20100901 180

20 Situs/Blog Desain Lokal Terbaik yang Harus dikunjungi

in , ,


Salah satu kendala yang dihadapi oleh desainer dan peminat desain di Indonesia adalah tidak banyaknya situs/blog lokal yang konsisten membahas desain seperti diluar negeri. Banyak faktor penyebabnya, antara lain adalah tidak adanya sponsor pendukung yang membuat penulis tertarik berbagi ilmunya melalui blog. Namun tidak banyak bukan berarti tidak ada. 20 situs dibawah ini secara konsisten membahas seputar desain dengan konten-konten yang berkualitas dan cukup menarik. Bisa jadi sumber bacaan inspiratif bagi kamu yang memang menggeluti bidang desain dan kebingungan mencari source desain dari blog maupun situs lokal.




Pemilihan ke-duapuluh situs/blog dibawah berdasarkan kualitas dan jumlah artikel di situs-situs tersebut. Daftar ini disusun berdasarkan katagory untuk memudahkan pembaca dalam memilih situs sesuai dengan minat masing-masing. List ini tentu penuh dengan segala keterbatasan saya dalam menjelajah dunia maya. Jadi, jika ada situs/blog tentang desain yang cukup berkualitas namun ternyata tidak masuk daftar, silahkan sarankan melalui kolom komentar.

Ini dia 20 situs/blog lokal tentang desain terbaik yang bisa dijadikan sebagai sumber bacaan dan inspirasi dalam meningkatkan kemampuan desain:

Desain Grafis

DGI-indonesia
Situs yang penuh dengan inspirasi dan artikel yang bagus tentang desain grafis. Selain itu, situs ini diisi dengan artikel dari banyak penulis yang kompeten pada bidangnya. Secara kualitas, situs ini layak menjadi acuan untuk mengenal desain grafis lebih dalam.



Conceptmagz
Mungkin banyak yang sudah tau kalau Concept adalah majalah desain grafis cetak dan terbit secara offline. Sebagai pendukung majalah tersebut, Concept juga punya versi onlinenya yaitu conceptmagz.com yang penuh informasi dan artikel menarik seputar desain grafis.

DKV-Unpas
Sebuah blog yang sangat inspiratif berisi rangkaian artikel dan tips tentang desain grafis. Selain itu, di blog ini juga bisa ditemukan banyak sekali link situs desain (baik luar maupun lokal) yang mungkin bisa menjadi acuan dalam menjelajah informasi desain grafis di dunia maya.

Designerlistic
Situs desain grafis yang sudah cukup lama dan sangat informatif. Salah satu situs yang bagus jika anda memang senang dengan berbagai bentuk kreatifitas.

gfxindo
Sebuah forum desain grafis berisi banyak informasi seputar desain. Jika ingin bertemu banyak teman seprofesi dan thread-thread menarik seputar desain grafis, sepertinya sayang jika melewatkan situs yang satu ini.

Diskusi Grafis
Sesuai dengan namanya, diskusigrafis.com merupakan situs yang diperuntukkan untuk forum desain grafis. Banyak artikel bermanfaat yang dapat ditemukan disini.

Agesvisual
Bingung untuk mencari resource teori-teori desain? Silahkan berkunjung ke blog ini. Agesvisual berisi informasi desain grafis berupa teori dan tips praktis yang dibahas secara mendalam dan pastinya bermanfaat untuk pembaca.


Tutorial

Desaindigital
Situs milik Mas Jeprie ini adalah salah satu situs tutorial photoshop paling berkualitas di Indonesia. Selain menulis di desain digital, beliau juga terkadang menulis tutorial di situs-situs top luar negeri seperti psd.tutsplus, 1stwebdesigner, dan designinstruct. Jadi Secara kualitas tutorial, desaindigital.com memang sudah tidak perlu diragukan lagi.



Zona Narsis
Situs tutorial Photoshop milik Ian yang berisi banyak tutorial photoshop bermanfaat. Dan sesuai dengan namanya, situs ini juga diselingi aura narsis yang kental dalam setiap tutorialnya :), cukup bermanfaat untuk dikunjungi.

