20101230 12

Wawancara dengan Surianto Rustan - Desainer Grafis dan Penulis Buku Desain

in , , ,

Bagi pecinta desain grafis di Indonesia, mungkin nama Surianto Rustan sudah tidak asing lagi. Beberapa tahun terakhir beliau menulis beberapa buku desain grafis, Sebuah dedikasi penting mengingat resource tentang konsep desain grafis yang masih minim di Indonesia. Beruntung kali ini, Desain Studio berkesempatan berbincang-bincang dengan beliau melalui sebuah wawancara singkat. Pasti akan banyak ilmu yang kita dapat dari pengalaman desainer grafis senior yang satu ini. Silahkan menikmati! :)

Hai Pak Rustan, terima kasih telah meluangkan waktu melakukan wawancara ini. Bisakah ceritakan kepada pembaca sedikit mengenai Anda? dan Kesibukan apa yang sedang dijalani saat ini?


Lahir & besar di Jakarta. Dari kecil senang menggambar, maunya sih jadi pelukis, tapi saya lihat pada saat itu berkarir sebagai pelukis kurang menjanjikan, akhirnya ambil jurusan DKV di Trisakti, lulus S1 tahun 1994. Sampai sekarang belum pernah kerja di perusahaan desain atau periklanan, tapi kerja di perusahaan umum, seperti Bank, Teknologi Informasi, sampai perusahaan analisa saham, sebagai desainer grafis. Tahun 2003 memutuskan freelance dan mulai mengajar di Univ. Pelita Harapan. Tahun 2008 mulai menulis buku pertama: LAYOUT dasar dan penerapannya, tahun 2009 buku kedua: Mendesain LOGO, buku ketiga terbit Januari 2011 berjudul: HURUFONTIPOGRAFI. Punya niat 1 tahun terbit 1 buku, visinya: mencerdaskan bangsa lewat bidang desain grafis.

Sekarang lagi sibuk mempersiapkan launching buku HURUFONTIPOGRAFI dan menilai tugas-tugas mahasiswa yang bertumpuk di rumah :)

Wawancara dengan Surianto Rustan - Desainer Grafis dan Penulis Buku Desain


sumber gambar


Apa latar belakang yang membuat Anda terjun dan fokus dibidang desain grafis?


1. suka dengan gambar dan suka menggambar
2. bisa mengekspresikan dan aktualisasi diri
3. karena pendidikan formal saya di bidang ini jadinya ya berkarir di bidang ini

Dimana biasa Anda mencari inspirasi?


Tidak terbatas tempat, bisa di mana saja, asal tidak berisik / ramai

Adakah tokoh yang menjadi influence untuk berkarya?


Yossi Lemel – seorang desainer grafis Israel yang dengan karya-karyanya telah membuktikan bahwa desain grafis sangat dapat mengubah paradigma masyarakat terhadap problem2 sosial.

Salah satu buku Anda yaitu Mendesain Logo, banyak bercerita mengenai proses kreatif didalamnya, apa aspek paling menarik dari mendesain sebuah logo bagi Anda?


Desain grafis itu adalah tentang problem-solution. Mendesain logo, bagi saya bagaikan bermain-main di playground / taman bermain. Bebas mau main apa saja. Permainannya adalah memecahkan masalah konsep dan visual.

Wawancara dengan Surianto Rustan - Desainer Grafis dan Penulis Buku Desain

sumber gambar



Bisa ceritakan sedikit proses yang Anda lakukan saat mendesain?


Terlebih dahulu saya ingatkan bahwa tiap orang yang sudah berkarir sebagai desainer punya metodenya sendiri2 dalam berkarya, jadi rumus tahapan / metode kerja hanya untuk yang baru belajar desain sebagai acuan baginya. Bagi saya, riset adalah keharusan. Untuk mendapatkan solusinya, problemnya harus tau dulu. Setelah dapat definisi problemnya, baru bisa mulai proses visual, biasanya hanya bermodal selembar kertas dan bolpen saja. Kadang dimulai dengan tulisan, kadang gambar, di tahap ini saya bisa bolak-balik antara manual dan komputer untuk mendapatkan alternatif desain yang paling ok. Terakhir merapikan desain untuk dipresentasikan kepada klien.

Apa proyek (desain ataupun menulis) yang paling berkesan yang pernah dikerjakan? Bisa ceritakan sedikit mengenai proses tersebut?


Saya menyenangi kampanye sosial, karena itu kesempatan para desainer ‘berteriak’ menghimbau publik untuk merenung / merefleksi diri, salah satunya adalah karya poster untuk pameran FGDexpo yang sudah lewat yang bertema ‘Grafika Politika’, di situ saya mengingatkan publik tentang peristiwa Mei 1998 lewat sebuah poster sederhana (bisa dilihat disini).

Wawancara dengan Surianto Rustan - Desainer Grafis dan Penulis Buku Desain

sumber gambar



Apakah sekarang sedang menggarap suatu proyek? bisa ceritakan sedikit mengenai proyek tersebut?


Ada 2 proyek komersial, yang satu website komunitas Kalbe Farma, satu lagi perusahaan bidang kimia & pertanian. Selain itu saya sedang mempersiapkan promosi buku yang baru – ini lebih asik

Wawancara dengan Surianto Rustan - Desainer Grafis dan Penulis Buku Desain

sumber gambar


Menurut Anda, apa aspek paling menarik dari menjadi desainer grafis?


