20110322 10

Tips : Menentukan Jenis Logo

in , ,

Desainer logo dalam rutinitasnya selalu bergelut dengan simbol, tipografi, dan penerapannya dalam komunikasi visual. Terkadang melalui proses yang sangat panjang dan cukup menguras pikiran. Tak jarang, kita cenderung untuk mengabaikan hal-hal kecil dan sederhana. Padahal mendesain logo membutuhkan strategi perencanaan yang detail dan menyeluruh. Salah satu yang paling sering dilupakan adalah menentukan jenis logo yang akan dirancang.


Pada dasarnya, jenis logo secara umum dikelompokkan kedalam tiga katagori : Iconic/symbolic (Logo yang memiliki ikon atau simbol), Logotype/wordmark (Logo yang terdiri atas huruf (Letter) tanpa simbol, dan combination mark (yaitu kombinasi antara simbol dan huruf).

Tips Menentukan Jenis Logo

Lantas bagaimana cara memilih jenis logo yang sesuai?

Berikut adalah tips-tips yang mungkin bermanfaat untuk menentukan jenis yang tepat untuk sebuah logo :

1. Nama Perusahaan

Untuk memilih jenis logo yang tepat, sebaiknya sesuaikan dengan nama perusahaan. Jika nama perusahaan cukup unik dan berbeda dari yang lain, sebaiknya logo yang digunakan adalah lettermark. Ini akan membuat nama perusahaan terlihat menonjol Sebaliknya, jika nama perusahaan terkesan umum dan berupa singkatan, maka dibutuhkan elemen bantu berupa ikon untuk menunjukkan identitas dan visi perusahaan.

Tips Menentukan Jenis Logo

Cocacola adalah nama yang unik, langkah yang tepat ketika logo perusahaan ini hanya terdiri dari huruf. Dalam kasus lain, Apple merupakan nama yang terbilang cukup umum dan mudah ditemukan dimana-mana. Icon yang digunakan dalam logo Apple membantu membuatnya unik dan mudah untuk dikenali.

2. Produk & Anak perusahaan

Faktor lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih jenis untuk logo adalah jenis-jenis produk dan kepemilikan anak perusahaan. Kenali produk perusahaan lebih jauh : Apakah perusahaan hanya menjual satu jenis produk? Apa ada kemungkinan perusahaan untuk menjual produk lain di masa akan datang? Serta, bagaimana koneksitas produk terhadap konsumen?, pertanyaan-pertanyaan tersebut dibutuhkan untuk merelevansikan suatu identitas dengan entitas yang diwakilinya. Selain itu, pertimbangkan juga faktor kepemilikan anak perusahaan : Apakah perusahaan merupakan perusahaan tunggal, Perusahaan induk, atau anak perusahaan. Kemungkinan-kemungkinan bahwa perusahaan akan membuka cabang suatu saat juga perlu untuk dijadikan pertimbangan dalam mendesain logo.

Tips Menentukan Jenis Logo

Starbucks baru-baru ini membuang kata "Starbucks Coffee" dari logo hingga hanya menyisakan ikon siren si putri duyung. Penyebabnya adalah karena Starbucks sekarang juga menyediakan beberapa jenis produk selain kopi. Penggunaan kata Coffee dalam logo sebelumnya tentu tidak relevan dengan jasa yang ditawarkan Starbucks sehingga redesain akhirnya menjadi solusi terbaik. Lain Starbucks lain pula NBCUniversal. Perusahaan jaringan televisi International ini membuang ikon merak yang sudah sangat dikenal didunia. Pasalnya adalah, NBCUniversal memiliki puluhan anak perusahaan, dan penggunaan ikon merak membuatnya terlihat lebih condong kepada salah satu anak perusahaan.

3. Media Komunikasi

Kenali juga media komunikasi yang akan digunakan oleh perusahaan. Setiap perusahaan punya ruang publikasi dengan tatanan medianya sendiri. Sebagai contoh, perusahaan penerbangan punya pesawat sedangkan perusahaan air mineral punya kemasan sebagai media komunikasi visual. Melihat fungsi masing-masing media akan sangat membantu untuk membuat kita memilih jenis logo yang tepat sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Tips Menentukan Jenis Logo

Toyota punya lambang yang sangat iconic untuk dibubuhkan dibagian depan mobil. Terlihat lebih simple dan elegan, bayangkan jika kata Toyota yang berada disana?

Bagaimana pendapat kamu? Mari berbagi di kolom komentar. :)

Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

10 Responses to “ Tips : Menentukan Jenis Logo ”

  1. aku selalu salut dengan designer logo apalagi yang keren semacam apple

  2. Wah, terima kasih [lagi] kak atas infonya, ini [dan yang lain] sangat membantu saya untuk mendesain logo blog saya_ ^^

  3. sangat bermanfaat untuk saya yang baru/newbie di desain grafis.

  4. hafidz qadry says:

    salute untuk yang punya blog ini,
    toyota memang best logo icon klo menurut saya
    sekilas semua huruf TOYOTA ada di logo tersebut
    coba perhatikan baik2..
    konsep desainer logo toyota is the best logo,
    sekali lagi menurut saya
    hehehe.. maju trus desainer indonesia
    terutama aceh

  5. Febrinaldi says:

    Langkah-langkah brainstorming yang bagus

  6. infonya bagus ..
    tapi kalau langkah pertama buat logo gimana gan ?
    salam sukses

  7. mas bro keren infonya
    tapi sekali kali bahas tentang simbol iluminati dalam sebuah logo desain dong

Leave a Reply