Otodidak.info
Banyak tutorial photoshop bermanfaat yang bisa ditemukan disini. Selain itu juga ada ruang untuk forum, dimana kamu bisa bertemu banyak teman seprofesi dan seidealisme untuk saling sharing seputar photoshop dan lain-lain.

Ilmu Photoshop
Situs milik Mas Sigit ini merupakan salah satu situs tutorial photoshop paling populer di Indonesia. Ilmuphotoshop.com berisi tutorial-tutorial photoshop yang dibagi berdasarkan tingkat kemahiran yaitu, pemula, tingkat menengah, dan tingkat mahir. Salah satu resource tutorial yang cukup bagus untuk dikunjungi.

Painthink
Salah satu situs tutorial photoshop yang berisi tutorial-tutorial bermanfaat bagi pembaca. Situs milik Habieb ini banyak menggunakan contoh kasus berupa tipografi dalam tutorial-tutorialnya. Selain painthink.com, Habieb juga punya situs tutorial photoshop berbahasa inggris bernama grafisia.


Desain Kaos

KDRI (Kementrian Desain Republik Indonesia)
Kementrian Desain Republik Indonesia berdiri sudah cukup lama Dikelola oleh mas gembol. Di Distro KDRI, kamu sebagai desainer bisa ikutan mengirimkan karya desain kaos yang nantinya akan divoting oleh pembaca KDRI. Selain Distro KDRI, kamu juga bisa menemukan banyak inspirasi menarik dari artikel-artikel yang dipublish disini.



Ganti Baju
gantibaju.com secara rutin (1 bulan atau 2 bulan sekali) mengadakan kontes desain kaos dengan tema yang menarik pada setiap eventnya. Sama seperti KDRI, desain kaos yang masuk penilaiannya akan diserahkan kepada pengunjung. Jika terpilih, akan ada hadiah jutaan rupiah yang menanti pemenang.


Desain Web

Jurus Grafis
Situs milik RichardFang ini secara rutin membahas desain web dari segi interface dan usability. Selain itu, banyak artikel inspiratif, tips, maupun tutorial grafis yang bisa dijadikan acuan untuk mengunjungi situs ini.



Visualmagz
Situs yang cukup menarik. Membahas informasi dan tips seputar desain web. Selain itu, kamu bisa menemukan artikel-artikel inspiratif dan bermanfaat seputar desain disini.

Designmagz
Salah satu situs desain web yang sangat penuh tips dan patut dikunjungi. Ada banyak sekali artikel berkualitas yang bisa jadi asupan informatif bagi kamu yang memang mendalami bidang desain web/situs.

Hisman
Blog milik Hisman yang fokus dan konsisten membahas seputar desain web. Salah satu blog yang sangat bermanfaat untuk web designer dan developer.

Tutorial Webdesign
Situs yang berisi banyak tutorial seputar desain dan pengembangan web serta desain grafis yang layak dikunjungi.


Tipografi

Tipografi Indonesia
Mungkin situs pertama di Indonesia yang membahas tipografi secara khusus. situs yang sangat bagus untuk mengenal tipografi lebih dalam.



Hariadhi
Blog yang fokus membahas tipografi. Cocok buat kamu yang ingin belajar dan mengembangkan pengetahuan dalam bidang tipografi.


Freelance

Ruang Freelance
Situs ini merupakan tempat kumpul para freelancer seperti desainer, penulis, programmer dll. Situs yang sangat bagus jika kamu adalah seorang freelancer designer. Disini kamu bisa menemukan artikel bagus yang bisa memotivasi kamu untuk berkembang sebagai freelancer.



Inspirasi

iklan Indonesia
Blog ini penuh dengan iklan lokal kreatif dan diupdate secara berkala. Kamu tidak hanya disajikan tampilan iklan-iklan lokal yang kreatif, namun juga informasi lengkap insan-insan kreatif yang punya andil dalam pengerjaan projek iklan tersebut.



