20110106 6

Light Leak Effect di Photoshop

in ,



Sesuai dengan namanya, efek light leak (cahaya bocor) awalnya muncul karena biasan cahaya lain yang merembes masuk pada sebuah foto. Kesalahan yang bersifat teknis dan umum terjadi pada saat memotret. Foto seperti ini awalnya dianggap gagal, cacat, dan tidak layak pakai. Namun bagi sebagian orang, foto seperti ini justru memberikan kesan klasik (vintage) dan nostalgia yang sangat kuat. Penggunaannya juga semakin sering, dari yang awalnya tidak disengaja menjadi disengaja. Hal yang lumrah jika kemudian efek ini semakin populer di dunia fotografi dan desain. Tips kali ini akan menjelaskan langkah sederhana memberikan efek light leak pada sebuah foto dengan Photoshop. Semoga bermanfaat..



STEP 1
Buka gambar yang ingin diberikan efek light leak. Gambar pada tutorial photoshop kali ini dapat ditemukan disini.

Light Leak Effect tutorial dan tips Photoshop

STEP 2
Masuk mode quick mask dengan menekan tombol Q di keyboard. Setelah itu, ubah warna foreground & Background menjadi default (hitam & putih) dengan menekan tombol D. Jika sudah, pilih Edit > Fill (Shift + F5). Maka tampilan pada layar akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Light Leak Effect tutorial dan tips Photoshop

STEP 3
Pilih Gradient Tool (G), lalu klik pada box gradient tool pada option palette (dibagian atas) untuk membuka gradient editor. Pada gradient editor, pilih metode gradasi hitam dan putih. Klik dan geser tanda kecil diantara kedua warna tersebut seperti gambar dibawah. Jika sudah, jangan lupa untuk memilih radial sebagai tipe gradasi.

Light Leak Effect tutorial dan tips Photoshop

STEP 4
Drag gradient tool dari bagian tengah area kerja ke arah pinggir seperti gambar dibawah.

Light Leak Effect tutorial dan tips Photoshop

STEP 5
Keluar dari mode quick mask dengan menekan kembali tombol Q. Maka sekarang akan ada seleksi dibagian tengah area kerja. Masih dengan seleksi aktif, pada layer palette, klik ikon create new fill or adjustment layer lalu pilih curve. Atur settingan curve (RGB, Red, Green, Blue) masing-masing seperti gambar dibawah ini.

Light Leak Effect tutorial dan tips Photoshop

Hasil Akhir

Inilah hasil akhir dari tips singkat Photoshop kali ini. Gambar pertama adalah foto original, dan gambar kedua setelah foto diberikan efek light leak. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan berkreasi.

Light Leak Effect tutorial dan tips Photoshop

Light Leak Effect tutorial dan tips Photoshop

Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain menarik lainnya dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

6 Responses to “ Light Leak Effect di Photoshop ”

  1. Salah satu tutorial yang orang anggap sulit padahal cukup mudah, namun banyak yan cari..

    mantap bung ocram!!

  2. ajir says:

    @Ikaz: Thanks bro! semoga bermanfaat..

  3. benerean keren jir efeknya :)

    he eh stuja jadi makin klasik ..

  4. ajir says:

    @Wiend :Thanks win..semoga bermanfaat!

  5. Wah cantik banget tuh :) modelnya tapi g secantik tutorial nya donk :) makasi da mau berbagi

  6. Hi all, recently a friend of mine asked me if I know a service to help pick up his studies because he has special problems with time. From my college years, I still have the name of the website with dissertation writing help https://essayhub.com/dissertation-writing-service. These guys helped my friend tighten his studies. They did their job perfectly and quickly. They helped him get all his grades up. I recommend them to everyone.

Leave a Reply