20101228 25

Logo-logo Terkenal dengan Simbol Tersembunyi

in , , ,

Sebuah artikel tamu dari Agung Widodo




Logo dalam perannya sebagai identitas tentu tidak cukup hanya mengandalkan tampilan bentuk yang memukau secara estetika, tapi logo juga harus punya makna dan filosofi yang akan terus membuatnya unik dan berbeda dari yang lain. Filosofi dan makna dalam sebuah logo terkadang tidak harus diutarakan secara gamblang. Logo-logo perusahaan dibawah ini adalah contoh yang baik dalam menyampaikan makna dan filosofi dengan cara tersembunyi, sehingga tetap membuat penasaran dan berkesan bagi orang yang melihatnya.



Amazon.com



Sekilas, tidak ada yang aneh dengan logo Amazon.com. Tapi coba lihat lebih teliti, garis melengkung membentuk senyuman berwarna kuning ternyata tidak hanya sebagai simbol senyum, tapi juga berarti tanda panah yang menghubungkan antara huruf a dan z. Filosofinya bisa berarti bahwa amazon.com adalah toko online yang memiliki segalanya dari a sampai z.


Fedex



Logo Fedex adalah salah satu logo yang paling terkenal dengan simbol tersembunyi. Tanda panah yang terbentuk dari penggabungan huruf E dan x sangat sempurna. Desainer logo ini memanfaatkan negative space dari tipografi dengan sangat baik.


Toblerone



Toblerone adalah perusahaan produsen coklat dari Bern, Swiss. Bern juga biasa dikenal dengan "The city of bears", yaitu kota dengan banyak sekali beruang. Mereka kemudian mengaplikasikan ide ini pada logo Toblerone. Jika dilihat lebih teliti, akan tampak siluet beruang yang berdiri dengan dua kaki pada ikon gunung.


Formula 1



Salah satu logo lain yang memanfaatkan negatife space dengan sangat cerdas adalah logo Formula 1. Kita akan menemukan angka 1 terlihat diantara huruf F dan garis-garis merah. Selain menggunakan simbol tersembunyi, logo ini juga cukup baik dalam mengkomunikasikan perasaan "cepat" dalam tampilan logo yang sederhana.


Continental



Continental adalah perusahaan yang memproduksi ban. Sekilas tidak ada yang menarik dari logo ini, sebelum kita menemukan bahwa huruf C dan o membentuk simbol ban dalam perspektif 3 dimensi.


Baskin Robbins



Logo Baskin Robbins menampilkan angka 31 melalui permainan kontras warna. Ada apa dengan angka 31 bagi Baskin Robbins? Ternyata, 31 merupakan jumlah rasa yang ditawarkan BR kepada konsumen.


Carrefour



Carrefour adalah salah satu perusahaan retail terbesar di dunia. Logonya berupa dua tanda panah yang berlawanan arah, dan ditengah-tengah, kita bisa melihat huruf C tampil dengan cantik sebagai negative space.


Sun



Logo ini sangat unik, bergaya ambigram. Dimana, pada setiap arah, kita bisa membaca kata sun. Logo Sun didesain oleh profesor Vaughan Pratt dari Universitas Stanford.


Unilever



Logo Unilever terdiri dari sekumpulan bentuk yang saling berdekatan dan membentuk huruf U. Tapi ternyata bentuk-bentuk tersebut memiliki makna tersendiri. Sebagai contoh: bentuk hati melambangkan cinta & kasih sayang, burung melambangkan kebebasan, dll.


NBC



Sebagai salah satu jaringan televisi terbesar di Amerika, semua orang pasti sudah familiar dengan logo NBC. Ikon pada logo NBC berupa gambar merak yang memiliki 6 helai ekor degan warna yang berbeda-beda, melambangkan 6 divisi yang dimiliki NBC pada saat logo diciptakan. Burung merak juga melihat kearah kanan, menandakan suatu pergerakan kedepan yang berarti maju, dan tidak kebelakang yang berarti mundur.