Begitulah beberapa temuan Desain Studio berupa situs/blog lokal terbaik yang membahas seputar desain. Bagaimana? Ada yang terlewatkan? Jika ada situs/blog yang berkualitas yang ingin direkomendasikan masuk kedalam daftar diatas, silahkan beritahu melalui kolom komentar. :)

Share On:

180 Responses to “ 20 Situs/Blog Desain Lokal Terbaik yang Harus dikunjungi ”

  1. ada lg yg perlu d tambahin, Desain Studio

  2. ajir says:

    @Habieb : Haha, mudah2an Desain Studio lain kali masuk daftar.. :D

  3. thanks udah di listing :) ada beberapa yg baru gue tau nih :D

  4. Terima kasih masuk daftar. Sekadar koreksi, saya tidak pernah nulis di tutorial9, mungkin belum ada kesempatan.

  5. ajir says:

    @Richard Fang: Sama-sama Richard, saya malah tau blognya Hariadhi (Tipografi) dari tweetnya Richard.. :D

    @Jeprie: Hehe, maap bg..sudah diperbaiki. Linknya jg sudah diperbaiki dan langsung menuju ke halaman author-nya. :)

  6. Okay, terima kasih.

    Obsesi nulis saya tinggal satu, Tutorial9. Kalau sudah bisa di Tutorial9, saya berencana mau fokus ke psdtuts saja.

  7. mas ajir ada broken link tuh...
    yang "DKS-UNVAS" cepat diperbaiki sebelum dilirik ma om google =D

    hampir rata rata situs diatas belum pernah saya kunjungi, jadi tambah wawasan ne... thank's mas ajir. :)

  8. ajir says:

    @Jaka: Haha..iya neh, salah linknya. Thanks Jaka sdh memberitahu. Udah diperbaiki. :)

  9. Terimakasih juga telah mensubmit artikel saya..
    thank's mas ajir! :)
    tapi, tombol submitnya jelek ya :p
    hehehe..

  10. ajir says:

    @jaka: hehe, smoga kedepannya bisa bikin yg bagus kaya yg di tutorialnya jaka.. :D

  11. Terima kasih DGI-Indonesia telah dimasukkan dalam daftar ini. Sukses terus untuk Desain Studio!

  12. ajir says:

    @Desain Grafis Indonesia : Sama-sama :)
    Sukses juga buat DGI-Indonesia!

  13. Wah, terima kasih, blog komunitas DKV Unpas ternyata masuk daftar :D Semoga berguna. Salam!

  14. ajir says:

    @Rahardian : Sama-sama! setiap link yang bermanfaat akan selalu kita share ke teman2 pembaca agar bermanfaat!

  15. nold says:

    wah wah makasih bang
    dari dulu nyari2 situs2 indonesia
    yg isinya kaya gni

    ini disodorin gitu aj menunya hha :D

  16. Sebelumnya saya nggak pernah tau situs blog distas, Trims postingnya menambah wawasan.

  17. Sepertinya Blog saya ( www.ilmudesain.web.id ) blm masuk ya...ya udah gpp, mungkin masih perlu pengembangan lagi ya...
    Tapi kalau yang mau singgah dan Belajar Tutorialnya..Monggo....^_^

  18. Salam kenal... postingan "20 Situs/Blog Desain Lokal Terbaik yang Harus dikunjungi" memang layak untuk dikunjungi...

  19. Anonim says:

    Mantab gan

  20. Wah aku salah ngartiin rupanya. aku kira blog dengan design terbaik lokal. Aku langsung tertarik banget tuh berhubung aku suka banget design blog.

    Tp Nice Info Gan !

    My New Templetes Design : The Blu Light Biohazard
    http://rifaldhi.blogspot.com/

  21. Daftarnya lengkap dan indah semua desainnya gan. pokoknya 2 jempol untuk semua.

  22. Situs2 yang wajib untuk dikunjungi...jgn lupa kunjung ya k blog saya banyak tutorial disana.

  23. bagus bagus,,,memang sepantasnya jadi blog terbaik.makasih infonya.agar bloger newbie seperti saya bisa belajar seperti yang diatas.

