain grafis telah banyak mengubah wajah dunia dan ikut dalam mewarnai tiap-tiap peradaban yang ada. So, jika kamu seorang desainer grafis.. bersiaplah! Karena kamu termasuk agen perubahan. Bisa ke arah yang negatif atau memilih arah yang positif.


2) Dinamis



Desain Grafis termasuk kedalam salah satu pekerjaan yang paling dinamis. Jika Teller Bank selalu ngitung duit orang lain setiap hari kerja dan Dosen mengajar pelajaran yang sama setiap semesternya (biasanya dengan buku panduan yang juga sama dari semester yang lalu)..maka seorang desainer grafis hampir tidak menemui pekerjaan yang nyaris sama di tiap projectnya. Hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri, sehingga pekerjaan ini benar-benar dinamis sekali. Seperti mencampur warna..tidak akan pernah habisnya. Dinamis berkorelasi positif dengan perkembangan, pertumbuhan dan pembaruan. Belum lagi seni berhubungan dengan klien. Desainer Grafis sejatinya harus selalu open-minded dan terbuka dengan setiap kemungkinan-kemungkinan baru.


3) Up to Date



Mau berteman atau cari pacar yang up to date!?
Please find a graphic designer! (sekalian promosi diri ni..hihihi) Desainer grafis sudah pasti selalu update hal-hal baru baik di dunia offline maupun online. Tidak terbatas di dunia karya visual saja, terkadang trend politik, budaya pop, iklan, perkembangan-perkembangan yang terjadi di sekitar kita kerap menjadi inspirasi dari karya visual itu sendiri. Yang sudah pasti, desainer grafis bukan orang yang gagap teknologi. Minimal mereka tahu cara buka email..hehehe.


4) Did Something


Ada tiga jenis orang di dunia ini..1. orang yang membuat sesuatu terwujud, 2. Orang yang melihat orang lain mewujudkan sesuatu, dan 3. Orang yang tidak tahu kalau sesuatu telah terwujud. Kamu ada diposisi mana? Jika kamu graphic designer..selamat!. karena kamu orang yang bukan hanya berpikir, tetapi mewujudkan pikiran kamu dalam eksekusi nyata (lebih baik lagi jika karya tersebut membawa perubahan bagi orang lain). Desain grafis ada untuk mewujudkan pikiran (yang tidak kelihatan) dan mentransformasikannya kedalam bentuk visual. Sebuah desain yang kamu pikirkan dan menjadi banner yang di pajang di pinggir jalan sudah cukup membuktikan kalau kamu sudah did something.


5) Kreatif


Kreatifitas adalah modal paling luar biasa yang diberikan Tuhan, Ia salah satu determinan dari akal. Menjadi desainer grafis sama saja menjadikan kamu seorang yang dipenuhi oleh daya kreatif, dan ide sebagai bahan bakarnya. So..jika mau mencari seseorang yang penuh dengan kreatifitas..temui para desainer grafis! Ide dan kreatifitas banyak berproses di dalam diri mereka, Satu lagi, desain grafis adalah profesi yang menuntut keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Dan tentu saja sebagai seorang manusia, seorang desainer grafis harus banyak-banyak bersyukur dengan point yang satu ini. Bersyukur kepada yang Maha Kreatif, yang mendesain segala sesuatunya dengan sangat detail, tepat dan akurat, He is The GOD Almighty.


Gimana? Udah bangga kan!? :D

Tentu masih banyak lagi sisi-sisi yang sangat patut untuk di perhitungkan dari seorang desainer. Kamu mau menambahkan? Silahkan memberikan komentar!


tentang penulis

Angga
Desainer grafis dan seorang antropolog. Menemukan semangat baru ketika melihat desain grafis dari sisi seorang Antropolog. Mencoba menggabungkan seni grafis ke dalam etnografi, dan mengaplikasikannya dalam dunia nyata.
email : angga.rizal[at]gmail.com | twitter : @anggaishere
view all post by Angga


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

17 Responses to “ 5 Alasan Kenapa Harus Bangga Jadi Desainer ”

  1. Andre Pratama says:

    Wahai para desainer... penyalur visi menjadi hal yang nyata... menginspirasi dengan karya2 nya walau hanya segores pena... Anda Luar Biasa!! kalo blum punya pacar... segera kunjungi para desainer... ha ha ha

  2. ajir says:

    artikel yg motivatif, mantap!

  3. aaN says:

    mungkin perlu ditambah satu point lagi..
    Sangat Penyabar..apalagi klu menghadapi klien yg penuh dgn "ornament" dan "highres". Pasti teman2 ngerti maksudnya ^^V Salam sukses selalu.

  4. Jun says:

    hhmmm.....memotivasi sekali....;)

  5. Anonim says:

    Ga selalu... Aq desain grafis 8 taun kalah bayarannya sama penjaga stand mall, mana susah cari pacar lagi T_T

  6. Anonim says:

    pecandu kopi, tidur ga teratur, duit ga terurus, belon punya pacar, meja berantakan, ga pernah liat matahari pagi... it's me.... hihiihi

  7. hahaha setuju tapi selalu ada sensasi indah ketika karya kita di puji orang lain guys :D

  8. luar biasa gan !!

    sensasinya saat karya kita dipuji orang gan !!

    LUAR BIASA !!

    asal kagak sombong aja gan !!

  9. teori yg membangun

  10. Anonim says:

    I Like It....

  11. imajinasinya harus jalan alo jadi desain grafis mah

  12. ijin copas. terima kasih :)

  13. pencitraan hihihi...
    nice post :D

  14. bener-bener keren yah desainer
    ga kayak saya cuma suka download film atau software aja :D

  15. Anonim says:

    good post! saya termotivasi sekali, jadi gak ragu terima job, big thanks. salam :)

Leave a Reply