20110129 2

Wawancara dengan Rahmat Kurniawan a.k.a Roompoetliar

in ,



Berangkat dari kecintaannya akan menggambar, Rahmat Kurniawan a.k.a Roompoetliar mengekspresikan kecintaannya terhadap budaya Indonesia melalui karya seni visual. Rahmat menggabungkan tema lokal dengan seni modern yang menghasilkan karya-karya unik dan sangat inspiratif. Beruntung kali ini, Desain Studio berkesempatan berbincang-bincang dengan Rahmat Kurniawan melalui sebuah wawancara singkat. Semoga wawancara ini dapat menginspirasi seniman-seniman lokal lainnya untuk dapat mengeksplorasi keindahan budaya lokal melalui sebuah karya. :)




Hai Mas Rahmat! Pertama-tama, bisa ceritakan sedikit tentang latar belakang anda? Serta bagaimana ceritanya sampai bisa terjun ke dunia seni visual?

hi, nama lengkap Rahmat Kurniawan, dipanggil iwan sejak kecil. Lahir di Kalimantan Tengah dan menghabiskan masa kecil dengan mengambar di atas tanah, kertas, dinding rumah, tembok pagar dan bermain di tanah bekas kebakaran hutan. Setamat sekolah menengah pertama langsung mondok di kota reog, jawa timur. Meskipun terkukung berbagai nilai disiplin yang lumayan keras, kegemaran mengambar masih saja diteruskan dengan mengurus mading kesenian, event kesenian, melukis, membuat komik hingga membuat buku tentang kartun . Tahun 2003 pindah ke Jogja sembari meneruskan sekolah ke perguruan tinggi tapi tak dinyana bertemu senior mondok yang kuliah di DKV ISI dan berniat untuk masuk ke sana. Takdir berkata lain dan saya lebih memilih FIB UGM sebagai tempat kuliah. Semua berubah pada tahun 2005 saat mulai ngutak-ngutik software grafis otodidak serta berteater ria. Tak terasa kuliah saya di FIB UGM terbengkalai dan arus membawa saya hanyut dalam dunia ilustrasi, layout, desain grafis serta event kreatif hingga saat ini.

Wawancara dengan Rahmat Kurniawan a.k.a Roompoetliar


Apa yang membuat anda tertarik dengan vector art? Kenapa lebih memilih vector art daripada bidang seni visual yang lain?

kenapa yah...menurut saya loh ya...vector art itu basic tapi punya efek expert dalam waktu dan kondisi yang pas (simplicity speaks more—red). Bagi saya Vector art adalah ilustrasi digital dengan olahan elemen vector (olahan grafis mengunakan bentuk dasar seperti titik (node), garis dan kurva ( potongan / poligon ) yang disusun secara sistematis untuk menghasilkan sebuah citra di komputer, bukan dengan software berbasis vector loh ya, hehehe. Kelebihan vector secara teknis adalah Simpel, Mudah, Ekonomis dan punya Resolusi Independent.


Bagaimana proses yang anda lewati dalam membuat sebuah karya vector?

hmmm....biasanya yang saya lakukan adalah

1. Draw it (sketch it then outline with brush pen / drawing pen / shoot it )

2. Scan it (you may skip it if you using shoot it step).

3. Open your vector sofware (i use Adobe Illustrator)

4. Convert your image to vector ( live trace for scanning file / using wacom for lineart ).

5. Color your artwork and shade it

6. Modify your Artwork ( Attitude )

7. Experiment your Attitude!

photo step by step proses illustrasi desain T-shirt salah satu karya Rahmat Kurniawan dapat dilihat disini: Create T-shirt Illustration

Wawancara dengan Rahmat Kurniawan a.k.a Roompoetliar


Sebagai salah satu seniman yang menggeluti karya seni vector dan illustrasi, menggambar pasti menjadi salah satu hal vital dalam proses berkarya. Adakah tips yang ingin dibagi terkait dalam meningkatkan kemampuan menggambar?

tips biar pintar mengambar (berasa jadi pak Tino Sidin), uhm, apa ya... aha, pertama banyak-banyak mencontek style gambar yang keren trus cari style yang enak dan kembangkan sendiri dengan basis nusantara 70 % dan global 30%..hahaha.