  24. rege says:

    kelupaan, masi ada lagi, http://www.grafismasakini.com/

  25. Anonim says:

    blog temen saya masukin
    http://paintermousefikri.blogspot.com

  26. Keren...dapet refrensi lagi untuk ilmu grafisnya..Thx ..

  27. Saya suka desain KDRI,, keren,, siplah,, terima kasih sudah berbagi informasi daftar 20 situs dengan desain terbaiknya,,

  28. Bagus artikelnya.. referensi nya menarik.

  29. sebenarnya cara penilaian blog yang masuk kategori terbaik itu apa saja kritrerianya ? karena saya liat semuanya hampir memiliki kesamaan , akan tetapi satu buat masukan semua blogerr...bagaimana cara membuat blog atau website yg ketika diakses sangat mudah tampilnya dan cepat , bagaimana caranya ya.....mohon penjelasannya

  30. Banyak caranya agar website dapat diakses dengan mudah dan cepat tampil, salah satunya:
    1. Simpan data blog anda di Hosting Terbaik!
    2. Optimasikan halaman web anda dengan memperkecil ukuran file (html,css,js,jpg).
    3. Jika menggunakan Wordpress, jangan terlalu banyak menampilkan Widget yang tidak penting.
    4. Jika menggunakan Wordpress, install plugin W3 Total Cache untuk menyimpan setiap data yang diakses jadi lebih optimal.
    5. Jangan terlalu banyak menampilkan gambar-gambar berukuran besar.
    6. Carilah online tools yang bisa memperlihatkan seberapa cepat halaman website anda diakses. contoh: http://loads.in
    7. Carilah referensi lain yang menerangkan tentang mempercepat akses website.
    8. Semoga bermanfaat tips nya.

  31. thanks for sharing dont forget tu visit my blog http://sejarahdanfakta.blogspot.com/

  32. aga says:

    http//:aganandaekoputra.blogspot.com

  33. Bagus juga bisa nambah koleksi kunjungan blog nih. Mampir mas kunjungan blog suzuki yang sederhana ini. Salam

  34. mampir balik yah ke blog ane :)ascdellan.blogspot.com

  35. Inspirasi banget tampilannya,.. Jempol 5 dah,.

    Monggo merapat di blog saya juga. http://labloyue.blogspot.com/

  36. Zion says:

    Mau nambahin.

    Paling OK saat ini sepertinya di Indonesia - http://www.tutorial-webdesign.com

  37. mantap artikelnya. makasih ya.

    http://ilmugrafis.com/adpixel-buku-the-power-of-corel.php

  38. Mau lihat kemasan2 unik atau packaging exclusive ,visit blog kami http://compackindo.wordpress.com/

  39. nice share gan
    indahnya berbagi
    semoga bermanfaat
    deprinty.com

  40. Blog terbaik,buat menghasilkan postingan artikel terbaik,makasih gan infonya.Sangat membantu sekali

  41. Ini dia mantab bisa buat referensi belajar desain grafis...
    Tambah lagi gan hehehehe...
    Thank's gan..

  42. makasi atas infonya, jadi lebih banyak referensi

    Cara Mudah Temukan Rumah Dijual Disini http://www.propertykita.com

  43. Thank for all information…
    http://goo.gl/eF6uty
    http://goo.gl/qRZ9FS
    http://goo.gl/j4KLni
    http://goo.gl/XVt4fD
    http://goo.gl/BLyBmN

  44. http://pay4shares.com/?share=94512

  45. http://pay4shares.com/?share=94512

  46. Terimakasih banyak atas referensinya gan, sangat membantu untuk mencari informasi seputar desain grafis dan desain web, apalagi referensi yang dibagikan adalah milik lokal, ga perlu lagi menggunakan google translate, baca dan praktekkan..., sekali lagi terimakasih banyak atas informasinya....., salam kenal....

  47. Thx infonya, jadi tambah wawasan seputar desain grafis

  48. mari kunjungi blog saya http://daginkz.blogspot.com/

  49. Link ny banyak yg broken..

  50. thanks awesome inspirate design

  51. hy gan gimana menurut agan desain blog saya kunjungi Oshable | Webs and Apps
    semangat gan ngeblognya..hehe

  52. mohon masukan juga desaingrafis.co.id ......

