20110326 19

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Desain Grafis

in ,

Proses adalah suatu hal yang mutlak harus dilalui untuk mencapai sebuah tujuan. Dalam desain grafis pun demikian. Mari sejenak kita kembali ke saat-saat pertama kali belajar desain dan coba-coba menggunakan software grafis. Artikel kali ini mengangkat kecenderungan-kecenderungan yang biasa dilakukan oleh pemula ketika baru mengenal dunia desain grafis. Kesalahan-kesalahan mendasar yang mungkin semua desainer grafis pernah melakukannya.



1. Rainbow Background

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Desain Grafis

Beberapa software grafis seperti Adobe Illustrator dan Photoshop menyediakan palette warna colorful secara default. Kita dapat memilihnya dengan mudah tanpa harus mengerti teknik mengkombinasikan warna. Hal ini mungkin salah satu penyebab mengapa pemula dalam desain grafis sering kali menggunakannya sebagai background. Kombinasi warna seperti ini memang membuat desain menjadi colorful, tapi hati-hati!, Fokus desain kamu yang berada diatasnya malah akan sulit untuk dilihat. Selain itu, kombinasi warna seperti ini seringkali membuat mata menjadi sakit.

2. Emboss dan Shadow

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Desain Grafis

Belajar dan mempraktikkan teknik dan berbagai macam efek memang menyenangkan, saya sendiri merasakan itu pada saat baru belajar mendesain. Sayangnya, pemula terlalu berlebihan dalam menggunakannya sehingga mengesampingkan fungsi utama dari desain grafis itu sendiri, yaitu mengkomunikasikan pesan. Efek emboss dan Shadow, apabila digunakan tidak pada tempatnya akan mengganggu keterbacaan pesan dan dengan mudah membuat karya terkesan amatir.

3. Pemilihan Font yang Salah

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Desain Grafis

Comic sans MS, papyrus, dan Jokerman adalah font yang paling sering digunakan oleh mereka yang awam dibidang desain grafis, termasuk pemula yang baru belajar desain. Font-font tersebut sangat familiar hampir dimata semua orang karena terlalu sering digunakan. Cobalah bereksperiman dengan font lain. Ada banyak alternatif font yang tersedia di situs-situs yang menyediakan font gratis, dafont.com adalah salah satu yang saya rekomendasikan. Pelajari juga ilmu tipografi agar dapat menerapkan huruf secara fungsional pada desain.

4. Menggunakan Terlalu Banyak Font

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Desain Grafis

Sepertinya banyak orang yang merasa hebat kalau sudah menggunakan banyak font dalam sebuah desain. :D Batasi penggunaan font yang berlebihan. Desain yang baik adalah desain yang memiliki kesatuan, termasuk kesatuan dalam hal memilih huruf. Menggunakan banyak font akan menciptakan kekacauan dan merusak kesatuan sebuah desain.

5. Kombinasi Warna yang Berantakan

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Desain Grafis

Desainer pemula biasanya kesulitan dalam mengkomposisikan warna dalam karyanya. Biasanya kombinasi warna akan terlihat 'mengganggu' atau 'tabrakan'. Solusinya adalah dengan belajar teori warna. Perbanyak juga referensi pengetahuan kamu tentang warna dengan melihat komposisi warna yang digunakan oleh desainer-desainer lain.

6. Mengedepankan Ego

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Desain Grafis

Ekspresif adalah sifat dasar manusia, semua orang memilikinya. Tapi sebagai desainer grafis, kita dituntut untuk mengesampingkan ego. Belajar melihat dari sudut pandang lain dan melihat dengan cara yang berbeda. Desain grafis berbeda dengan seni murni yang memiliki ruang bebas untuk berekspresi dan berkreatifitas. Kreatifitas dalam desain grafis bisa diwujudkan melalui pemilihan strategi, bukan sekedar didasarkan pada keinginan hati.

7. Mengabaikan Proporsional Bentuk

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Desain Grafis

Proporsional bentuk bisa berarti keseimbangan sebuah bentuk. Dalam konteks desain grafis, ini bisa berupa huruf, simbol maupun gambar (image). Pemula seringkali mengabaikan aturan bentuk proporsional ini. Misalnya, menarik font sesuka hati hingga merusak struktur sebenarnya yang telah dirancang oleh desainer font tersebut. Pada gambar juga demikian, seringkali kita menemukan gambar dalam sebuah media visual yang sudah ditarik tanpa memperhatikan proporsional bentuk.

Kesimpulan

Kesalahan adalah hal yang wajar dalam proses pembelajaran. Hal terbaik adalah mencari solusi bagaimana cara mengatasinya. Hampir semua desainer grafis pernah melakukan kesalahan-kesalahan diatas, saya adalah satunya :D.
Bagaimana dengan kamu? mari berbagi pendapat!

image credit

Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

19 Responses to “ 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Desain Grafis ”

  1. Hhoho...
    Inspiratif banget.
    tapi ada kalanya, untuk bagian 1,3,4,5 dan 6 pastinya sengaja dibuat dan memperoleh hasil yang tentunya enak dipandang mata.

  2. nice bung marko, kesalahan-kesalahan tersebut harus segera di perbaiki jangan disimpan lama-lama, terus belajar dari kesalahan akan menjadi lebih baik

  3. Betul itu, saya juga risih saat mwlihat gambar atau tilisan yang ditarik-tarik sesuka hati hanya untuk memenuhi space_

  4. solusi nya lengkap dong om...

  5. andre pratama says:

    sip... ga perlu malu ngaku pemula deh, nih artikel buat kita2 untuk memperbaiki diri sebagai pemula....

  6. Anonim says:

    mantap gan..!!!
    hha,

    tapi solusinya apa ni??

  7. ya solusinya belajar. kalau dah pengalaman gampang tuk meluruskan kesalahannya. tapi kalau pemula kayak aku ne, jadi ya solusinya belajar. banyak meliat, de es be ge.

  8. Bagus untuk pembelajaran nih :), kunjungi juga saya ya http://www.riestagema.tumblr.com/

  9. Bener nich, kadang kita berlebihan dalam buat desain sampai lupa dengan pesan yang ingin disampaikan, justru kesederhanaan bisa jadi sebuah desain yang inspiratif..
    Lanjutkan!

  10. Anonim says:

    nice tips bos, tapi knp cuman dikasih contoh kesalahannya aja, contoh yg bener juga dikasih dung, biar kita2 juga bias belajar.... heheheee thx....

  11. leehartanto says:

    Well..kata guru sy,"LEARNING BY DOING"! Hohohoo.. ^^v
    Nice share,nway. Tengkyu..

  12. Mantap Gan ^_^
    Thanks ya

  13. Wkwkwkwk persis kayak ane dulu pas kelas 1 SMP. XD

  14. saya jadi malau, tapi bener apa yang dikatakan sobat, hampir semua design grafis pernah melakukan itu, hehhhe..... mantep nich bang, salam kenal :)

  15. adam says:

    heeh nih, utk point2 yg atas, jgn terpaku sama default settingnya software seperti potosop, soalnya hasilnya kurang bagus :)

    nice info, salam kenal

  16. Info bagus!
    Saya sering melakukan kesalahan-kesalahan di atas, padahal saya juga sering membaca teori-teori tersebut.
    Harus dibiasakan dalam mempraktekkannya supaya tidak terlalu sering mengulang kesalahan tersebut.

  17. Makasi infonya gan, jadi bisa mengurangi kesalahan di atas dalam mendesain.

    bagi agan yang berminat belajar membuat web bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/desain-grafis.html

Leave a Reply