Vaio



Sony Vaio dikenal sebagai merek laptop. Tapi apakah kamu tahu? bahwa logo Vaio yang berupa tipografi memiliki simbol yang berarti sesuatu? huruf V dan A melambangkan bentuk dasar sederhana dari pergerakan signal, sedangkan huruf i dan o mirip dengan angka 1 dan 0, yang merupakan simbolisasi dari signal dalam format digital.


Jika kamu punya artikel menarik terkait desain grafis dan seni visual, silahkan berbagi ke pembaca dengan mengirimkannya melalui halaman ini.

Tetap update informasi, tips, dan tutorial desain menarik lainnya dengan mengikuti FACEBOOK dan TWITTER Desain Studio!

Share On:

25 Responses to “ Logo-logo Terkenal dengan Simbol Tersembunyi ”

  1. lambang vaio memang selalu bisa memukau mata saya...sebagaimana juga latopnya yang menggoda...:D

  2. Yang logo Fedex saya baru nyadar setelah membaca ini. Betul ada tanda panah tersembunyi yang terbentuk antara huruf E dan X.

    Memang mata seorang desainer seperti Anda sangat awas untuk melihat karya desain. Beda dengan mata saya yang hanya mata orang awam. :D

  3. ajir says:

    @bukan detikcom : Iya, setuju! Logo Vaio mmg bagus dan unik.
    @Joko: Tidak juga Mas Joko. simbol tersembunyi pada Logo Fedex sudah cukup populer di kalangan desainer. Saya sebelumnya juga tidak sadar. :D

  4. Kalo yang Carrefour dan Unilever saya ngerti, dan amozon saya menyusul. Tapi pertanyaan saya terjawab sudah: Saya pernah berfikir kak, pasti ada alasan tersendiri kenapa "E" pada FedEx itu ditulis dengan huruf kapital dan "Ex" di beri warna yang berbeda. Dan, oooooh ternyata itu sebuah anak panah, saya juga baru sadar... XD
    Makasih kak, maju terus desainstudio... :D

  5. mantab abizzzzzz......menambah wawasan design graphic saya....

  6. dah lama ga nyampah di sini. bisa-bisanya nemu negative space... dipantengin berjam-jam juga aku ga bakal ngeh kalo ga baca artikel ini. btw, ga ada recent comment ya? jadi ga tau kalo komenku dulu dibales ato ga, apalagi kalo lupa dah komen di postingan yang mana aja.

  7. ajir says:

    @Uzan: Thanks Uzan, sukses juga ya!
    @Vebri: Thanks, semoga bermanfaat!
    @Millati: wah, fiturnya udh diilangin. Tapi suatu saat pasti diadain lagi. :D

  8. wah saya setuju dengan postingan yang diatas

    tetapi bagai mana jika kita kaitkan dengan simbol satanisme?...

    tp saya tidak setuju jika dikaitkan dengan satanisme...

  9. Anonim says:

    kalo logo desain studio, simbol tersembunyi apa yh? burung kah ? :D

  10. wow belajar meneliti tentang suato logo sip.......

  11. Khusus untuk logo VAIO, saya belum yakin kalau A melambangkan bentuk dasar sederhana dari pergerakan signal, tapi boleh jadi lambang mata satu yang identik dengan Freemasonry berideologi suku kabbala Yahudi....
    Sama seperti logo Windows, yang menggambarkan angka "13"....angka 13 merupakan angka suci dalam ideologi Freemasonry...

  12. siiip infonya mampir juga di http://menerimapendaftaranppob.blogspot.com/

  13. siiip infonya mampir juga di http://registrasi-ppob.blogspot.com/

  14. Download logo-logo vector gratis di unduhlogo.com

  15. There is no one-size-fits-all answer to this question, as the amount of money you need to spend on buying 4000 watch hours and 1000 subscribers will vary depending on your budget and the quality of the subscribers you want to purchase. However, as a general guide, you can expect to spend anywhere from $100 to $1000 on this type of purchase. buy 4000 watch hours and 1000 subscribers

  16. By seeking operations management help in UK from professional management experts, students can clear their concepts and get their assignments done on time. MyAssignmenthelp.com is a trusted name that offers operations assignment help in UK, enabling students to achieve academic excellence.

Leave a Reply