  53. klo ane paling suka DGI, yang lainya keren juga sih...

  54. Berbagai Wawasan :-)
    visit : www.dwifatmasari.blogspot.com

  55. Trims mas atas link rujukan nya..saya new bie dlm photoshop..

  56. Wah bakal banyak referensi nih. Makasih atas infonya. Kunjungi juga salah satu blog baru tentang desain di fadedesign.blogspot.com :)

  57. Disini Desainnya Mantab http://pixelldesign.blogspot.com/

  58. wahh kalo buat desain harus pake laptop yang passs nihhh

  59. Cara Menggugurkan Kandungan

    www.doktersuimen.blogspot.com

  60. Gino says:

    Menurut saya website www.MajalahDesain.com ini juga bagus untuk para desainer

  61. Kunjungi juga www.pixelldesign.com , penuh dengan desain desain exclusive untuk berbagai media promosi

  62. lank says:

    top..top.top....markotoplah..joss..maju terus

  63. terimakasih sangat bermanfaat

    http://www.kaffah.biz/

  64. bener banget nih gan, ane juga sering nyari info seputar desain grafis di beberapa sumber di atas.. mampir juga ke blog ane gan http://www.rupawa.com/blog

  65. Wah sangat bermanfaat sekaliiii..
    mantapppp :D
    Sekedar share juga nih, nemu blog yang share artikel bagus bagus tentang desain dan designer. Monggo di cekk http://blog.sribu.com/category/designers/

  66. info yang menari dan bermanfaat itu gan. trims ya

  67. masih banyak yang belum pernah saya kunjungi list situs desain terima kasih sharingnya gan

  68. saya suka sama desain digital, suka juga sama desain studio :D

  69. Banyak nih tambahin siapa tau bermanfaat, photoshokudotnet, teoridesaindotkom, creativebloqdotkom. Keren keren tuh sinya jempolan buar belajar...

  70. Anonim says:

    saya rasa indesain.com juga patut dipertimbangkan, coba lihat aja beberapa tutorial di dalamnya.

  71. Anonim says:

    design na sangat bagus dan menarik
    maen" la ke blog saya http://krisgrafisdesign.blogspot.co.id/

  72. Anonim says:

    artikel nya keren bro
    masukan banget buat gw
    jangan sampe menurun kualitas kuantitas
    apalagi menjelang lebaran

    di tunggu kunjungan nya ke web saya
    percetakan jakarta
    http://cetaknotakwitansincrjakarta.wordpress.com/

    trims atas info artikel nya

  73. mantap infonyaaa makasih banyak mas

  74. Hai kakak, maaf numpang promo ya, kami dari VIPMANDIRIQQ sedang mengadakan bonus menarik untuk kalian yang suka bermain POKER,DOMINO 99, CAPSA SUSUN, ADU Q, BANDAR Q, dan BANDAR POKER.

    Promo VIPMANDIRIQQ :
    -Bonus Turnover 0.5%
    -Bonus Referral 20%

    VIPMANDIRIQQ juga menyediakan 5 bank lokal yang diantaranya :
    - BCA
    - MANDIRI
    - BNI
    - BRI
    - DANAMON
    ayo bagi kalian yang ingin bermain kami tunggu untuk kedatangan nya ya, untuk pendaftaran kode referal nya bisa diisi > 94267

    terima kasih ^^

  75. Yth bang mimin...
    web ane menyediakan tentang bagaimana membuat desain grafis dengan corel draw. Tutorialnya dilengkapi langkah - langkah bergambar dan video.
    Tolong dilihat di http://tutorialcorel.com
    dan jika anda nilai layak, maka saya minta untuk dimasukkan ke dalam tambahan list yang sudah anda publish.
    Thanks

  76. Ini yang aku cari tentang desain yang selama aku cari
    obat perangsang
    alat bantu sex

  77. Artikel yang menarik dan berguna.

    Buruan Gabung Sekarang Juga Bersama bandar poker online indonesia
    dan Dapatkan Juga Bonus Hingga Jutaan Rupiah disetiap Hari.