Wawancara dengan Rahmat Kurniawan a.k.a Roompoetliar


Dari mana datangnya inspirasi untuk berkarya?

Kebanyakan dari membaca buku hingga blog online.

Siapa tokoh yang menjadi influence dibidang desain/art?

Teguh santosa, R. A. Kosasih, ong harry wahyu, Wedha A.R, ahmad Thariq dan Steve Jobs.

Setahu saya, anda juga berkarya bersama tim di Rekarupa (perusahaan konsultan kreatif dibidang periklanan). Apa kelebihan dan kekurangan dari bekerja dengan tim dan bekerja sendiri?

Pertama, Rekarupa adalah konsultan kreatif dibidang periklanan yang berdiri sejak Februari 2007 dan menjadikan Unconventional Media sebagai menu kreatif spesial. Kedua, timnya berjumlah 2 orang dan saling suppot satu sama lain dalam projek komersil, sosial maupun pribadi. Ketiga, Rekarupa berbasis studio kreatif bukan perusahaan iklan (kami sudah buka cabang, yaitu; studio 21 dan XXI, hahaha...)

Wawancara dengan Rahmat Kurniawan a.k.a Roompoetliar


Ceritakan sedikit pengalaman paling berkesan dari project yang pernah anda kerjakan!

Hmmm, semua project tentu berkesan tetapi baru-baru ini emosi masa lalu saya ikutan mengerjakan media promosi sosial kecil-kecilan unplunged concertnya band indie favorit pas kuliah...karena teknis kerjaan jadi cuma punya waktu sehari untuk berpromo di sekeliling lingkungan kampus. Saya desain poster sendiri, cetak on demand sendiri dan dibantu teman-teman untuk menyebarkannya via online dan offline. Hasilnya sungguh diluar nalar. Banyak mereka yang datang dan mengira konsernya bakal disetting "wah" padahal seadanya banget...hahahaha...semua itu terbayar dengan semaraknya mereka ber-moshing ria, ikut beryanyi dan yang paling asik lagu favorit saya (liriknya begini; keringat...diperas ta cukup dinikmati, kerja yang tak kenal waktu dibalas caci maki..uyeah...sabar, kembali bersabar. Kembali bekerja apapun yang terjadi..uyeah!—pineapples band) dinyanyikan terus sebagai opening dan closing theme malam itu...hahaha.

Wawancara dengan Rahmat Kurniawan a.k.a Roompoetliar


Sebutkan lima website desain/art yang menjadi favorit anda!

deviantart.com
9gags.com
Fubiz.net
notcot.org
dan osocio.org


Adakah tips dan saran yang ingin disampaikan kepada pembaca Desain Studio?

when we begin to see drawing as a verb it explain why it's not an end to itself ~Genevieve Chua~
kalimat ini terus mengubah pola pikir saya.

Wawancara dengan Rahmat Kurniawan a.k.a Roompoetliar


Begitulah wawancara Desain Studio dengan Mas Rahmat Kurniawan a.k.a Roompoetliar. Mau liat karya-karya inspiratif yang lain dari Mas Rahmat? Silahkan kunjungi link berikut ini:

Deviantart
Behance
www.roompoetliar.com
institutvectorindonesia.com
Facebook

Nah, Bagaimana pendapat kamu tentang karya Rahmat Kurniawan di atas?
Silahkan berbagi dengan berkomentar!


Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain grafis dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

2 Responses to “ Wawancara dengan Rahmat Kurniawan a.k.a Roompoetliar ”

Leave a Reply