Melalui bidang ini dan dari tokoh-tokohnya, saya belajar tidak hanya visual semata, melainkan ‘beyond matter’ (melampaui sesuatu yang sifatnya materi semata): pemikiran, rohani, filsafat, budaya, ekonomi, politik, psikologi, komunikasi (pasti), hampir semua bidang kehidupan dibahas dalam desain grafis. Kenapa jadi begitu, ya karena sifat desain grafis yang jadi jembatan komunikasi antar apapun dan siapapun. Nah, oleh karena itu sangat disayangkan apabila bidang ini hanya diartikan atau di bawa ke tempat dangkal: kendaraan komersialisasi yang sekedar materi. Kebanyakan desainer grafis hebat adalah sekaligus pemikir, filsuf yang hebat. Kita desainer seharusnya punya pemikiran ‘beyond matter’ ini.

Apa situs yang menjadi favorit Anda?


www.facebook.com :)

Bagaimana menurut Anda perkembangan desain grafis di Indonesia?


Baik, karena terus berjuang mencari jati diri. Yang indah adalah prosesnya, perjalanan menuju puncak.

Berhubung pergantian tahun sudah semakin dekat, bagaimana prediksi trend desain grafis di tahun 2011 menurut Anda?


Wah ini perlu riset menyeluruh dan mendalam terhadap bidang2 lain juga: fashion, product design, arsitektur, interior, art, music, dari situ baru bisa ditangkap esensi trend kedepannya. Saya rasa saya tidak cukup pengetahuan mengenai ini, selain itu juga saya bukan orang yang trendy, malah lebih ‘old-fahioned’,

Wawancara dengan Surianto Rustan - Desainer Grafis dan Penulis Buku Desain
sumber gambar


Adakah yang ingin disampaikan kepada desainer-desainer grafis muda Indonesia?


- Tidak boleh berpuas diri adalah suatu keharusan.
- Banyak baca, nonton, dengar, mengalami semua yang berkenaan dengan bidang ini. bukan sekedar masuk saja, tapi diperhatikan dan dipahami (dikulik/dipertanyakan mengapa, apa konsepnya, bagaimana cara membuatnya, cari sumber2 lain yang dapat melengkapi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut).

Terima kasih Pak Surianto Rustan, telah bersedia diwawancara di Desain Studio. Sukses selalu! :)


Sama-sama, semoga blog ini makin memberikan manfaat bagi semua. Sukses juga! :)


Surianto Rustan dapat dijumpai di situs-situs berikut:


rustangrafis.com
surianto.wordpress.com


Tetap update informasi, tips, dan tutorial menarik dengan mengikuti Facebook dan Twitter Desain Studio!

Share On:

12 Responses to “ Wawancara dengan Surianto Rustan - Desainer Grafis dan Penulis Buku Desain ”

  1. Makin keren aja nih wawancara desainstudio, sampai bisa bawa desainer senior.

    Pak Surianto: Insya Allah, saya bakal beli bukunya! Saat ini baru punya yang layout, yang logo masih belum nemu di toko buku.

  2. Semangat!!!
    seperti di buku Layout dan Penerapannya bahwa SDM di Indonesia ini masih banyak yang belum berkualitas (termasuk saya)..

    sedikit demi sedikit kita punya gambaran gimana idealnya seorang desainer grafis itu...
    ya dari Pak Rustan ini (pak dosen kan.. hehe)

  3. Wah jadi juga di wawancara nih senior? mantap desainstudio, manfaat sekali buat teman-teman desainer jadinya lebih bisa mengambil pelajaran yang baik.

    Pinjam bukunya donk bung marko?? ( dompet lg tipis )

  4. ajir says:

    @Jeprie : Thanks bg! semoga kedepannya bisa lebih baik.

    @Silumansupra : Mudah-mudahan banyak desainer berpengalaman yang mau berbagi ilmunya seperti Pak Surianto Rustan.

    @IkazNarsis : Thanks bro! Semoga bermanfaat untuk pembaca.

  5. Makin mantap saja nih sumber wawancara-nya, sangat menarik dan memberi masukan materi-nya...

    Nice sob, keep share...

  6. ajir says:

    @Coco: Thanks coco! Semoga semakin banyak desainer handal yg bersedia berbagi pengalamannya dengan kita.
    Stay tuned.. :)

  7. Subhaanallooh,
    KeReN banget Mas !!! Maju terus kaRya DaLam NegeRi !!! amin.

  8. Oke Banget !!!
    Mhn ijin utk Ctrl+S Mas ?
    Terimakasih banget :-D

  9. Saya sudah membeli buku bapak Surianto Rustan,,

    buku yang benar2 b isa membangkitkan kita dari rasa GALAu mendesain menjadi giar desain.

    didlamnya tidak hanya tertera tentang Logo saja.
    melainkan cara kita memahami betul apa arti Designer sesungguhnya

    salam desainer.
    Allan Azhar

  10. buku2 Mr. surianto Ruslan sangat berbobot, relatif mudah dipahami bg siapa sj, suatu pencerahan di tengah minimny buku2 ttg desain grafis (di luar buku2 ttg apilkasi komputer grafis)..

  11. Asik nih buku..
    Favorit, nyampe pesennya.. sukses trus kang rustan :)
    Sukses juga buat Desainstudio...

  12. In order to buy 4000 watch hours on YouTube, you must first create a channel and then enable monetization. After that, you need to reach 4000 watch hours within a year in order for your channel to be eligible for monetization. There are various ways to monetize your channel, such as through ads, sponsorships, or product placement. buy 4000 watch hours and 1000 subscribers

Leave a Reply