    Untuk Informasi Lebih Jelas Silahkan Menghubungi Customer Service Kami Yang Siap Melayani Anda 24 Jam Nonstop :
    - Livechat 24 jam : Official site www mgmpoker88 com.
    - Pin BBM : 28CAFAB2

    TERIMA KASIH
    Salam Keberuntungan MGMPOKER88..

  78. Senang bisa berkunjung di blog Anda. trims.

    Buruan Gabung Sekarang Juga Bersama MGMPOKER88 dan Dapatkan Juga Bonus Hingga Jutaan Rupiah disetiap Harinya Hanya Disini.
    judi poker

  79. senang sekali bisa berkunjungi ke sini mas, kunjungi juga web saya ya mas, sebagai awal persahabatan

  80. itu situs inovatif semua gan, ane banyak belajar dari situ, trus kita-kita ini yang situsnya masih kayak lapak pinggir jalan kapan yaa sukses kayak gitu ? hahaha#impian

  81. Anonim says:

    keren keren sangat membantu

  82. Anonim says:

    kdren keren sangat membantu

  83. http://blog.binadarma.ac.id/akbar/

  84. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  85. ADIT says:

    http://jualvimaxdepok.com/

  86. Artikelnya menarik.. mencari artikel-artikel menarik lainnya? kunjungi http://pena.gunadarma.ac.id/

  87. Siapa yg bisa membuat gbr 3 dimensi menggunakan corel atau Photoshop? Ada Side job....silahkan wa 08129997214

  88. terima kasih infonya, sukses selalu

  89. keren bro, sukses selalu dan makin laris ya.. .. ..

  90. ada yg kurang gan. www.desain360.com belum masuk. situs yang paling ok menurut ane :D

  91. halo kak, kami ada grosir kaos polos 100% bahan katun yang berkualitas dan banyak pilihanwarnanya juga loh..

  92. thanks for sharing, interesting information

  93. Salam kenal dari Maleografis

  94. TikusPoker Situs Poker Online Terbaik Dan Terpercaya Di Indonesia

    Dengan minimal deposit hanya Rp 15.000 anda sudah bisa bermain disini dan mendapatkan jackpot ratusan juta rupiah.

    Kami menghadirkan 7 jenis game dalam 1 user ID : AduQ, BandarQ, Capsa Susun, Domino99, Poker, Bandar Poker, Sakong.

    Pengerjaan deposit dan withdraw hanya 2 menit dan kami jamin situs kami player vs player 1000%

    Bonus yang kami berikan juga sangat tinggi : Bonus Turnover 0,5% dan bonus referal 15% (Seumur hidup)

    Buruan gabung bersama kami dan dapatkan jackpot jutaan rupiah..
    Untuk info lebih lanjut bisa hubungi livechat / pin BBM D8D6FCFC

  95. obat-pembesar-penis-klg-pills


  96. OBAT PEMBESAR PENIS TITAN GEL ASLI

    OBAT PEMBESAR PENIS TITAN GEL

    OBAT PEMBESAR PENIS HAMMER OF THOR ASLI

    OBAT PEMBESAR PENIS HAMMER OF THOR ASLI

    OBAT PEMBESAR PENIS KLG


    OBAT PEMBESAR PENIS HAMMER OF THOR SPRAY

    klik


  97. REALLY GOOD! i like it so much<3 Thanks for the Good Artickle.
    agen judi poker online terpercaya di indonesia


  98. REALLY GOOD! i like it so much<3 Thanks for the Good Artickle.
    agen judi poker online terpercaya di indonesia

  99. Yuk Gabung Di Bolacasino88.com
    Dapatkan Promo Deposit 100% Sportsbook
    Minimal Deposit Promo 100% Sportsbook Rp 300.000
    Maksimal Bonus Sampai Rp 500.000
    Dapatkan Juga Promo Menarik Lain nya !!!

