20100916 13

Tips: Align di Illustrator

in ,



Bekerja dengan Align atau pensejajaran objek di Adobe Illustrator merupakan kegiatan rutin yang secara berulang akan selalu kita gunakan. Oleh sebab itu, pemahaman mendalam mengenai fungsi ini mutlak akan sangat dibutuhkan oleh para desainer. Pada tips ringan kali ini, kita akan coba membahas beberapa fungsi menarik seputar Align di Adobe Illustrator. Tips ini sangat mendasar dan ditujukan bagi pemula yang ingin mendalami skill dalam menggunakan Illustrator.


Fungsi Align di Illustrator dapat ditemukan di bagian control palette dibagian atas jika kamu mengaktifkannya (Windows > Control). Selain itu, Kamu juga bisa membuka Align palette langsung di Windows > Align atau dengan menekan tombol Shift + F7 di keyboard.

Align to Artboard or Crop Area

Align to Artboard or Crop Area adalah pensejajaran objek yang mengacu kepada Artboard dan Crop Area dari sebuah dokumen. Misalnya, ada sebuah objek yang ingin kita tempatkan di tengah-tengah, kiri atau kanan sebuah artboard atau crop area baik secara horizontal maupun vertikal.

Untuk menerapkannya, pertama-tama pilih objek yang ingin di sejajarkan dengan artboard, sebagai contoh, saya membuat beberapa objek dengan bentuk dasar dan ditempatkan secara acak seperti gambar dibawah.



Jika semua objek telah terpilih, buka Align panel di Control palette, lalu klik tanda panah kecil di bagian artboard, kemudian pilih Artboard (jika objek ingin disejajarkan berdasarkan artboard).



Jika sudah, klik pada Horizontal Align Center jika objek ingin ditempatkan ditengah artboard secara horizontal.



Sekarang, klik pada Vertical Align Center untuk menempatkan objek ditengah artboard secara vertikal. Kamu juga bisa mensejajarkan objek pada kiri, kanan, atas, dan bawah artboard dengan memanfaatkan fungsi-fungsi yang ada pada Align palette.




Align to Object

Jika tadi kita mensejajarkan objek pada artboard, sekarang kita akan coba mensejajarkan sebuah objek pada objek lainnya.

Pilih objek-objek yang ingin disejajarkan, lalu klik pada salah satu objek untuk menjadikannya key objek (objek yang menjadi sumbu pensejajaran). Dalam contoh kali ini, saya menggunakan objek berwarna hijau sebagai key objek.



Jika sudah, coba klik pada Horizontal Align Left. Maka sekarang objek-objek tersebut akan disejajarkan pada alinea kiri dari objek berwarna hijau. Lihat juga gambar yang satunya, kali ini saya klik pada Vertical Align Top, maka objek-objek tersebut akan disejajarkan di bagian atas objek berwarna hijau.





Distribute Space

Fungsi ini adalah pensejajaran antar objek-objek dengan jarak yang sama antara satu sama lain. Mungkin kamu sering melihat logo-logo sponsor pada sebuah banner yang berdiri rata sebaris dengan jarak antar logo sama antara satu dengan yang lain.

Untuk menerapkannya, pilih objek-objek yang ingin disejajarkan jaraknya. Jika sudah, klik pada Horizontal DIstribute Space dan lihat, objek-objek tersebut akan tersusun secara horizontal dengan jarak yang sama.




Jika tadi, jarak antar objek adalah setting otomatis, maka sekarang kita akan coba memberi space tertentu seperti 2 cm, 4 cm, dsb untuk objek-objek tersebut.

Klik pada objek-objek yang ingin disejajarkan, lalu klik objek yang ingin dijadikan key objek, dalam contoh kali ini, saya klik pada objek berwarna orange untuk menjadikannya key object. Jika sudah, isikan nilai jarak (contoh: 2 cm) pada kolom yang terdapat di bagian distribute spacing, lalu klik Horizontal Distribute Space. Maka lihat, sekarang jarak objek-objek tersebut disejajarkan dengan jarak 2 cm antar objek.




Sekian dulu tips dasar Adobe Illustrator kali ini dan semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Tetap update informasi, tips dan tutorial desain dengan mengikuti Facebook dan Twitter Desain Studio!

Share On:

13 Responses to “ Tips: Align di Illustrator ”

  1. mantap...mantap,,,mantap,,,,

  2. Dito says:

    kalo untuk menjadikan objek ditengah objek lainnya, tanpa merubah posisi semula dari objek yang dituju gimana yaa.. kali dicorel sih cukp seleksi objek yang akan ditengah kan kemudian objek yang dituju laluy tekan key C dan E aja..
    selesai.. kalo untuk dilliustrator gmana ya..
    mohon petunjuknyee..

  3. ajir says:

    @Dito : seleksi kedua objek, kemudian klik objek yang dituju, lalu klik ikon align (vertical, horizontal, left, dsb)..

  4. Anonim says:

    @ajir, makasi ajir, tapi spertinya cara itu belum berhasil soalnya objek yang dituju berubah dari posisi semula..
    mungkin simpelnya gini aja..
    ada 2 objek A dan B, saya ingin ketika objek A berada ditengah objek B, objek B tidak berubah posisinya.. Misalany : objek B posisinya berada disudut kanan, posisinya ttap disudut kanan ketika objek A di letakkan ditengah2 objek B tersebut..

  5. Anonim says:

    catatan : objek B lebih besar dari objek A

  6. Anonim says:

    @ajir hampir kelupaan..
    catatan : objek B lebih besar dari objek A

  7. Anonim says:

    @ajir hampir kelupaan..
    catatan : objek B lebih besar dari objek A

  8. ajir says:

    @Anonim: seleksi objek A dan B, kemudian klik pada objek B (untuk membuat objek B menjadi sumbu tujuan). Lalu klik ikon center untuk membuat objek A berada di tengah2 objek B. Ukuran objek dalam hal ini tidak jadi masalah. semoga membantu. :)

  9. Mantap berkarya!!! terus berbagi!!!

  10. Anonim says:

    Alhamdulillah, setelah bertahun-tahun akhirnya saya temui juga jawabannya...
    Terimakasih banyakk Mas Ajir.

  11. Anonim says:

    Alhamdulillah ketemu caranya.. align tanpa mengeser object yang dituju.. gara2 ini aku jadi corel mania, sebab gimana mau bikin desain yang baik kalau objectnya berantakan ketika diposisikan tidak sesuai keinginan.. jadi semangat lagi belajar ilustrator... trims tutorialnya..

  12. Anonim says:

    sangat membantu

  13. Mantap infonya gan. sangat membantu

Leave a Reply