20110519 8

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

in

Membuat Efek Asap dengan IllustratorTutorial ini akan menjelaskan cara membuat efek asap sederhana dengan Adobe Illustrator. Tidak ada teknik sulit yang digunakan disini, hanya beberapa penggunaan fungsi pada Illustrator seperti Blend dan Blending Mode. Hasil dari tutorial ini dapat kamu aplikasikan untuk berbagai keperluan dalam desain seperti membuat banner, brosur, dll. Well, mari langsung saja kita coba langkah demi langkah dalam tutorial ini! :)





STEP 1

Buat dokumen baru (Ctrl + N) di illustrator. Pastikan color mode yang digunakan adalah RGB.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

STEP 2

Buat dua buah garis abstrak (bisa menggunakan pen tool maupun pencil tool). beri warna outline garis pertama dengan warna putih, dan garis kedua dengan warna hitam. Background sementara saya beri warna biru agar kita bisa melihat warna garisnya.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

STEP 3

Sekarang saatnya menggunakan fungsi Blend. Pada menu bar pilih Object > Blend > Blend Option. Akan keluar pop up dimana kita bisa mengatur mode blend yang ingin digunakan, dalam hal ini, pilih Smooth Color.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

STEP 4

Aplikasikan blend pada garis yang kita buat tadi. Caranya, pilih kedua garis tsb, kemudian lari ke Object > Blend > Make (Alt + Ctrl + B). Sekarang kedua garis akan berbentuk seperti objek dibawah ini.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

STEP 5

Ulangi STEP 2 s/d STEP 4 untuk membuat beberapa bentuk abstrak seperti tadi, pastikan bentuknya cukup variatif agar menghasilkan bentuk asap yang dinamis dan menarik.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

STEP 6

Seleksi semua objek garis yang sudah diberi efek blend, kemudian lari ke Windows > Transparency. Atur blending mode pada palet Transparency menjadi Screen.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

HASIL AKHIR

Inilah hasil dari tutorial kali ini! Kamu bisa berimpovisasi dengan menurunkan nilai opacity pada objek untuk hasil yang lebih variatif. Jika punya kritik, saran, maupun pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Selamat berkarya! :)

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

tentang penulis


Ajir
Desainer grafis, blogger, juga pecandu kopi. Terobsesi dengan segala sesuatu terkait komunikasi visual. Bercita-cita ingin menjadi guru SD sebuah sekolah di pelosok desa yang jauh dari keramaian.
email : ajir86[at]gmail.com | twitter : @desain_studio
view all post by Ajir

Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

8 Responses to “ Membuat Efek Asap dengan Illustrator ”

  1. Amayzing..nice post gan :)

  2. ajir says:

    Thanks Hadi, semoga bermanfaat! :)

  3. wowh inspirasif, mkasih sharing nya mas, nambah ilmu jadinya. . .

  4. ajir says:

    Terima kasih mas Aby.. :)

  5. terima kasih sudah share tutorialnya, semoga blognya makin sukses

Leave a Reply