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :

    - No Tlp ( +855962671826 )
    - BBM ( 2BF2F87E )
    - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
    - WhatsApp ( +855962671826 )

    Baca Juga Prediksi Togel Dan Prediksi Bola Tanggal 13 October 2017 :

    http://prediksitoto.online/prediksi-jitu-togel-hongkong-13-okt-2017/
    http://prediksitoto.online/prediksi-togel-sydney-13-oktober-2017/
    http://prediksitoto.online/prediksi-togel-milan-13-oktober-2017/
    http://prediksitoto.online/rumus-pattaya-13-oktober-2017/
    http://prediksitoto.online/bocoran-togel-genting-13-oktober-2017/
    http://prediksitoto.online/prediksi-bola-flamengo-vs-fluminense/
    http://prediksitoto.online/prediksi-jitu-madura-united-vs-borneo/
    http://prediksitoto.online/prediksi-valerenga-vs-haugesund/


  100. very good writing in making articles and very interesting once the writing in the theme is very interesting
    sinidomino

  101. ternyata komplit yah disini gak perlu lagi cari cari situs desain lg

    Blue Wizard adalah salah satu produk Obat Perangsang cair yang mampu menambah gairah seksual libido seorang wanita maupun pria khasiatnya sangat manjur juga ampuh penggunaan Obat Perangsang cukup 5 kali tetes sudah bisa langsung terangsang, kini telah hadir produk terbaru perangsang Spanish Gold Fly dan untuk mengimbangi wanita yang sudah menggunakan obat perangsang anda harus menggunakan KLG Asli agar anda tidak kalah dengan pasangan anda di atas ranjang, jika ukuran mr.p anda kecil gk bisa puaskan pasangan bisa gunakan Cream Pembesar Penis kami adalah salah satu penjual obat import Hammer Of Thor yang terpercaya dan bisa dipercaya dan jangan lewatkan tips Tips Kesehatan dari blog kami matersembah suwon

  102. Apa Itu Penirum ?

    Penirum Asli terdiri dari komponen alami yang sudah di kenal selama bertahun-tahun dalam pengobatan, tanpa bahan kimia, tanpa hormon

    Penirum Original merupakan suplemen tambahan untuk laki-laki yang di rancang untuk membantu pria mancapai ereksi lebih baik, mendapat dorongan seks yang lebih tinggi,menambah,memperbesar,mempertebal,memperpanjang alat vital pria dan meningkatkan stamina tubuh saat atau sesudah hubungan intim. Info selanjutnya KLIK DISISNI

  103. jangan lupa di tambahin juga dengan website yang satu ini https://faqihraona24.com/tutorial-cara-membuat-galaxy-logo-di-photoshop-cs/

  104. rental mobil sebagai moda transportasi dalam melakukan aktivitas. kami menawarkan rental mobil rental mobil bekasi Lebih praktis dan dapat menampung semua anggota keluarga atau rekan dalam satu kendaraan adalah beberapa alasan mereka menggunakan mobil. Tapi tidak semua orang memiliki mobil, peluang inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis penyewaan mobil atau lebih dikenal dengan rental mobil. rental mobil jati asih, rental mobil jati asih Bisnis rental mobil memang mempunyai prospek yang bagus dan cukup menjanjikan. Tapi banyak pengusaha rental mobil yang harus gulung tikar ketika mereka baru memulai bisnis ini. Hal inilah yang membuat para pengusaha pemula yang ciut nyali untuk memulai bisnis rental mobil. Padahal kalau mereka bisa berfikir kreatif ada beberapa tips yang bisa dicoba agar bisa sukses dalam memulai usaha rental mobil. lepas kunci dan rental mobil dengan supir. rental mobil rawa lumbu Kami menyediakan kendaraan dengan kualitas terbaik, bersih dan terawat, Usaha rental mobil biasanya menetapkan tarif harian. Bisa per 6 jam, 8 jam, 12 jam atau bahkan 24 jam dengan biaya yang berbeda-beda. Para penyewa mobil tidak bertanggung jawab dengan perawatan mobil, namun biaya untuk menyewa mobil itu belum termasuk biaya BBM dan biaya sopir didukung oleh supir yang berpengalaman sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan untuk memenuhi kebutuhan transportasi Anda. Kami juga melakukan service rental mobil pondok ungu secara berkala untuk setiap kendaraan operasional kami, sehingga resiko kendaraan bermasalah adalah sangat kecil. Jika para penyewa mobil itu menginginkan sopir, jasa rental biasanya menyediakan jasa sopir dengan menambah biaya sewa. Biasanya pengusaha sewa mobil memiliki relasi dengan para sopir freelance yang siap sedia bila dibutuhkan. dan jangan lupa kami bekerja sama dengan perusahaan jasa cuci sofa dan jok mobil terbaik di indonesia, sehingga rental mobil kayuringin kami dapat memastikan kebersihan interior mobil kami.Bisnis ini memang menjanjikan keuntungan yang besar, bisnis ini juga memiliki resiko yang cukup tinggi. Sering kali ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab, sengaja membawa lari mobil sewaan. Belum lagi bila terjadi kecelakaan pihak pengusaha harus menyediakan biaya lebih untuk perbaikan. Bagi kamu yang berminat dengan peluang usaha ini, tidak perlu takut dengan resiko usaha ini.Agar usaha rental mobil kamu menghasilkan income yang besar dan resiko yang kecil, berikut kami berikan beberapa tips agar sukses membuka bisnis jasa rental mobil: interior mobil kami jamin tidak bau pengap, dan lengkap dengan pengharum mobil, dan rental mobil summarecon kelebihan lain seperti pemasangan kaca film pada mobil, asuransi, sistem audio yang cukup ,dll Untuk menjalankan usaha rental mobil rumahan ini, bisa dibilang kamu membeli mobil hanya perlu membayar DP, tanpa perlu untuk mengeluarkan uang lagi untuk membayar angsuran nya. Contoh sederhananya begini, kamu membeli mobil xenia yang standar (ada AC, tape), dengan DP Rp15-20 juta, dengan tenor tiga tahun angsuran sekitar 3 juta rupiah per bulan.

  105. jasa jasa cuci sofa springbed summarecon untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa jasa cuci sofa springbed tambun untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa jasa cuci sofa springbed harapan indah untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa jasa cuci sofa wilayah bekasi untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa jasa cuci springbed di bekasi untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa cara mencuci karpet untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa jasa cuci karpet masjid untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya

    jasa layanan jasa kami untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa klik disini untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa jasa cuci sofa springbed karpet untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa layanan kami untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa jasa cuci terbaik untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa hanya disini untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya
    jasa melayani jasa cuci sofa untuk wilayah jakarta bekasi dan sekitarnya

  106. It’s really a great and useful piece of information. I’m glad that you just shared this helpful information with us.
    Please stay us informed like this. Thanks for sharing. ??

    Agen Bola
    Agen Bola Terpercaya
    Poker Online Indonesia
    Poker Online Uang Asli
    Poker Uang Asli
    Agen Poker Online
    Poker Online
    DellPoker
    IngatPoker
    Axioobet
    Axioobet
    Axioopoker
    Situs Judi Poker QQ Online Terpercaya

  107. Beberapa sudah tak aktif ya.. anyway, thanks.. keep posting masbro

  108. Terimakasih kak,infonya sangat bermanfaat.
    jangan lupa kunjungi website kami http://www.atmaluhur.ac.id/ dan kunjungi blog saya
    http://1722300003.blogspot.co.id/2018/04/httpwww.html?m=1

  109. Keren kak artikelnya sangat membantu.
    jangan lupa kunjungi website kami http://www.atmaluhur.ac.id/ dan kunjungi blog saya
    http://1722300003.blogspot.co.id/2018/04/httpwww.html?m=1

  110. Bayu says:

    http://www.pembesarpenismakassar.com/

  111. Anonim says:

    Terima kasih infonya!
    desain logo

  112. Masukkan juga min portal download vector gratis https://www.kampungdesigner.com

  113. Admin bisa membuat review website kami Kampung Designer

    kontak admin di admin@kampungdesigner.com

  114. Aku tambahin nih web untuk download logo-logo vector gratis unduhlogo.com cocok buat desainer grafis, gak perlu capek-capek trace ulang manual.

  115. CV Bahagia sukses makmur menerima jasa pembuatan huruf timbul untuk seluruh daerah indonesia
    HUB 081112520806/ 081316140397

Leave a Reply